Cara Bikin CV yang Baik dan Benar, Unik dan Bagus

Cara Bikin CV yang Benar Sekaligus Mampu Menggambarkan Anda yang Sebenarnya – Menyusun Curriculum Vitae (CV) memang terkesan tidak terlalu susah, bahkan tidak sedikit yang membuatnya baik dan benar. Tapi, walaupun penyusunannya benar ternyata banyak CV yang Anda buat belum bisa menggambarkan dengan benar siapa diri Anda.

Kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara bikin CV yang benar sekaligus mampu menggambarkan diri Anda sendiri. Berikut ini hal yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan CV:

Urutkan Daftar Riwayat Hidup dengan Benar

Anda harus mengurutkan daftar riwayat hidup mulai dari judul, data diri, riwayat pendidikan, kemampuan, pengalaman kerja dan organisasi, kontak orang yang merekomendasikan Anda kerjaan, dan tambahan lainnya yang dirasa mendukung lamaran kerja.

Isi Data Diri yang Lengkap dan Jelas

Melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan Anda harus mengisi data diri dengan lengkap mulai dari nama lengkap, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, kewarganegaraan, agama, status perkawinan, tinggi dan berat badan, alamat lengkap sampai nomor telepon / HP bahkan E-mail.

Buatlah Alamat Email yang Tampak Professional

E-mail jangan dibuat alay seperti akucintasejatimu@gmail.com, buatlah yang lebih serius dan tampak profesional misalnya riantifitriani09@gmail.com.

Riwayat Pendidikan Formal Cukup di Mulai dari SMA/SMK

Riwayat pendidikan dari TK sampai SMP tidak perlu Anda cantumkan, cukup tulis riwayat pendidikan Anda mulai dari SMA/SMK sampai Strata 1 dan seterusnya.

Membuat Bagian Kemampuan Jelas

Di bagian ini Anda tidak harus mencantumkan skill yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar, jika Anda ingin melamar sebagai content writer, masukkan saja skill yang ada hubungannya dengan pekerjaan tersebut. Kemampuan Anda sebagai pemain sepak bola tidak perlu dimasukkan.

Pengalaman Kerja yang Terperinci

Cantumkan nama perusahaan, berapa lama bekerja, profesi dan jabatannya, gambaran kegiatan yang Anda kerjakan di perusahaan sebelumnya untuk membuat daftar pengalaman kerja.

Pengalaman Organisasi yang mendukung

Sama halnya dengan pengalaman skill, pengalaman organisasi yang akan dicantumkan juga harus menyesuaikan dengan pekerjaan yang ingin dilamar.

Design CV yang Menarik

Buatlah desain CV yang menarik tentu yang berbeda dengan desain yang biasanya, sehingga rekuters ataupun HR  tertarik dan tidak bosan membaca CV Anda.

Pilihlah Diksi yang Sesuai dan Penulisan yang Benar

Ketepatan diksi dan kaidah penulisan yang benar dalam menulis CV tentu juga harus Anda perhatikan, mulai sekarang biasakan menulis dengan cara kepenulisan yang baik dan benar.

Buatlah dengan Jujur

CV jangan dibuat dengan rekayasa, buatlah sesuai dengan data diri Anda. Jika Anda dirasa belum punya bakat yang mendukung untuk pekerjaan yang Anda lamar. Belajar kembali jangan memanipulasi data.

Gunakanlah template cv yang unik agar memiliki kesan tersendiri. Untuk contoh cv menarik Anda bisa melihatnya di website bikincv.vom disana ada banyak sekali beragam contoh cv yang bagus dan unik.

Inilah cara bikin CV yang benar sekaligus yang mampu menggambarkan diri Anda dengan benar. Bisa Anda terapkan ketika ingin melamar kerja.