Manfaat Air Kelapa Muda untuk Penderita Diabetes

Penasaran kenapa air kelapa muda dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes? Yuk kita simak informasi selengkapnya manfaat air kelapa muda untuk penderita diabetes berikut ini!

Air kelapa muda dikenal sebagai salah satu minuman alami, yang manis dan menyegarkan. Seperti yang kita tahu, air kelapa muda memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.Tak heran, minuman yang satu ini banyak diburu oleh masyarakat Indonesia.

Manfaat air kelapa muda yang terkenal yaitu dapat menghidrasi tubuh, menyeimbangkan elektrolit yang hilang setelah beraktifitas, serta mampu memetralisir racun yang ada di dalam tubuh hingga menjadi netral dan normal kembali.

Air kelapa muda mengandung beberapa nutrisi, vitamin dan mineral-mineral penting yang baik bagi tubuh diantaranya yaitu kalium, natrium, kalsium, fosfor, seng, mangan, besi, tembaga, dan asam amino.

Selain itu, air kelapa muda memiliki rasa yang manis walaupun tanpa penambahan bahan pemanis. Pasalnya, air kelapa mengandung gula alami seperti fruktosa (15%), glukosa (50%) dan sukrosa (35%). Maka tak heran jika minuman yang satu ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi para penderita diabetes.

Baca Juga : 7 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Wajah

Alasan Kenapa Air Kelapa Muda Sangat Baik untuk Penderita Diabetes

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Penderita Diabetes

Berikut ini beberapa manfaat air kelapa muda untuk penderita diabetes yang wajib Anda ketahui:

1. Kepadatan Nutrisi

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, air kelapa mengandung banyak vitamin, mineral, dan asam amino esensial. Dalam setiap gelasnya, minuman ini mengandung 5,8 mg vitamin C, 0,1 mg riboflavin, 57,6 mg kalsium, 60 mg magnesium, 600 mg potasium, 252 mg sodium, dan 0,3 mg mangan. Kandungan kalium bersama natrium dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali.

2. Kaya Akan Serat dan Rendah Karbohidrat Cocok bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk bisa mengontrol asupan karbohidrat selain dengan melacak kadar gula Anda. Diet yang dianjurkan bagi penderita diabetes yaitu makanan yang tinggi serat dan rendah karbohidrat.

Karbohidrat mengandung gula alami yang sangat tinggi dan dapat membuat lonjakan yang cepat pada kadar gula darah, yang tentunya berbahaya bagi para penderita diabetes. Untuk itu, Anda dapat menjadikan air kelapa muda sebagai pilihan yang baik agar kadar gula darah tetap terkendali. Hal ini dikarenakan air kelapa muda kaya akan serat yaitu sebanyak 2,6 gram per 240 gram air kelapa muda.

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Penderita diabetes seringkali mengalami masalah sirkulasi darah yang tidak lancar. Oleh sebab itu, penderita diabetes kerap tidak nyaman karena mengalami kesemutan, mati rasa, penglihatan kabur, dan gagal ginjal. Dengan mengonsumsi air kelapa muda, diyakini dapat mengurangi masalah ini dengan cukup efisien.

Air kelapa muda memiliki khasiat untuk melancarkan sirkulasi darah dengan memperlebar pembuluh darah. Dengan demikian, khasiat air kelapa muda ini berpera sangat besar dalam mencegah dan mengatasi gejala dan efek samping penyakit diabetes. Tak hanya itu, air kelapa muda juga bermanfaat untuk mengatasi atherosclerosis pada penderita dibetes.

Baca Juga : Cara Memilih Kelapa Muda yang Masih Segar untuk Diminum

4. Membantu Menjaga Berat Badan

Kenaikan berat badan yang tidak normal merupakan salah satu tanda yang umum terjadi pada penderita diabetes. Air kelapa muda memiliki kemampuan untuk mencegah rasa lapar yang tidak perlu. Oleh karena itu, manfaat ini bisa membantu mengurangi porsi makan Anda.

Air kelapa muda merupakan sumber nutrisi yang kaya mineral dan tidak mengandung kolesterol sama sekali. Air kelapa muda mjuga dikenal sebagai sumber asam lemak omega-3 serta antioksidan. Kedua kandungan ini sangat penting bagi penderita diabetes, terutama untuk mengontrol kadar gula darah dan berat badan.

Oleh karena itu, minuman yang satu ini dapat dikonsumsi sebagai sumber energi yang baik karena rendah kalori. Selain itu, air kelapa muda juga cocok dijadikan sebagai pengganti minuman lain yang mengandung gula yang tinggi.

5. Meningkatkan Metabolisme | Manfaat Air Kelapa Muda untuk Penderita Diabetes

Air kelapa muda diyakini cukup efektif dalam mendorong proses metabolisme. Hal ini akan tentu dapat meningkatkan proses pembakaran lemak serta proses pembakaran gula di dalam tubuh. Oleh karena itu, air kelapa muda dapat membantu meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.

6. Memiliki Indeks Glikemik Rendah

Air kelapa muda merupakan salah satu pilihan yang baik bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Diketahui, air kelapa memiliki kandungan glikemik 3, sehingga tidak menyebabkan meningkatnya kadar glukosa secara langsung.

Tak hanya itu, kandungan magnesium pada air kelapa muda pun dapat membantu dalam meningkatkan sensivitas insulin pada tubuh.

Meskipun air kelapa muda dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan, terutama untuk mengatasi dan mencegah penyakit diabetes, namun air kelapa muda tidak dianjurkan untuk diminum secara berlebihan. Pasalnya, air kelapa muda tetaplah mengandung fruktosa sebanayak 15% yang dapat mengganggu kadar gula darah Anda.

Oleh karena itu, sebaiknya air kelapa muda dikonsumsi sewajarnya saja. Rekomendasi yang ideal untuk mengonsumsi air kelapa muda yaitu 250 ml atau satu gelas sebanyak dua kali setiap hari. Jika dikonsumsi lebih dari itu, dapat menyebabkan efek samping tertentu yang dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Selain itu, jika Anda mengonsumsi air kelapa muda dengan tujuan kesehatan, maka seaiknya Anda mengonsumsi air kelapa muda alami tanpa penambahan gula atau pemanis buatan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadikan Anda lebih berhati-hati dalam mengonsumsi air kelapa muda.