Aneka Kaligrafi Dari Tembaga

Masjid atau pun ruangan lainnya rasanya tidak lengkap jika belum dihiasi dengan adanya kaligrafi. Bahkan ukiran arab ini sudah sangat identik dengan yang namanya masjid. Banyak sekali kerajinan kaligrafi yang bisa ditemukan, contohnya dari kerajinan tembaga. Jadi, tidak hanya dari bahan kayu atau plastik saja, tembaga juga bisa dijadikan kaligrafi.

Bagi yang ingin menjadikan kerajinan kaligrafi ini sebagai hiasan mushola atau pun ruangan, cara mendapatkannya cukup mudah. Selain itu, seseorang juga bisa memesan sesuai dengan keinginannya. Nah, berikut ini beberapa ukiran yang bisa dijadikan isi dari kaligrafi tersebut :

1. Asmaul Husna

Asmaul husna atau nama-nama Allah mungkin sering ditemukan di masjid-masjid, baik besar maupun kecil. Memang asmaul husna ini sangat tepat dijadikan sebagai kaligrafi dan senantiasa menjadi pengingat akan nama-nama Allah yang maha bijaksana. Model ukirannya pun bermacam-macam, jadi bisa dipilih sesuai keinginan.

2. Surah Al-Fatiha

Al-fatiha memang sudah menjadi magis tersendiri bagi umat Islam atau yang sedang membacanya. Surah ini memang dipercaya dapat menenangkan jiwa yang sedang gusar. Hal itulah yang kemudian mendasari banyaknya ukiran kaligrafi yang menjadikan surah al-fatiha ini sebagai bahan ukirannya.

3. Kalimat Basmalah

Selain asmaul husna dan surah al-fatiha, yang tak kalah penting juga adalah ucapan basmalah. Kalimat ini seringkali dijadikan sebagai kaligrafi sebagai pengingat sebelum melakukan sesuatu.  Seperti kita tahu bahwa sesuatu yang diawali dengan basmalah  akan menjadi lebih berkah. Kaligrafi berupa ukiran basmalah ini banyak disimpan di pintu rumah atau depan pintu kamar.

4. Doa-Doa Pendek

Siapa bilang bahwa doa tidak bisa dijadikan ukiran kaligrafi? Tentunya sangat bisa ya. Bahkan banyak yang menjadikan kalimat doa ini sebagai kaligrafi. Tidak hanya sebagai pajangan semata, melainkan juga sebagai pengingat agar diri senantiasa berdoa kepada sang Pencipta. Tak usah bingung, banyak sekali doa-doa pendek yang bisa dijadikan referensi.

5. Nama

Bagi yang ingin menjadikan namanya tertulis dalam kaligrafi juga sangat bisa. Bukan hanya surah atau pun doa yang bisa dijadikan kaligrafi, nama yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Arab pun cocok dijadikan kaligrafi. Ukiran ini akan menjadi hiasan yang pas untuk ruangan seperti kamar, ruang keluarga, dan lainnya.

Nah itulah tadi beberapa referensi tentang apa saja yang bisa dijadikan kaligrafi. Sebenarnya semua bisa, jadi jangan sungkan untuk request ukiran seperti apa yang diinginkan ya. Semoga artikel ini membantu pembaca sekalian.