Cara Mengatasi HP Terkena Air

Ketika hp terkena air atau masuk ke dalam genangan air, pastinya akan membuat kamu semua stress ya. Nah, tak usah khawatir ada kok pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan pada saat hp terkena air. Mau Tahu bagaimana caranya?

Berikut ini cara mengatasi hp terkena air.

  1. Pastikan Ponsel Dalam Keadaan Mati

Apabila smartphone kamu terkena air, biasanya kamu akan memeriksa kondisi smartphone tersebut apakah masih dapat dihidupkan atau tidak, akan tetapi sebaiknya kamu matikan saja ponsel kamu terlebih dulu karena sifat air yang selalu bertolak belakang dengan perangkat elektronik apabila masih dapat dihidupakan maka kemungkinan resiko terjadinya kerusakan akan lebih besar.

  1. Langkah Lain Yang Bisa Kamu Lakukan Adalah Dengan Melepaskan Baterai, SIM Card, dan Memory Card

Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan pada saat smartphone terkena air adalah dengan melepaskan baterai, SIM card dan juga memory card secepat mungkin  untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh terjadinya short mau pun korslet setelah smartphone terkena air.

  1. Jangan Lupa Untuk Mengeringkan Bagian Luar Smartphone (LCD)

Keringkan bagian luar smartphone khususnya pada bagian LCD karena LCD berisikan filament lunak yang tidak tahan terhadap kelembaban air, sehingga apabila dibiarkan basar terlalu lama dapat memunculkan flek hitam pada LCD.

Kamu juga harus melakukannya dengan sangat perlahan dan jangan terlalu sering menggerakkan ponsel karena terlalu sering ponsel digerakkan maka kemungkinan besar air dapat masuk lebih dalam ke komponen. Untuk melakukannya pastikan dengan gerakan perlahan dan jangan terlalu sering menggerakkan ponsel, karena semakin sering ponsel digerakkan maka kemungkinan besar air akan masuk lebih dalam ke komponen ponsel dan hal ini akan mampu menambah kerusakan pada ponsel.

  1. Jangan Meniup Smartphone

Terkadang karena panik kamu akan meniup smartphone yang terkena air dengan asumsi akan menghilangkan air dari smartphone. Tapi ternyata cara ini hanya akan membuat air masuk lebih dalam ke komponen smartphone sehingga dapat semakin merusaknya. Jika ingin mengeringkan smartphone sebaiknya gunakan vacumm cleaner yang mampu menarik air dari dalam handphone.

  1. Keringkan Smartphone

Jika smartphone kamu terkena air maka kamu harus benar benar mengeringkan smartphone kamu sebelum digunakan kembali ya, ada banyak metode yang bisa kamu gunakan untuk mengeringkan smartphone, salah satunya adalah dengan menggunakan beras.

Beras dianggap dapat menyerap kelembapban dengan cepat, selain itu beras juga mudah untuk didapatkan dan di cari di sekeliling kamu. Diamkan smartphone setidaknya 2 hingga 3 hari di dalam beras.

Selain beras kamu bisa menggunakan silica gel untuk mengeringkan smartphone kamu yang sudah terkena air.