Fungsi seni dalam furnitur

Sebenarnya furniture itu termasuk dalam karya seni apa ya ? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasannya di bawah ini ya !

Fungsi seni kriya :

  1. Fungsi Seni Kriya sebagai Hiasan (Dekorasi)

Banyak hasil produk dari seni kriya digunakan untuk benda pajangan. Seni kriya tersebut lebih mengutamakan keindahan dari pada fungsinya sehingga seni kriya jenis ini mengalami berbagai pengembangan. Contohnya hiasan dinding, karya seni ukir, patung, cinderamata dan lain sebagainya

  1. Fungsi Seni Kriya sebagai Benda Terapan (Siap Pakai)

Seni kriya ini lebih mengutamakan fungsinya sebagai benda yang siap pakai, nyaman, namun tidak menghilangkan unsur keindahannya. Contohnya senjata, furnitur, keramik dan lain sebagainya

  1. Fungsi Seni Rupa sebagai Benda Mainan

Mungkin kita sering menjumpai seni kriya sebagai alat permainan yang biasanya dengan bentuk sederhana dan bahan yang mudah didapatkan dan dikerjakan, dengan harga yang relatif murah. Contohnya adalah boneka, kipas kertas, congklak dll

Nah, Fungsi dari furniture adalah yang nomer 2, sebagai benda terapan. Dalam seni rupa, furniture masuk ke dalam jenis jenis seni kriya :

  • Kriya Kayu

Kriya kayu adalah suatu bidang seni kriya yang pekerjaannya membuat benda atau memiliki nilai fungsional maupun hiasan yang menggunakan bahan-bahan dasar kayu.

Dalam kriya kayu ada istilah dasar yang biasa menjadi pekerjaan untuk tingkat pemula, sebuah permualaan yang harus di kuasai.

Karena banyak sekali kerajinan yang terbuat dari kayu,diantaranya seperti wayang golek, furniture, topeng, patung, dan hiasan ukiran-ukiran kayu lainnya.

  • Kriya Rotan

Seperti halnya seni kriya yang berasal dari kayu, seni kriya rotan ini memanfaatkan bahan dasar rotan yang diolah dengan teknologi yang sederhana maupun modern sehingga tercipta produk yang memiliki fungsi dan estetika tersendiri. Contoh produk seni kriya rotan ini bias berupa aneka hiasan dari rotan maupun produk furniture.