Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Sofa

Sofa merupakan tempat yang nyaman untuk bercengkrama dengan keluarga misalnya menonton film atau bahkan sekedar duduk dan bercakap – cakap. Tentunya anda harus memiliki sofa yang nyaman untuk ditempati, sangat mengganggu rasanya jika anda memiliki sofa yang bau. Nah, bagaimana cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap di sofa?

Kenali Penyebab Bau Tidak Sedap di Sofa

Indonesia merupakan kawasan negara yang memiliki iklim tropis dengan udara cenderung lembab. Salah satu penyebab bau tidak sedap pada sofa sering kali disebabkan oleh jamur dan bakteri yang sangat menyukai udara yang lembab. Selain itu, keringat manusia juga sering menjadi penyebab mengapa sofa anda menjadi bau apek.

baca juga: jasa cuci sofa tangerang

Jika anda sering tertidur di sofa di siang hari anda berkeringat maka keringat anda akan sangat mudah menempel di sofa. Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama sudah bisa anda bayangkan seberapa banyak keringat yang telah menempel dan membuat sofa menjadi bau apek bukan?

Selain faktor seperti keringat maupun jamur dan bakteri, makanan dan minuman juga sering menyebabkan sofa menjadi bau tidak sedap. Terlebih jika anda memiliki kebiasaan menonton film sambil makan bahkan sambil minum yang tanpa sadar dapat mengotori sofa. Mungkin untuk noda di permukaan sofa masih bisa dibersihkan dengan tisu atau kain lap, akan tetapi jika nantinya noda tersebut menembus lapisan sofa bukan tidak mungkin akan membuat sofa menjadi berbau apek.

baca juga: cuci sofa tangerang

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Sofa?

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, yang paling mudah yakni dengan menjemur sofa di bawah sinar matahari. Tapi, anda harus memastikan bahwa anda melakukannya dengan rutin. Cara ini cukup efektif untuk membuat sofa bebas dari bau apek. Tapi, jika sofa anda merupakan sofa dengan permukaan kulit maka cara ini dilarang keras untuk dilakukan karena menyebabkan rusaknya permukaan kulit sofa.

Langkah kedua yang bisa anda lakukan jika langkah pertama tidak berhasil yakni dengan mencuci sofa. Biasanya bagian penutup sofa atau bagian upholstery sofa dapat dicuci setelah anda berhasil untuk melepaskannya. Nah, anda bisa mencucinya dengan menggunakan sabun atau deterjen. Jika merasa noda terlalu bandel anda juga bisa menggunakan mesin cuci. Setelah cukup bersih anda bisa merendamnya dalam cairan pewangi dan jangan lupa menjemurnya. Cara ini tergolong efisien untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sofa.

Jika kedua cara tersebut masih gagal, anda bisa menggunakan baking soda serta cuka dan taburkan di atas permukaan sofa. Lalu diamkan beberapa saat dan selanjutnya bisa dibersihkan dengan vacuum cleaner. Nah, semoga menghilangkan bau tidak sedap di sofa ini bermanfaat.