Yuk Intip Resep Sambal Bebek yang Enak dan Dengan Cara Mudah

Banyak artikel yang sudah membahas mengenai resep sambal bebek. Banyak orang yang mengatakan bahwa makan tidak pakai sambal itu akan terasa hambar. Tapi hal ini benar adanya.

Sebelumnya kita pernah membahas resep sambal bebek goreng. Sekarang kita akan membahas resep sambal bebek dengan berbagai macam rasa. Simak artikel berikut ini !

Sambal

 

Sambal

Sambal adalah cairan berupa sambal yang terbuat dari cabai. Cabai yang digunakan bisa cabai merah atau cabai hijau. Tekstur saus sambal sangat bervariasi tergantung bagaimana setiap orang menggunakannya. Kegunaan utama sambal adalah sebagai suplemen makanan.

Tentu saja, rasanya tidak lain adalah pedas. Namun, bagi mereka yang menambahkan banyak campuran akan mengurangi rasa pedasnya. Beberapa orang hanya menggunakan sambal untuk menambah rasa saat hidangan yang akan disantap sebenarnya tidak memiliki rasa yang dominan.

Sambal sangat terkenal dan berkembang di Indonesia. Orang Indonesia yang ingin meninggalkan Tanah Air tidak segan-segan membawa sambal sebagai beka. Banyak orang Indonesia yang tinggal di luar negeri memulai bisnis sambal.

Di Indonesia, penggunaan sambal digunakan hampir di semua jenis masakan, dari lauk pauk hingga lalapan. Berbagai jenis sambal dikenal di masyarakat luas. Yang paling populer adalah sambal terasi. Dari namanya kita sudah bisa menebak kalau sambal ini menggunakan terasi sebagai bahan tambahannya.

Beberapa restoran menambahkan jeruk nipis untuk menambah rasa dan rasa. Ada juga yang membuat sambal dengan tambahan tomat agar rasanya tidak terlalu panas. Mereka yang tidak terlalu kuat dengan rasa pedas umumnya akan memilih saus tomat sebagai pelengkap santapannya.

Untuk membuat sambal, ada yang menggunakan media pengaduk atau ada yang menggunakan mixer. Mereka yang menggunakan blender menghasilkan sambal dengan tekstur yang halus. Secara umum biji cabai tidak ditemukan pada jenis aambal ini.

Di sisi lain, Anda bisa menemukan banyak biji cabai pada sambal perasan tangan. Cara menghemat sambal adalah dengan memasukkannya ke dalam lemari es.

Namun, jika Anda sudah menggunakan sambal untuk dimakan dengan satu sendok makan sebaiknya jangan menyimpan sambal tersebut karena khawatir akan basi. Untuk mencegahnya, sebaiknya segera pisahkan sambal sebelum dimakan agar sambal yang disimpan tidak kotor atau terkena makanan lain.

Manfaat Sambal Untuk Kesehatan

1. Kaya Vitamin A dan Vitamin C.

Ada ribuan jenis cabai di dunia. Meski berbeda jenis, namun umumnya cabai memiliki kandungan gizinya yang mirip, contohnya cabai hijau.

Sekitar 115 gram cabai hijau rendah kalori, gula, karbohidrat, dan lemak. Menariknya, cabai hijau tidak mengandung kolesterol, sehingga aman untuk kadar lemak darah kita.

Selain itu, kombinasi cabai dan tomat dalam sambal memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A. Kedua jenis vitamin tersebut tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga keduanya harus kita konsumsi melalui makanan. Salah satunya sambal.

Banyak sekali manfaat sambal yang kita dapatkan dari segi kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C yang ada pada sambal bisa membantu meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh kita, mempercepat penyembuhan luka dan memaksimalkan penyerapan zat besi.

Tidak berhenti sampai disitu saja,bahkan vitamin C merupakan antioksidan yang bisa melawan pada radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Diet vitamin C juga diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit, gigi, dan tulang.

Buah merah seperti tomat dan cabai merah juga mengandung karotenoid atau vitamin A yang baik untuk tubuh. Vitamin A memiliki sifat anti inflamasi dan anti penuaan yang dapat menjaga DNA tetap sehat.

Padahal, bagi yang memiliki tekanan darah rendah yang juga dikenal dengan hipotensi, mengonsumsi sambal bisa membantu meningkatkan tekanan darah, lho!

2. Meredakan Nyeri

Anda mungkin tidak menyangka bahwa salah satu manfaat sambal dapat membantu meringankan rasa sakit pada tubuh. Keunggulan sambal ini adalah karena kandungan capsaicin pada cabai.

