3 Cara Membuat Virgin Coconut Oil Sendiri Yang Mudah Dibuat

Sangat mudah untuk membuat VCO Anda sendiri. Langkah-langkahnya juga sederhana dan tidak terlalu rumit. Kita juga bisa mendapatkan banyak manfaat dengan melakukannya sendiri. Di sini Anda dapat mengetahui cara membuat virgin coconut oil sendiri dengan berbagai metode.

Virgin Coconut Oil

cara membuat vco sendiri

VCO (Virgin Coconut Oil) adalah minyak yang dibuat dari daging kelapa tua. Banyak orang yang mengira bahwa cara pembuatan dan manfaat minyak kelapa sama dengan minyak goreng pada umumnya, namun berbeda.

Kini cara pembuatan minyak kelapa sangat diminati sejumlah orang. Di halaman ini Anda akan belajar bahwa membuat minyak ini sederhana dan mudah dilakukan.

Di Bali, minyak goreng kelapa sangat populer untuk keperluan memasak, bahkan terkadang untuk kesehatan dan kecantikan. Minyak nabati ini dikenal dengan sebutan lengis tandusan.

VCO dan minyak nabati kelapa sudah memiliki perbedaan produksi yang mempengaruhi kandungan minyaknya, sehingga minyak kelapa dan lengis-karg memiliki keunggulan yang berbeda.

Bahan atau alat lain yang dibutuhkan untuk membuat oli murni ini, antara lain air hangat secukupnya, wadah plastik tertutup, kantong plastik, karet gelang, filter, corong, kain saring, dan botol kaca.

Macam Macam Cara Membuat Virgin Coconut Oil Sendiri

Bila Anda berseluncur di dunia maya untuk mencari cara membuat minyak kelapa, akan ada banyak metode yang bisa Anda gunakan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda coba praktikkan sendiri di rumah.

1. Menggunakan Pemanasan

Cara membuat minyak VCO lainnya adalah dengan memanaskan santan kelapa terlebih dahulu. Langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit agar santan keluar lebih banyak).
  2. Masak santan dengan api kecil selama 2-3 jam. Pastikan santan tidak hangus dengan sesekali mengaduknya.
  3. Setelah santan berubah menjadi kecokelatan dan lebih kental, minyak kelapa mulai muncul di atas santan tersebut.
  4. Matikan api dan diamkan di suhu ruang.
  5. Setelah tidak lagi panas, sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.

Anda juga bisa meletakkan wadah di lemari es untuk membekukan bagian atas santan. Ambil bagian beku yaitu minyak kelapa dan ulangi langkah-langkahnya dengan lap atau lap bersih.

2. Tanpa Pemanasan

Cara pembuatan minyak VCO ini menghasilkan warna minyak bening yang sering disebut dengan minyak kelapa. Anda perlu menyiapkan daging kelapa tua dan mengikuti langkah pembuatannya sebagai berikut:

  1. Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit agar santan keluar lebih banyak).
  2. Masukkan santan ke kantong plastik dan diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan, yakni santan di atas dan air di bawah.
  3. Lubangi bagian bawah plastik agar air terpisah dan terbuang
  4. Tuang santan kental ke wadah plastik, tutup rapat, dan simpan di suhu ruang yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam
  5. Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan, yakni minyak kelapa (atas), santan (tengah), air (bawah)
  6. Sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.

Anda juga bisa meletakkan wadah di lemari es sehingga tiga lapisan teratas membeku. Ambil bagian beku yang merupakan minyak dan ulangi langkah tersebut dengan lap atau lap bersih. Tetesan minyak dari jaringan disebut VCO.

Saat Anda membuat minyak VCO dengan merebus santan terlebih dahulu, akan dihasilkan minyak kuning. Namun, minyak VCO diprediksi akan terus memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

3. Menggunakan Mixer

Kita tahu bahwa Virgin Coconut Oil adalah minyak kelapa murni yang dibuat dari daging kelapa tua yang masih segar. Beberapa metode yang banyak digunakan dalam pembuatan VCO adalah pemanasan (95 oC), tanpa pemanasan, dan fermentasi.

Selain metode tersebut, ada juga metode pencampuran (mixing). Dengan metode pencampuran, molekul protein yang berfungsi sebagai pengemulsi dapat rusak dengan pengadukan yang terus menerus, sehingga minyak dapat dipisahkan.

Cara Membuat VCO

  1. Mengupas kulit kelapa tua segar dan memarut dengan parut.
  2. Menambahkan air matang 700 ml untuk parutan 1 butir kelapa.
  3. Memeras parutan kelapa yang telah ditambah air untuk mendapat santan yang sebanyak-banyaknya.
  4. Memasukkan santan dalam botol 1,5 L yang telah dilengkapi dengan selang.
  5. Melipat selang ke atas agar santan dalam botol tidak keluar.
  6. Mendiamkan santan 2-4 jam sampai terbentuk 3 lapisan (bagian atas krim, tengah skim, bawah air).
  7. Mengambil krim untuk pembuatan VCO dengan mengeluarkan skim dan air melalui selang.
  8. Memixer krim dengan kecepatan tinggi selama 25-30 menit.
  9. Memasukkan krim yang telah dimixer ke dalam botol 1,5 L lagi.
  10. Menginkubasi kurang lebih 24 jam sampai terbentuk 3 lapisan (VCO, blondo, dan air).
  11. Mengambil VCO dengan pipet panjang.
  12. Menyaring VCO dengan kertas saring pada botol kaca bersih dan steril.
  13. Melakukan 3 kali penyaringan sampai terbentuk minyak yang bening.

Pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) dengan menggunakan metode mixermenghasilkan minyak yang cukup banyak yaitu 190 ml dari santan 2500 ml dan krim yang terbentuk 750 ml.

VCO (Virgin Coconut Oil) yang dihasilkan jernih. Proses pembuatan VCO dengan metode mixer lebih mudah dan sederhana. Anda juga bisa membuat minyak vco dengan menggunakan mesin pembuat VCO.

Minyak VCO buatan sendiri ini dapat disimpan hingga 8-10 bulan. Syaratnya, minyak kelapa ini ditempatkan dalam wadah tertutup rapat agar tidak masuknya bakteri yang dapat mengganggu kualitas minyak kelapa homemik.

Anda juga bisa menjadikan virgin coconut oil sebagai minyak urut. Cara membuat minyak urut dari kelapa/VCO sangatlah mudah sekali. Bisa anda melakukan sendiri dengan metode pembuatanya.

Begitulah cara membuat virgin coconut oil sendiri dengan beberapa metode. Ketika anda memilih untuk membuatnya sendiri. Membuat minyak VCO sendiri sangatlah mudah. Karena kita lebih mendapatkan kemurnian dari minyak tersebut. Dan beberapa metode pembuatanya sangat mudah di pahami.