Memilih Kambing Aqiqah Bandung Timur Terbaik

 

Salah satu perusahaan penerima jasa pelayanan aqiqah terbesar di Bandung, yaitu Assabiq aqiqah Bandung. Meskipun memberikan layanan terbaik kepada para konsumen, namun jasa Aqiqah Bandung Timur ini memberikan penawaran harga yang sangat terjangkau. Bahkan, rasa masakan olahan daging kambing pun sangat enak dan sedap ketika disantap.

Walaupun harga yang diberikan kepada para pelanggan murah, namun kualitas daging yang diberikan oleh pihak perusahaan tidaklah murahan. Setiap hewan ternak yang dipilih sebelum dilakukan pemotongan, dipersiapkan secara matang dan mengikuti syariat Islam. Lantas, apa saja kriteria kambing aqiqah yang sesuai dengan syariat Islam?

Macam-macam Kriteria Hewan Kambing Sesuai Syariat Islam

Berikut ini adalah beberapa kriteria kambing yang boleh digunakan sebagai kambing aqiqah:

  1. Kambing harus dalam kondisi sehat

Penting sekali memperhatikan kondisi kesehatan hewan ternak sebelum disembelih untuk acara aqiqah. Terlihat dari area gerak yang lincah, sehat, serta memiliki postur yang kuat. Kambing yang sehat memiliki cirri-ciri bentuk pinggang yang lurus, kaki kokoh, bagian dada kambing lebar, serta kambing berukuran panjang sesuai dengan umurnya. Umur kambing yang dijadikan sebagai hewan aqiqah kurang lebih berumur 1 tahun.

  1. Sorot mata hewan yang fokus

Sesuai ajaran yang berlaku dalam agama Islam, pemilihan kambing aqiqah dapat dinilai melalui sorot mata yang terpancar dalam hewan tersebut. Secara fisik, sorot mata untuk kambing yang sehat, menunjukkan adanya kemampuan melihat dengan jelas.

Hindari membeli hewan yang terlihat pada matanya berwarna kemerahan. Warna mata yang merah tersebut, dapat menjadi salah satu tanda yang jelas bahwa hewan dalam kondisi sakit atau sedang tidak sehat. Oleh sebab itu, Assabiq aqiqah Bandung memastikan seluruh kambing aqiqah memiliki warna mata yang jernih.

  1. Detail gigi yang kuat

Tidak boleh memilih hewan dalam kondisi gigi yang ompong sebagian atau setengahnya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari pemilihan hewan yang sakit. Oleh karena itu, sebelum membeli hewan yang akan disembelih, perhatikan detail gigi hewan tersebut. Hewan yang sehat, terlihat dari bentuk rahangnya yang kuat. Sehingga, makanan dapat dikunyah dan dicerna dengan baik.

Semakin baik hewan dalam mengunyah makanannya, maka nutrisi yang terdapat dalam tubuh hewan juga akan terpenuhi dan sudah tentu terjamin kesehatannya. Jadi, pelanggan tidak perlu merasa khawatir jika melakukan pemesanan hewan dari Assabiq aqiqah Bandung. Karena, setiap hewan yang dipilih pasti berkualitas dan dalam kondisi baik, serta tentu saja memiliki detail gigi yang sehat.

  1. Kuku kambing harus bersih

Kuku manusia saja harus selalu bersih, sama halnya dengan kuku hewan yang digunakan untuk acara aqiqah. Kuku hewan yang bersih juga dapat digunakan sebagai tanda hewan tersebut memilki kesehatan yang baik.

Tidak hanya sehat, kuku yang bersih juga menandakan bahwa hewan terbebas dari cacing parasit. Karena, umumnya cacing dapat berkembangbiak di dalam kambing, sehingga akan berbahaya jika kambing yang terjangkit cacing dijadikan sebagai bahan konsumsi.

  1. Kambing dalam kondisi hidup

Hewan harus dalam kondisi hidup sebelum dilakukan proses pengolahan daging.  Hal ini untuk menghindari adanya keadaan dimana hewan tidak disembelih berdasarkan tata cara syariat penyembelihan Islam. Karena nantinya daging yang akan diolah disajikan untuk memenuhi kebutuhan acara aqiqah, maka harus dipilih dan diamati saat pemotongan daging berlangsung.  Sehingga, daging yang dimasak sudah terjamin kehalalannya.

Itulah beberapa kriteria kambing aqiqah yang memenuhi syariat Islam. Tentu saja, Assabiq Aqiqah memenuhi semua kriteria tersebut. Untuk menggunakan jasa aqiqah Bandung Timur dan melakukan pemesanan, silahkan hubungi nomor 082295757475.