catering pernikahan jakarta – Bagi Anda yang ingin menghemat biaya pernikahan, mengadakan pernikahan di rumah bisa menjadi pilihan yang tepat, ini adalah tips pernikahan di rumah dengan anggaran minim

Pernikahan adalah momen sakral dan berkesan yang ingin diingat seumur hidup oleh setiap pasangan.

Namun, tidak semua pasangan memiliki anggaran yang cukup untuk mengadakan pernikahan mewah di hotel, gedung, atau tempat lainnya.

Selain lebih intim dan hangat, pernikahan di rumah juga bisa lebih fleksibel dan kreatif.

Tips Pernikahan di Rumah dengan Anggaran Minim

tips pernikahan di rumah dengan anggaran minim 

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengadakan pernikahan di rumah dengan anggaran minim:

1. Rencanakan dengan Matang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah merencanakan pernikahan dengan matang. Tentukan terlebih dahulu jumlah tamu yang akan diundang, apakah hanya keluarga dekat atau juga teman-teman. Jumlah tamu akan mempengaruhi biaya katering, dekorasi, dan souvenir.

Selain itu, tentukan juga tema dan konsep pernikahan yang Anda inginkan, apakah sederhana, elegan, rustic, atau lainnya. Tema dan konsep pernikahan akan mempengaruhi pilihan warna, bunga, dan aksesori yang akan digunakan.

2. Manfaatkan Halaman atau Ruang Tamu

Salah satu keuntungan mengadakan pernikahan di rumah adalah Anda bisa memanfaatkan halaman atau ruang tamu yang ada.

Anda bisa menghemat biaya sewa tenda, kursi, meja, dan panggung. Anda juga bisa mengatur tata letak sesuai dengan keinginan Anda.

Jika Anda memiliki halaman yang luas, Anda bisa mengadakan pernikahan outdoor dengan suasana alami.

Jika Anda memiliki ruang tamu yang cukup besar, Anda bisa mengadakan pernikahan indoor dengan suasana yang lebih nyaman dan hangat.

3. Dekorasi Sendiri atau Mintalah Bantuan

Dekorasi adalah salah satu hal yang bisa membuat pernikahan Anda lebih cantik dan menarik. Namun, dekorasi juga bisa menghabiskan biaya yang cukup besar jika Anda menyewa jasa profesional.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa mendekorasi sendiri atau minta bantuan dari keluarga atau teman yang memiliki bakat atau hobi di bidang ini.

Anda bisa mencari inspirasi dekorasi dari internet, majalah, atau buku. Anda juga bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah, seperti kain, bunga, lilin, kertas, atau foto.

Anda bisa membuat dekorasi yang sederhana tapi tetap indah dan sesuai dengan tema pernikahan Anda.

4. Pilih Katering yang Sesuai dengan Budget

Katering adalah salah satu hal yang paling penting dalam pernikahan. Anda tentu ingin menyajikan makanan yang lezat dan berkualitas untuk tamu Anda.

Namun, Anda juga harus memperhatikan budget yang Anda miliki. Anda bisa mencari katering yang sesuai dengan budget Anda dengan membandingkan harga dan menu yang ditawarkan.

Anda juga bisa menyesuaikan jumlah dan jenis makanan dengan jumlah dan selera tamu Anda. Jika Anda memiliki kemampuan memasak atau memiliki kerabat yang bisa memasak.

Anda juga bisa membuat makanan sendiri atau minta bantuan mereka. Hal ini bisa lebih menghemat biaya dan lebih personal.

5. Gunakan Baju dan Aksesori yang Sudah Ada

Baju dan aksesori pengantin adalah salah satu hal yang bisa membuat Anda tampil lebih cantik dan menawan di hari pernikahan Anda.

Namun, Anda tidak perlu membeli atau menyewa baju dan aksesori yang baru dan mahal. Anda bisa menggunakan baju dan aksesori yang sudah Anda miliki atau meminjam dari keluarga atau teman yang memiliki ukuran yang sama dengan Anda.

