Hal – Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Paving Block Texture

Berniat menggunakan paving block texture ? Pastikan terlebih dahulu anda tahu mengenai jenis, kelebihan, dan kekurangannya berikut ini, dijamin akan sangat bermanfaat !

Paving block atau yang biasa juga disebut dengan conblock merupakan bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen portland, air, dan agregrat. Material yang satu ini biasanya digunakan sebagai penutup permukaan tanah di halaman atau pekarangan rumah karena dinilai dapat meningkatkan nilai estetika atau keindahan halaman rumah anda. Paving block sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu paving block texture dan paving block grass. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai paving block texture. Simaklah penjelasan lengkapnya berikut ini !

 

Jenis – Jenis Paving Block Texture

paving block texture

Paving Block Texture merupakan jenis paving block yang memiliki tekstur, bentuk, dan ukuran yang berbeda – beda. Banyaknya pilihan warna yang tersedia pada paving block texture siap menghidupkan kembali halaman rumah anda. Beberapa jenis paving block texture yang menjadi favorit masyarakat diantaranya :

1. Paving Block Uskup

Sesuai dengan namanya, paving block uskup memiliki bentuk yang menyerupai topi seorang uskup. Paving block jenis ini memiliki ukuran 30 cm X 21 cm, model paving yang satu ini sering dipakai untuk dipasang di sepanjang sisi jalan. Selain memiliki ukuran yang cukup besar paving block uskup ini juga terkenal akan kekuatannya dalam menahan beban. Paving block uskup biasanya dijual dengan harga Rp 85.000.

 

2. Paving Block Trihex

Paving Block Trihex atau yang biasa disebut dengan paving block segitiga di Indonesia merupakan paving block dengan bentuk yang cukup unik karena terlihat seperti sarang lebah. Paving block jenis ini ukurannya tidak terlalu besar yaitu sekitar 19 cm X 10 cm. Walaupun ukurannya tidak terlalu besar, paving block ini memiliki ketebalan yang cukup besar yaitu sekitar 10 cm. Paving block jenis ini biasanya dibandrol dengan harga Rp 85.000 – Rp 95.000.

 

3. Paving Block Bata

Paving Block Bata merupakan jenis paving block yang populer karena sering digunakan untuk keperluan pembangunan, baik itu pembangunan berskala kecil maupun pembangunan dengan skala besar. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan paving block bata karena pemasangannya yang mudah dan menghemat waktu. Paving block jenis ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran kurang lebih 10 cm X 21 cm. Untuk harganya sendiri, paving block bata biasanya dibandrol dengan harga Rp 85.000 per meter persegi dengan ketebalan 6 cm.

 

Kelebihan Dan Kekurangan Paving Block Texture

  • Kelebihan :

  1. Memberikan keindahan dan kerapian pada halaman atau pekarangan rumah
  2. Dapat menyokong tersedianya air tanah dengan cukup
  3. Tidak mengganggu pertumbuhan tumbuhan
  4. Pemasangan yang mudah
  5. Lebih murah dan mudah dirawat
  6. Tekstur dan warna yang unik cocok sebagai aksen penguat desain eksterior rumah

 

  • Kekurangan :

  1. Permukaan mudah bergelimbang apabila pemasanngan tidak dilakukan dengan baik dan rapi
  2. Apabila penyusunannya kurang rapat, susunannya mudah bergeser yang kemudian dapat menimbulkan lubang
  3. Tidak dapat dipasang di dalam rumah maupun di tempat – tempat dimana kendaraan melaju dengan sangat cepat