Cara Membuat Dodol Tepung Beras

Pada artikel kali ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat dodol tepung beras yang bisa kamu coba buat dirumah. Memakai tepung beras ini adalah alternatif semisal tidak menemukan tepung ketan saat mencari bahan. Jadi kamu bisa membuat dengan bahan ini deh.

Pengertian Singkat Tepung Beras

Tepung beras adalah beras giling atau tepung terigu yang terbuat dari beras giling. Tepung beras tidak sama dengan tepung beras yang dibuat dengan merendam beras dalam larutan basa. Tepung beras tidak mengandung gluten, jadi Anda bisa menggunakan tepung beras sebagai pengganti tepung terigu untuk penderita intoleransi gluten

Nutrisi Pada Tepung Beras

Nutrisi yang terkandung dalam tepung beras juga dinilai lebih baik dari tepung terigu dan tidak memiliki kandungan gluten. 100 gram tepung beras mengandung 80 gram karbohidrat, 2,4 gram serat, 5,9 gram protein, 366 kalori, dan 1,42 gram lemak.

Selain itu, tepung ini mengandung berbagai mineral. 100 gram tepung beras mengandung 10 mg kalsium, 35 mg magnesium, 98 mg fosfor dan 76 mg potasium. Jadi, tentu saja jika tepung beras sering digunakan dalam berbagai makanan olahan, seperti bubur untuk bayi, kue, dan makanan ringan lainnya.

Tepung Beras, Salah Satu Makanan yang Bebas Gluten

Tepung terigu merupakan salah satu bahan untuk membuat makanan yang dapat menyebabkan gangguan pada penderita penyakit celiac. Penyakit ini merupakan gangguan autoimun pada saluran pencernaan dimana mengonsumsi makanan yang mengandung gluten dapat merusak lapisan usus halus sehingga mengganggu penyerapan nutrisi dalam tubuh. Oleh karena itu, penderita penyakit celiac disarankan untuk menghindari gluten.

Selain tepung terigu, rye dan barley adalah bahan makanan lain yang harus dihindari karena kandungan glutennya. Tepung beras bisa menjadi pilihan untuk menggantikan bahan-bahan tersebut. Selain itu, tepung kentang, tepung kedelai, tepung tapioka, tepung sorgum dan tepung jagung juga dapat dipilih sebagai pengganti.

Untuk keperluan kebutuhan mesin anda, bisa disimak: Rumah Mesin

Cara Membuat Dodol Tepung Beras

cara membuat dodol tepung beras

Setelah dijelaskan sedikit kandungan nutrisi dan manfaat dari tepung beras. Sekarang kita masuk ke cara membuat dodol tepung beras. Dalam membuat dodol ini sudah pasti menggunakan tepung beras sebagai pengganti tepung ketan yang biasanya.

Dan dalam membuat dodol nanti, supaya lebih mudah dan cepat dikerjakan bisa memakai mesin pengaduk dodol aneka bahan. Dengan menggunakan mesin ini, membuat dodol menjadi lebih efisien karena tidak memakan banyak waktu dan hasilnya pun tetap sama.

Menyiapkan Bahan Dalam Membuat Dodol

Sebelum memulai, alangkah baiknya anda menyiapkan beberapa bahan yang akan digunakan. Bahan tersebut seperti:

  • 300 ml – 400 ml santan kental atau cair sesuai selera, kalo ingin dodolnya lembek bisa ditambah lebih tapi kalo mau dodolnya padet bisa dikurangi
  • 300 gram gula merah iris tipis halus
  • 200 gram tepung beras ketan putih
  • 1/4 sdt garam
  • daun pandan secukupnya
  • gula sesuai selera (optional, bisa ditambahkan ataupun tidak)

Langkah membuat dodol tepung beras

  1. Masak santan, gula merah, garam hingga mendidih kalau suka manis bisa di tambah gula pasir secukupnya ya tambahkan juga daun pandan.
  2. Dinginkan air santan yang tadi sudah disiapkan.
  3. Setelah santan tadi menjadi dingin tambahkan tepung beras ketan aduk rata saring pada kuali setelah itu masak adonan mengunakan api kecil sebisa mungkin mengunakan wajan anti lengket.
  4. Aduk terus adonan hingga adonan terasa berat dan tekstur nya sesuai dengan yang di inginkan dan pastikan sudah matang dan mengental.
  5. Setelah matang ambil daun pisang beri sedikit minyak biar g lengket tuang adonan tata beri toping sesuai selera. Biarkan dingin, dodol tepung beras ketan siap dihidangkan.

Penutup

Sekian artikel dari saya tentang cara membuat dodol tepung beras, dan sedikit ulasan tentang tepung beras itu sendiri seperti manfaat dan kandungan nutrisinya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca. Dalam membuat dodol, kamu tidak berpatokan make bahan tepung beras kok, boleh banget tepung berasnya kamu ganti pakai tepung lain juga. Jadi saya akhiri dan sampai jumpa.