Capsaicin adalah senyawa kimia aktif dalam cabai yang memberikan rasa pedas dan beraroma. Namun jangan salah, capsaicin pada cabai juga memiliki sifat analgesik yang dapat membantu meredakan nyeri pada tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan

Keunggulan sambal yang tidak kalah pentingnya adalah bisa membantu kita untuk menurunkan berat badan. Ini dikonfirmasi oleh sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 oleh para peneliti di UCLA Center for Human Nutrition di Los Angeles.

Para ahli termasuk sekitar 34 orang yang mengonsumsi makanan cair rendah kalori selama 28 hari. Setelah itu, beberapa partisipan secara acak diberikan suplemen yang mengandung senyawa capsaicin yang disebut dihydrocapsiate (DCT), sementara yang lain hanya diberi pil plasebo.

Para ahli menemukan bahwa kandungan DCT dalam suplemen tersebut ternyata dapat meningkatkan proses oksidasi lemak dalam tubuh hingga dua kali lipat.

Semakin cepat proses oksidasi lemak, semakin banyak lemak yang dibakar tubuh. Maka tak heran jika hal ini membuat peserta lebih cepat menurunkan berat badan.Selain itu, makanan pedas bisa menahan nafsu makan agar tidak makan berlebihan.

Anda akan lebih mudah menghindari makanan berlemak, asin, atau manis sehingga berat badan Anda bisa lebih mudah dikontrol.

4. Mencegah Kanker

Kandungan capsaicin pada sambal memiliki efek positif untuk pertahanan tubuh melawan sel kanker. Meski prosesnya belum tentu jelas, para ahli yakin bahwa capsaicin dapat membantu meningkatkan apoptosis.

Ini adalah proses di mana sel-sel dibunuh yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, termasuk sel kanker. Selain itu, kandungan antioksidan pada cabai tidak hanya menangkal radikal bebas, tetapi juga mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Namun, para ahli masih membutuhkan lebih banyak penelitian dan analisis untuk membuktikannya.

Resep Sambal Bebek

1.Sambal Bebek Terasi

Bahan-bahan :

  • 10 buah cabai merah
  • 4 buah cabai rawit
  • 2 bawang merah
  • Terasi 1
  • 1 bawang putih dikupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • Satu sendok teh garam
  • 1 buah tomat merah
  • Gula
  • Minyak goreng

Cara Membuat Sambal Bebek Terasi :

  1. Panaskan minyak, tambahkan terasi (dalam penggorengan itu). Bawang merah bawang putih tunggu sampai setengah matang.
  2. Taruh tomat, tomat yang sudah diiris dan juga cabai.
  3. Jika semuanya sudah matang, kalian angkat kemudian diulek.
  4. Sambal siap untuk disantap.

2.Sambal Bebek Matah

Bahan-bahan :

  • Bawang merah 50 g
  • Cabai merah 10 g
  • Cabai hijau 10 g
  • Serai 3 batang
  • Daun jeruk 6 potong
  • Jeruk nipis 2 potong
  • Garam 5 g
  • Lada 3 g
  • Gula 3 g
  • Terasi 1 sdm
  • Minyak goreng

Cara Membuat Sambal Bebek Matah :

  1. Pertama rendam cabai merah  dan bawang merah dengan itu akan lebih bersih dan lebih segar dan warnanya lebih cerah.
  2. Goreng terasi hingga harum, sisihkan. Kemudian potong bawang merah menjadi irisan, jangan terlalu tipis, melainkan agak tebal. Kemudian potong cabai merah dan hijau menjadi irisan.
  3. Setelah dipotong, cabai bisa diayak agar tidak semua biji masuk ke dalam sambal. Kemudian potong daun jeruk menjadi irisan-irisan, tulang daun jeruk dapat dibuang, kemudian daunnya dipotong menjadi irisan tipis. Selanjutnya, potong bagian dalam serai menjadi irisan tipis. Bagian dalam serai memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang lembut.
  4. Potong jeruk nipis, peras dan tambahkan ke dalam sambal. Lalu aduk rata semua bahan yang sudah tercampur sebelumnya.
  5. Kemudian tambahkan bumbu halus, garam, penyedap rasa, merica, gula pasir secukupnya. Lalu aduk kembali. Tuang terasi yang ditumis dengan minyak hanya dalam satu sendok makan.
  6. Terakhir tambahkan minyak goreng dan aduk rata, lalu sisihkan sebentar agar bumbunya meresap.

Demikian merupakan artikel resep sambal bebek. Semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu untuk kalian. Selamat untuk mencobanya di rumah.