Cara Merebus Daging Supaya Empuk

Pada kesempatan saya kali ini, saya akan membagikan resep cara merebus daging supaya empuk. Simak tips-tips nya di bawah ini.

Cara Merebus Daging Supaya Empuk

cara merebus daging supaya empuk

1. Membungkus Daging dengan Daun Pepaya

Cara merebus daging supaya empuk dapat dilakukan dengan cara membungkus daging menggunakan daun pepaya. Hal ini dikarenakan getah pada pepaya mengandung zat yang dapat mengurai protein daging sehingga bisa lebih empuk.

Cara agar daging sapi cepat empuk dengan menggunakan daun pepaya pun cukup mudah untuk dilakukan.Kalian hanya perlu membutuhkan daun pepaya yang sudah dibersihkan, lalu digunakan untuk membungkus dagingnya.

Diamkan daging selama 30-45 menit sebelum daging direbus. Jangan terlalu lama membungkus daging dengan daun pepaya ya, karena getah daun pepaya nanti bisa membuat daging menjadi getir dan merusak cita rasa dari masakan.

Cara satu ini cukup dapat diandalkan untuk mempercepat perebusan daging, kamu hanya perlu membutuhkan waktu sekitar 20 menit hingga daging dapat empuk sempurna.

2.  Menggunakan Teknik 5-30-7 Untuk Merebus

Cara merebus daging supaya empuk seperti ini bisa kamu gunakan jika tidak punya bahan-bahan pelengkap yang dapat membantu pengempukkan daging. Merebus daging dengan teknik 5-30-7 ini bisa kamu coba dengan mudah lho dirumah dan hemat gas juga.

Pertama, rebus daging tanpa dicuci dulu selama 5 menit, kemudian tiriskan daging dan buang airnya. Hal ini bertujuan untuk membersihkan daging dari kotoran maupun bakteri yang menempel.

Kedua, rebus lagi daging sampai mendidih, tunggu 5 menit setelah air mendidih. Pastikan panci dalam keadaan tertutup rapat ya, kemudian matikan apinya.

Ketiga, diamkan daging di dalam panci dengan tertutup rapat selama 30 menit.
Keempat, nyalakan lagi api rebus daging selama 7 menit. Setelah itu, matikan api dan daging sudah siap diolah sesuai selera.

3. Menambahkan Nanas

Buah nanas yang masih segar mengandung enzim bromelain yang dapat mencerna protein dan melunakkan jaringan daging, sehingga kamu dapat menambahkan nanas pada saat perebusan atau kamu juga bisa menggunakannya sebelum direbus.

Usahakan kamu menggunakan nanas yang masih segar ya, karena nanas kaleng atau jus nanas kemasan biasanya sudah mengalami penetralan enzim. Cara merebus daging supaya empuk seperti ini bisa kalian lakukan dengan memotong nanas menjadi beberapa bagian sebelum memasukkannya ke dalam panci rebusan.

Selain menggunakan cara itu, kalian juga bisa membuat jus nanas untuk membuat marinasi daging selama 20 menit sebelum daging direbus.

Cara membuat daging supaya empuk dengan menggunakan cara ini dibilang ampuh. Sebab, cita rasa pada nanas dapat menyamarkan bau khas daging dan membuat proses perebusan lebih cepat empuk.

Kalian hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk menghasilkan daging sapi yang empuk. Nanas yang dimasak dengan daging pun dapat menambah cita rasa masakan menjadi lebih lezat.

4.  Merebus Menggunakan Api Kecil

Cara rebus daging supaya empuk selanjutnya adalah soal besar kecilnya api yang digunakan untuk merebus. Mengatur besar kecilnya api saat merebus daging juga sangat penting untuk diperhatikan. Penggunaan api yang besar saat merebus daging memang akan membuat daging empuk tetapi bisa merusak tekstur dari daging itu sendiri.

Pada awal mendidihkan air dan memasukkan daging gunakan api berukuran sedang masih bisa diperbolehkan. Ketika melihat daging yang sudah mulai berubah warnanya segeralah untuk mengecilkan apinya agar bagian dalam pada daging empuk secara merata.

Merebus daging dengan cara satu ini sebenarnya tidak memerlukan waktu yang lama. Daging hanya cukup direbus sekitar 30 sampai 40 menit saja dan jangan terlalu lunak. Perebusan daging yang terlalu lunak nantinya akan merusak tekstur alami daging dan membuatnya mudah hancur saat akan dimasak dengan bumbu.

Baca Juga : Cara Mengetahui Tingkat Kematangan Steak

Itu tadi tips-tips cara merebus daging biar empuk , Demikian artikel yang saya buat jika ada kesalahan kata saya mohon maaf. Semoga bermanfaat