10 Jenis Tanaman Bunga Paling Indah Sebagai Penghias Rumah

Tanah tropis Indonesia dan konturnya yang memungkinkan untuk tumbuh berbagai macam bunga memang sebuah anugerah yang patut disyukuri. Iklim yang tidak terlalu panas dan kering serta tidak pula terlalu dingin membuat berbagai pilihan bunga paling indah bisa mudah ditumbuhkan di pekarangan bunga, seperti misalnya 10 jenis bunga berikut :

 

Anggrek Bulan

Bicara mengenai bunga paling indah yang ada di toko bunga cilegon, anggrek memang harus dimasukkan ke dalam daftar teratas, apalagi Anggrek Bulan. Jika sudah berbunga, Anggrek Bulan memang akan menghasilkan bunga dengan mahkota yang besar, dengan diameter mencapai 10 cm lebih. Termasuk golongan anggrek monopodial, artinya Anggrek Bulan hanya tumbuh dengan satu batang dari akar ke pucuk batang.

Terdiri dari 3 buah sepal dan 3 buah tajuk bunga (petal), bunga Anggrek Bulan memang akan memberikan kebanggaan tersendiri jika seseorang berhasil merawatnya dengan baik. Anggrek ini cukup awet bunganya dan tidak mudah layu. Banyak orang menanamnya sebagai tanaman hias indoor maupun outdoor.

 

Mawar Rosanda

Bunga mawar termasuk salah satu bunga yang paling sering dijadikan hadiah dan ditanam karena warnanya yang indah serta keharumannya yang khas. Terdapat berbagai macam jenis mawar, salah satunya adalah mawar rosanda.

Bunga mawar rosanda ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu ketika mekar bunganya, Anda akan mendapatkan bunga mawar yang warna nya bergradasi dari ujung kelopak ke pusat bunga.

Biasanya kelopak bagian luar akan berwarna tua dan semakin ke tengah warnanya semakin muda. Dengan aroma khas mawar yang menyegarkan, bunga mawar rosanda tentunya akan menarik perhatian siapapun jika ditanam di kebun.

 

Bunga Camelia

Sekilas, bunga Camelia memiliki bentuk mirip dengan bunga mawar. Namun jika diperhatikan lebih detail, bentuk daunnya sangat berbeda dan batangnya tidak memiliki duri seperti mawar. Bunga yang satu ini memiliki banyak warna menyala yang sangat cantik jika ditanam di pekarangan rumah.

 

Ukuran bunga Camelia juga relatif besar, dapat mencapai diameter hingga 12 cm. Habitat asli bunga Camilia adalah Asia Selatan dan Tenggara, karena itulah bunga Camelia cocok ditanam di tanah nusantara. Selain bunganya yang indah, pucuk daun tanaman Camelia banyak dimanfaatkan untuk membuat teh herbal.

 

Bunga Dahlia

Satu lagi jenis bunga yang sangat populer baik di Indonesia maupun di mancanegara, yaitu bunga dahlia. Dengan warna yang bervariasi dari mulai merah, putih, ungu, dan gabungan dari beberapa warna, bunga dahlia memang salah satu pilihan tepat untuk ditanam di pekarangan.

Dahlia dibudidayakan dengan tunas, dan penanamannya pun cukup mudah, dapat ditanam pada halaman yang cukup luas atau bisa juga ditanam didalam pot.

 

Bunga Blue Bells

Bunga blue bells atau dikenal pula dengan lonceng biru adalah salah satu jenis bunga terindah lainnya. Tanaman ini termasuk tanaman umbi-umbian yang tumbuhnya tidak terlalu tinggi, yaitu hanya mencapai sekitar 50 cm saja. Di negara asalnya, Inggris dan Perancis, bunga ini dapat tumbuh di tengah hutan dan seperti membentuk hamparan karpet alami berwarna biru yang sangat cantik.

