7 Tempat Wisata Menarik di Kota Sydney

Kota Sydney adalah sebuah kota yang berada di negara bagian New South Wales, Australia. Sydney merupakan kota terbesar di Australia sekaligus sebagai ibukota dari New South Wales. Sebagai koloni pertama di benua Australia, Sydney yang didirikan pada tahun 1788 merupakan kota tertua di negeri kanguru tersebut.

Terletak di pantai timur Australia, kota ini memiliki beragam tempat wisata yang menarik yang banyak diminati wisatawan mancanegara. Berbagai wisatawan termasuk dari Indonesia mengunjungi kota tertua di Oceania ini setiap tahunnya. Tingginya minat wisatawan tersebut khususnya dari Indonesia membuat beberapa agen wisata menawarkan paket wisata luar negeri dengan tujuan Sydney.

Berikut adalah beberapa tempat wisata di Kota Sydney yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara:

Opera House

Gedung Opera House adalah salah satu landmarks terkenal kota Sydney sekaligus objek wisata yang banyak dikunjungi. Bentuk bangunan Opera House sangat unik dan terlihat seperti kerang. Bangunan Opera House merupakan bangunan multifungsi yang umumnya digunakan untuk menggelar berbagai pertunjukan seni. Opera House secara resmi dibuka untuk umum sejak tanggal 20 Oktober 1973.

Jembatan Sydney Harbour

Jembatan Sydney Harbour adalah jembatan utama yang menghubungkan kawasan bisnis Sydney dengan wilayah utara Sydney. Jembatan ini melintang diatas pelabuhan Sydney dan diatasnya terdapat berbagai jalur transportasi seperti rel kereta api, kendaraan bermotor, jalur bersepeda serta trotoar. Bersama dengan Opera House, jembatan ini menjadi ikon terkenal dari Australia. Sebutan lain dari jembatan ini adalah The Coathanger karena bentuknya yang melengkung pada bagian atas.

Queen Victoria Building

Queen Victoria Building atau biasa disingkat menjadi QVB adalah sebuah pusat perbelanjaan bergaya Romanesque. QVB dibangun pada tahun 1893 dan diresmikan serta dibuka untuk umum pada tahun 1898. Sepanjang sejarahnya, Queen Victoria Building telah mengalami 4 kali renovasi besar. Bangunan ini dibuat sebagai pusat perbelanjaan namun sempat berganti fungsi beberapa kali sebelum kembali difungsikan sebagai pusat perbelanjaan dengan lebih dari 200 toko di dalamnya.

Royal Botanic Gardens

Royal Botanic Garden adalah sebuah kebun seluas 30 hektar yang berada di kawasan Farm Cove, Sydney. Kebun tersebut dibuka pada tahun 1816 yang menjadikannya salah satu institusi bidang ilmu alam tertua di Australia. Di dalam Royal Botanical Garden, terdapat berbagai jenis tanaman mulai dari berbagai jenis pohon, sawit, anggrek, pakis, dan sebagainya. Terdapat juga koleksi mawar di area Palace Rose Garden dengan lebih dari 1800 mawar serta bunga dan tanaman lainnya.

Kebun Binatang Taronga

Kebun binatang Taronga atau Taronga Zoo adalah kebun binatang terbesar di Australia yang berada di kota Sydney. Taronga Zoo berada di sub-urban Mosman yang berada di dekat pantai Sydney Harbour. Menempati area seluas 28 hektar, kebun binatang Taronga dibagi menjadi 8 zona sesuai dengan habitat hewan masing-masing. Ada sekitar 4000 hewan dari 350 spesies yang menempati kebun binatang ini. Selain itu, terdapat toko oleh-oleh dan cafe bagi para pengunjung.

Katedral St. Mary

Katedral Saint Mary adalah sebuah katedral umat katolik di College Street, Sydney. Saint Mary merupakan gereja/katedral terpanjang yang ada di negara Australia walaupun bukan yang tertinggi maupun terbesar. Bangunan ini mempunyai gaya neo-gotik dengan desain bangunannya mengambil contoh dari katedral Lincoln di Inggris dan Notre Dame di Perancis. Bagian kaca katedral ini dibuat sedemikian rupa sehingga cahaya matahari bisa menerangi ruangan dengan sangat indah,

Sydney Tower

Sydney Tower adalah bangunan tertinggi di Sydney sekaligus bangunan tertinggi kedua di belahan bumi bagian selatan. Tinggi dari Sydney Tower adalah 309 meter menjulang di kawasan bisnis Sydney atau Sydney CBD. Menara Sydney atau Sydney Tower ini memiliki nama lain yaitu AMP Centrepoint Tower. Salah satu atraksi unik disini adalah Sydney Tower Runner-Up dimana peserta akan berlomba untuk mencapai puncak menara dengan menggunakan tangga.