Cara Bikin Gulali Gula Pasir Sendiri

Cara bikin gulali gula pasir – Produksi gulali gula pasir atau gula kapas cukup sederhana karena komponen utama atau utama bahan pangan jenis ini adalah gula pasir. Gulali gula pasir sendiri biasanya memiliki banyak warna atau warna dan rasanya yang manis.

Cara Bikin Gulali Gula Pasir

Cara Bikin Gulali Gula Pasir

 

1. Cara Bikin Gulali Gula Pasir (Gulali Kapas)

Alat Dan Bahan :

  • Siapkan mesin arum manis.
  • 1 bambu
  • Sendok makan 1 buah
  • Gagang atau Bilah Bambu Kecil (untuk menggulung  permen gulali).
  • Gula pasir putih sebanyak kurang lebih 1 kilogram
  • Pewarna makanan (sesuai selera masing-masing)

Cara Bikin Gulali Gula Pasir (Gulali Kapas) :

  1. Siapkan gula pasir terlebih dahulu, lalu campurkan dengan pewarna makanan agar permen kapas menarik. Kemudian aduk hingga benar-benar tercampur.
  2. Panaskan mesin pembuat permen kapas.
  3. Bila gula campur sudah tercampur rata, masukkan ke dalam mesin yang dipanaskan dan tunggu beberapa detik sampai gula tersebut keluar dari mesin pembuat permen atau permen manis seperti jaring.
  4. Gunakan gagang atau bilah bambu yang telah disediakan untuk menggulungnya dengan gerakan melingkar, kemudian sesuaikan dengan ukuran yang Anda inginkan.
  5. Kemudian padatkan permen kapas dengan mengoleskannya pada wadah stainless di mesin.
  6. Cara membuat permen ini perlu sabar dan hati-hati, jika tidak maka akan berubah menjadi kristal kecil yang kasar atau rusak.
  7. Jika sudah selesai, bungkus gulali atau aron manis dalam plastik tertutup rapat agar tidak langsung terkena udara sehingga menyebabkannya menyusut atau mengeras.

2. Cara Bikin Gulali Jawa (Gula Jawa)

 

Gulali ini biasanya memiliki warna yang biasanya coklat agak kehitam hitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan bambu kecil ataupun sedotan kecil. Gulali dari gula merah ini sering juga dicampur dengan kacang tanah yang tumbuk kasar ataupun kalian juga dapat cara bikin gulali sendiri.

Bahan – bahan :

  • Gula jawa yang sudah halus 500 gram.
  • Air secukupnya setidaknya sekitar 125 ml.
  • Kacang tanah yang sudah ditumbuk kasar (sesuai keinginan).
  • Tangkai babmbu kecil.

Cara Bikin Gulali Jawa (Gula Jawa) :

  1. Pertama kalian masukkan gula merah dan air ke dalam panci lalu aduk sampai air dan gula merah tercampur rata.
  2. Kemudian kalian nyalakan oven dengan api sedang dan letakkan wajan di atas api.
  3. Aduk adonan hingga mendidih, lalu tambahkan haluskan kacang kasar dan aduk hingga merata.
  4. Saat air sudah berada di dalam panci atau adonan sudah sedikit berkurang, angkat panci dan diamkan adonan hingga mulai mengental.
  5. Saat adonan sudah mengental, letakkan tangkai kecil di dalam adonan lalu gulung gula hingga membentuk lingkaran kecil seperti permen.
  6. Aroma manis atau kembang gula siap disantap atau dinikmati. Jika Anda akan menyimpannya dalam waktu lama, Anda bisa membungkus arum manis atau gulali berbentuk tusuk sate dengan plastik lalu menyimpannya dalam wadah.
  7. Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru untuk Anda, tambahkan saja ceres, coklat atau selai ke dalam permen kapas agar secara alami memiliki rasa yang baru dan unik.

 

Permen kapas atau aron manis bisa dijual kembali untuk menambah uang jajan. Kenapa tidak?. Plus, Anda bisa berjualan di hari ulang tahun, di restoran, atau bahkan di kafe. Namun harus juga diperhitungkan saat pengemasan. Jika ingin kualitas yang sangat rapi, serahkan saja pada mesin cup sealing. Anda tidak perlu meragukan kualitasnya dan jika kalian ingin membuat gulali colek kalian dapat melihat cara membuat gulali colek berikut ini.

Fakta Dalam Gulali Gula Pasir

Seperti namanya, gulali gula pasir dan penganan manis pewarna makanan dicampur menjadi satu hingga tercampur lalu dimasukkan ke dalam mesin pembuat gulali. Pada mesin pembuat permen atau kembang gula ini, gulali  gula pasir meleleh dan sisa makanannya kemudian diaduk-aduk dan kemudian diubah menjadi gula kapas atau gulali gula pasir.

Meskipun bahan dasar utama dalam gulali adalah gula pasir, diyakini bahwa gulali tidak mengandung glukosa yang tinggi. Gulali lucu ini diperkenalkan oleh Morrison dan John C. Wharton di St. Petersburg. Pameran Dunia Louis pada tahun 1904.

Di Amerika sendiri setiap hari pada tanggal 7 Desember, hari terjadinya kembang gula atau gulali nasional berlangsung atau dirayakan. Ini hanya berlaku di AS atau tidak di negara lain. Dan cara membuat permen kapas telah menyebar ke seluruh penjuru dunia

Sifat yang ada di Gulali Gula Pasir

Permen gulali ini bersifat higroskopis, artinya menjadi keras dan kasar jika terkena udara dalam jangka waktu yang lama atau secara langsung. Permen gulali sudah siap, maka permen harus segera dibungkus.

Jenis makanan berbahan gula ini biasanya dijual di pinggir jalan yang ramai seperti taman bermain anak dan pasar malam. Dalam bisnis permen gulali, waktu sering mengikuti ketika menjadi semakin modern setiap tahun. Berbagai jenis gulali gula merah sulit ditemukan.

Namun, jika Anda melewatkan masa kecil Anda dan ingin mengingat berbagai jenis permen gulali ini, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah sederhana dan banyak contoh tutorial.

Permen gulali ini bisa Anda jadikan sebagai topping di padang pasir atau bahkan sebagai makanan penutup di kafe dan restoran. Contohnya adalah kue mangkuk, kue kering, dekorasi biskuit atau topping untuk minuman, es krim, milkshake, soda dan bubble tea.

Selain contoh tersebut, masih banyak kreasi lain yang bisa atau bisa kamu buat dari permen manis atau gulali ini. Tentunya hal tersebut dapat menarik pembeli untuk mencoba. Dengan harga yang sangat terjangkau dan murah sehingga target marketnya bisa berasal dari kalangan menengah, atas, dan bawah.