Seperti namanya, bunga Blue Bells berbentuk seperti lonceng, menjuntai berbaris pada tangkai bunga yang ujungnya melengkung. Bunga Blue Bells jika ditanam juga akan menarik perhatian kupu-kupu dan berbagai serangga yang memakan nektar bunga Blue Bells.

 

Bunga Aster

Bunga Aster juga dapat dikategorikan sebagai jenis bunga terindah dengan warna-warnanya yang cerah dan menarik perhatian. Tanaman Aster termasuk dalam golongan semak, sehingga bunganya berukuran kecil hingga sedang jika dibandingkan dengan bunga mawar misalnya.

Bunga aster juga termasuk salah satu bunga yang mudah di tanam di pekarangan. Bunga yang asalnya dari negeri Cina ini banyak dikembangkan oleh petani bunga di daerah Pacet. Tanaman bunga Aster hanya berumur satu tahun dengan ketinggian maksimal 50 cm.

 

Bunga Tulip

Bunga yang menjadi salah satu kebanggaan negeri Belanda ini memang sangat indah. Bahkan di negeri asalnya, terdapat festival bunga tulip setiap tahunnya dimana Anda dapat menyaksikan mekarnya jutaan tulip dengan sangat indah, termasuk tulip berwarna merah. Seperti halnya dengan mawar merah, tulip merah banyak digunakan untuk mengungkapkan rasa cinta yang mendalam.

Menanam tulip biasanya dimulai dengan membibitkan umbi tulip. Umbi tulip ini mirip bentuknya dengan bawang merah, namun berukuran sedikit lebih besar. Penanaman tulip di negeri tropis -sebetulnya bisa-bisa saja, hanya saja sedikit menantang karena ada beberapa perlakuan khusus sehingga umbi bisa tumbuh dengan baik.

 

Zinnia

Bunga Zinnia lebih populer dengan sebutan bunga kertas di Indonesia, karena memang bentuk kelopak bunga Zinnia sangat tipis dengan tekstur seperti kertas. Bunga Zinnia memiliki berbagai variasi warna, dari mulai merah, pink, putih, ungu, kuning, dan jingga.

Tanaman ini sangat mudah ditanam di iklim tropis, pohonnya pun tidak tumbuh terlalu tinggi, hanya mencapai 50 cm saja. Jika ditanam serentak dengan berbagai variasi warna, bunga yang habitatnya ada di Meksiko ini akan sangat memberikan warna di pekarangan rumah.

 

Anyelir

Satu lagi bunga yang bentuknya sangat cantik dan unik, yaitu bunga anyelir, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama carnation. Anyelir memiliki kelopak yang tumbuh tidak beraturan namun tetap terlihat indah.

Bunga yang tumbuh hanya dalam waktu dua tahun ini bisa juga ditanam di negeri tropis.  Anyelir bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 2 meter, namun karena batangnya yang kurang kuat, biasanya akan dibutuhkan penyangga untuk membuatnya bisa tumbuh tegak.

 

Bunga Lily

Lily atau biasa disebut bunga bakung tumbuh dari umbi juga termasuk salah satu tanaman bunga yang paling indah, dengan bentuk kelopak yang simetris dan harum yang sangat khas. Bunga Lily memiliki bentuk bak terompet dengan putik bunga di tengah kelopak yang miip dengan bentuk korek api.

 

Bunganya termasuk berukuran besar. Banyak juga orang yang memanfaatkan bunga Lily sebagai bunga hias di dalam ruangan. Bunga Lily memiliki berbagai macam warna, namun yang paling umum adalah Lily berwarna putih.

 

Demikianlah 10 jenis tanaman bunga paling indah dari tulisan florist cilegon yang mampu membuat pekarangan setiap rumah semakin berwarna dan harum semerbak. Semoga menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang mencari ide untuk menanam tanaman bunga yang bisa menyegarkan pikiran dan lingkungan rumah.