Anda juga bisa mengubah atau memodifikasi baju dan aksesori yang sudah Anda miliki agar terlihat lebih baru dan sesuai dengan tema pernikahan Anda.

Anda bisa mencari jasa penjahit atau tukang bordir yang bisa membantu Anda dengan biaya yang terjangkau.

6. Mintalah Bantuan Teman untuk Dokumentasi dan Hiburan

Dokumentasi dan hiburan adalah dua hal yang bisa membuat pernikahan Anda lebih berkesan dan menyenangkan.

Anda tentu ingin mengabadikan momen-momen indah Anda bersama pasangan dan tamu Anda dalam foto atau video.

Anda juga tentu ingin menghibur tamu Anda dengan musik, nyanyian, atau tarian. Namun, Anda tidak perlu menyewa jasa profesional yang biasanya mematok harga yang tinggi.

Anda bisa minta bantuan teman Anda yang memiliki kemampuan atau hobi di bidang ini. Anda bisa meminta teman Anda yang pandai mengambil foto atau video untuk mendokumentasikan pernikahan Anda.

Anda juga bisa meminta teman Anda yang bisa bernyanyi, bermain musik, atau menari untuk mengisi acara pernikahan Anda. Hal ini bisa lebih menghemat biaya dan lebih akrab.

Tips Menentukan Tema Pernikahan

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menentukan tema pernikahan yang sesuai :

  • Pertimbangkan tempat Anda
    Secara alami, lokasi, musim, waktu, dan gaya dekorasi tempat pernikahan Anda dapat disesuaikan dengan tema tertentu. Misalnya, jika Anda mengadakan pernikahan di pantai, Anda bisa memilih tema pernikahan pantai yang ceria dan santai. Jika Anda mengadakan pernikahan di gedung, Anda bisa memilih tema pernikahan elegan dan mewah.
  • Buatlah daftar tema yang Anda berdua sukai
    Anda bisa mencari inspirasi dari hobi, film, buku, musik, atau hal-hal yang berarti bagi Anda berdua. Misalnya, jika Anda berdua suka dongeng, Anda bisa memilih tema pernikahan dongeng yang romantis dan magis. Jika Anda berdua suka petualangan, Anda bisa memilih tema pernikahan travel yang unik dan kreatif.
  • Tetap setia pada visi Anda
    Jangan memilih tema hanya karena sedang tren atau karena tekanan dari orang lain. Pilihlah tema yang benar-benar mencerminkan diri Anda dan pasangan Anda. Tema pernikahan yang paling indah adalah tema yang paling personal dan otentik.
  • Sederhanakan
    Jangan terlalu banyak menggunakan warna, pola, atau aksesori yang berbeda-beda. Pilihlah warna-warna yang harmonis dan sesuai dengan tema Anda. Gunakan pola dan aksesori yang menambahkan sentuhan akhir, bukan mengganggu keselarasan tema. Tema pernikahan yang sederhana tapi rapi akan terlihat lebih menawan daripada tema pernikahan yang berlebihan tapi berantakan.
  • Jadikan milik Anda sendiri
    Tema pernikahan Anda tidak harus sama persis dengan tema pernikahan orang lain. Anda bisa menambahkan unsur-unsur yang khas dan spesial, seperti foto, kenangan, atau cerita Anda berdua. Anda juga bisa mengubah atau memodifikasi tema pernikahan yang sudah ada agar terlihat lebih baru dan sesuai dengan gaya Anda.
  • Tetap berpikiran terbuka
    Jangan takut untuk mencoba hal-hal yang berbeda atau tidak biasa. Anda bisa menggabungkan dua tema yang tampaknya tidak cocok, asalkan Anda bisa menyatukannya dengan baik. Anda juga bisa mencari bantuan dari wedding planner, teman, atau keluarga yang bisa memberikan saran atau ide-ide segar untuk tema pernikahan Anda.