Pengertian Saham dan Manfaat Saham

Saham adalah dokumen berharga yang meninjukan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Bisa juga dikatakan, saat seseorang membeli saham perusahaan, maka orang tersebut sudah membeli sebagian kepemilikan dari perusahaan tersebut. Stock bisa juga didefinisikan sebagai dengan pembukaan atau pun satuan nilai berbagai instrumen finansial yang mengacu bagian kepemilikan suatu perusahaan tersebut.

Dari paparan diatas bisa disimpulkan bahwa saat seseorang membeli saham dari suatu perusahaan, maka orang tersebut sudah memiliki hak dari pendapatan perusahaan tersebut dengan porsi sebesar sama dengan saham yang dimiliki. Sederhananya adalah saham adalah alat bukti kepemilikan dari sebuah badan usaha atau perusahaan. Wujud saham umumnya berbentuk selembar kertas, dimana dalam kertas tersebut berisi pemilik surat tersebut adalah pemilik perusahaan yang menerbitkan saham tersebut.

 

Manfaat serta Keuntungan dari Saham

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan berinvestasi saham, baik itu untuk jangka pendek atau pun jangka panjang. Orang – Orang yang memanfaatkan saham sebagai investasi jangka tender umumnya hanya menginginkan capital gain dari selisih harga beli dan harga jual. Sedangkan orang yang ingin memanfaatkan saham sebagai investasi jangka panjang, mereka akan rutin untuk membeli saham atau bisa juga menabung saham.

Berdasarkan pemaparan di atas, ada 2 (dua) keuntungan yang bisa kita peroleh dari berinvestasi saham, antara lain.

  • Capital Gain, adalah keuntungan yang diperoleh dari selisih harga jual yang lebih tinggi dari harga beli saham itu sendiri. Setiap investor saham mendapatkan keuntungan sesuai dengan besarnya saham yang dimilikinya.
  • Dividen, adalah keuntungan yang bisa didapatkan dari pembagian dividen tunai suatu emiten. Hal tersebut adalah pendapatan tambahan yang bisa diperoleh oleh para investor jika membeli saham dari emiten yang memiliki kinerja pendapatan yang bagus ataupun cukup bagus.

 

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai saham. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, dan semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam berinvestasi. Jika ada kesalahan dalam artikel ini mohon untuk dimaafkan dan dimaklumi.

Sumber artikel : www.mastekno.com