Siapa yang tidak kenal dengan kue kering ? Kue ini sudah banyak di kenal oleh orang, bentuknya yang kecil membuat makanan ini menjadi makanan ringan yang cocok dimakan sebagai camilan saat anda melakukan kegiatan.Kue ini berbahan dasar kelapa Kue ini ada 2 jenis basah dan kering.Kue akar kelapa.

Untuk kue akar kelapa yang basah, umumnya berstektur lembut, empuk, dan tidak tahan lama ( hanya bertahan selama beberapa hari atau beberapa minggu saja jika disimpan di ruangan yang tepat ). Kue akar kelapa basah biasanya dimasak dengan cara dikukus, direbus, ataupun digoreng. Bahannya biasanya terbuat dari tepung beras, gula, dan juga santan.

Kue akar kelapa tipe kering yang banyak digemari orang dari mulai kalangan anak anak hingga orang dewasa,Kue ini berasal dari betawi dan sekitarnya.Pada umumnya kue ini disajikan bersama rengginang dan juga kacang goreng biasanya pada saat lebaran dan juga saat hajatan.

Disebut akar kelapa karena bentuknya yang menyerupai akar kelapa.Rasa dari kue ini identik dengan gurih dan manis itulah mengapa kue ini menjadi daya tarik orang saat hari raya lebaran maupun hajatan. Nah kali ini saya akan memberitahu kalian cara untuk membuat kue akar kelapa ini.

Bahan Bahan Untuk Membuat Kue Akar Kering Kelapa

  1. Kuning telur
  2. Gula Pasir
  3. Tepung ketan
  4. Bubuk pengembang
  5. Bubuk vanili
  6. Margarin
  7. Santan
  8. Minyak

Nah itu untuk bahannya simpel dan mudah dicari buat kalian yang ingin membuat kue akar kelapa ini sebaiknya pilih kelapa segar agar teksturnya enak.

Cara Membuat Kue Akar Kelapa

  1. Yang pertama untuk membuat kue ini kalian kocok dahulu telur dan gula pasir secara bersama.
  2. Lalu tepung Ketan diayak secara bersama dengang bubuk pengembang dan bubuk vanili
  3. Kemudian Aduk adonan secara merata, aduk secara perlahan lalu tuangkan margarin dan santan sedikit demi sedikit.
  4. Masukan adonan yang sudah jadi kedalam cetakan kue akar kelapa, diatas minyak dengan api cukup sedang.
  5. Lalu tekan adonan sepanjang 10 centimeter kemudian di potong.
  6. Tahap terakhir kalian goreng adonan kue akar kelapa hingga berwarna kuning kecoklatan. setelah matang angkat dan tiris kan kue akar kelapa siap dinikmati.

Manfaat Dari Kue Akar Kelapa

1.Dapat menambah tenaga

Kue akar kelapa ini memilki kandungan karbohidrat yang fungsi utamanya adalah menambah energi.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Santan kelapa pada kue akar kelapa ini memiliki kandungan lemak jenuh yang berkhasiat dalam menurunkan kolesterol, kandungan ini sangat efektif untuk menurunkan berat badanĀ  ataupun menjaga berat badang agar tetap efektif.

3.Meningkatkan kekebalan tubuh

Dalam kue akar kelapa ini terkandung juga vitamin c dan asam laurat pada santan oleh karena itu di percaya dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

4. Dapat membantu menjaga kesehatan tulang

Nah untuk manfaat yang selanjutnya Kue akar kelapa ini dapat menjaga kesehatan tulang karena pada santan kelapa ini terdapat kandungan mineral seperti fosfor dan juga kalsium yang bermanfaat menjaga tulang.

5. Dapat mencegah anemia

Anemia adalah penyakit yang bisa terjadi dikarenakan dalam tubuh kita ini kekurangan sel darah merah.Nah karena itu tubuh kita ini membutuhkan kandungan zat besi . Untuk mendapatkan zat besi kita dapat mengonsumsi kue akar kelapainiĀ  dikarenakan dalam kue ini ada campuran santannya yang mengandung zat besi.

Kue ini jika di konsumsi dalam jumlah tertentu dapat bermanfaat bagi tubuh tapi jika kalian mengonsumsi terlalu banyak pasti akan menyebabkan penyakit karena apapun yang berlebihan itu tidak baik.

Berikut yang dapat saya sampaikan semoga dengan ini kalian bisa terbantu.