Penjelasan tentang SEO Lokal

86% konsumen mengandalkan internet untuk menemukan bisnis lokal dan hampir sepertiga (29%) pencarian tentang bisnis lokal setidaknya sekali seminggu. Jika bisnis Anda tidak muncul di hasil pencarian lokal, Anda kehilangan peluang besar untuk bisnis potensial.

Strategi SEO lokal yang strategis dapat membantu bisnis Anda membedakan diri dan lebih menonjol dari pada pesaing Anda. Terus membaca untuk mengetahui apa itu SEO lokal dan mengapa Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menerapkan strategi ini untuk bisnis Anda saat ini.

Apa itu SEO Lokal?

SEO lokal adalah cara yang sangat efektif untuk memasarkan bisnis lokal Anda secara online. Ini membantu bisnis brick-and-mortar,mempromosikan produk dan layanan mereka kepada pelanggan lokal saat mereka mencari mereka secara online.

Tidak seperti Traditional SEO, SEO lokal melibatkan pengoptimalan ke situs Anda untuk membantunya mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk audiens lokal yang ditargetkan. Sementara strategi traditional SEO memberi Anda kesempatan untuk memperluas jangkauan Anda ke semua orang di seluruh web, SEO lokal berfokus pada area geografis yang lebih kecil. Pencarian lokal mencakup istilah pencarian umum seperti:

  • Dokter di dekat saya
  • Pengacara di dekat saya
  • Tukang ledeng di [nama kota]
  • Salon di [nama kota]

Ketika menggunakan pencarian lokal, ada faktor peringkat yang berbeda dalam permainan. Untuk mengumpulkan informasi untuk pencarian lokal, mesin pencari mengandalkan sinyal seperti konten lokal, halaman profil sosial, tautan, dan kutipan untuk memberikan hasil lokal yang paling relevan kepada pengguna.

 

Daftar bisnis menggunakan dasar dari strategi SEO lokal yang solid. Banyak bisnis kecil dan lokal kehilangan minat untuk menarik pelanggan baru hanya karena daftar dan kutipan lokal mereka tidak ada atau salah. Agar berhasil, Anda harus memastikan situs dan daftar Anda dioptimalkan di seluruh web. Ini akan memberi bisnis Anda lebih banyak pemaparan di situs-situs seperti Google Maps, Yelp, Facebook, dan lainnya.

Ada beberapa optimasi lain yang akan dilakukan untuk situs Anda untuk peringkat di SERPs lokal. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Mempertahankan halaman Google My Business
  • Manajemen peringkat dan ulasan pelanggan
  • Penjangkauan backlink yang konsisten
  • Pembuatan konten
  • Pemantauan dan pemeliharaan situs web
  • Promosi media sosial
  • Data Terstruktur dan Markup Skema untuk SEO Lokal

Penting bahwa pengkodean di situs web Anda cocok dengan cantuman lokal yang Anda tempatkan. Google bot membutuhkan bantuan untuk memahami konteks konten situs web Anda. Salah satu cara terbaik untuk membantu peringkat situs web Anda adalah memastikan Anda memiliki informasi lokal yang ditandai dengan benar pada halaman situs web seperti halaman Tentang Anda dan halaman Kontak menggunakan data terstruktur dan markup skema. SEO teknis adalah sesuatu yang sering membutuhkan bantuan seorang profesional.

Rahasia SEO Lokal

SEO lokal sangat penting jika Anda ingin bisnis Anda tetap relevan. Jika Anda ingin situs Anda muncul di hasil pencarian lokal, Anda perlu memiliki agen SEO lokal di pihak Anda yang tahu apa yang diperlukan. Tim kami telah membantu puluhan bisnis lokal ditemukan oleh pelanggan yang mencari layanan mereka.