Tips Mencuci Karpet Bulu yang Mudah Bisa Dilakukan di Rumah

Karpet bulu membutuhkan perawatan khusus karena bahannya yang sensitif. Tips mencuci karpet bulu berikut ini akan menjaga karpet tetap bersih dan awet.

baca juga artikel tentang sedot tungau tangerang

Tips Mencuci Karpet dari Bulu

Karpet bulu atau karpet permadani sangat rentan terhadap debu karena daya serapnya lebih tinggi daripada karpet biasa. Meski begitu, banyak orang memilih karpet bulu karena lebih nyaman dan terasa lembut bila disentuh. Teksturnya yang lembut dan berserat membuat pemilik karpet harus hati-hati ketika membersihkan karpet bulu. Cara mencuci karpet bulu berikut bisa mempermudah pekerjaan Anda sekaligus mempertahankan kecantikan karpet bulu.

  • Gunakan Vacuum cleaner

Vacuum cleaner merupakan perlengkapan penting dalam menjaga kebersihan karpet bulu. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan permukaan karpet bulu di kedua sisinya atas dan bawah. Agar permukaan karpet bulu tak rusak akibat sedotan vacuum cleaner, lapisi bagian atas dengan kain ketika menyedotnya. Ketika membersihkan bagian bawahnya tak perlu dilapisi dengan kain.

  • Bersihkan dengan Sikat yang Lembut

Selain menggunakan vacuum cleaner, Anda juga bisa menerapkan cara mencuci karpet bulu manual yakni memakai sikat yang lembut. Sikat karpet bulu dengan lembut sehingga bulu hewan peliharaan dan rambut-rambut bisa terangkat. Hindari menyikat karpet bulu menggunakan sikat yang keras karena akan merusak tekstur karpet.

baca juga: jasa pembersih tungau tangerang

  • Membersihkan karpet secara rutin
  • Cuci menggunakan mesin cuci

Agar karpet selalu bersih, setidaknya Anda harus membersihkannya sebanyak 1-2 kali seminggu secara rutin. Apabila karpet bulu terlalu lama dibiarkan, maka akan menjadi sarang debu dan kotoran. Jika tak memiliki waktu untuk membersihkan karpet bulu, gunakan layanan jasa pencuci karpet profesional yang sudah berpengalaman menangani aneka jenis karpet.

Tips mencuci karpet bulu selanjutnya yakni dengan mencucinya menggunakan mesin cuci. Sebelumnya, pastikan karpet bulu tersebut memang bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Kemudian, masukkan karpet bulu bersama dengan kain katun atau karpet bulu dimasukkan ke dalam sarung bantal. Lalu cuci menggunakan mesin cuci. Dengan demikian karpet bulu bisa bersih tanpa merusak bulu pada karpet. Setelah dicuci jemur karpet hingga benar-benar kering dan tidak lembab sehingga jamur tak mudah muncul di permukaan karpet.