Cara Membuat Baceman Bawang Putih untuk Nasi Goreng

Banyak orang yang sudah membahas cara membuat baceman bawang putih. Di sini kita juga akan membahas nya tapi secara lebih detail lagi. Baceman bawang putih ini biasanya banyak orang yang menggunakannnya sebagai bbumbu tambahan dalam nasi goreng.

Siapa sih yang tidak tau dengan nasi goreng ini? Bahkan nasi goreng selalu menjadi favorit makanan orang indonesia apalagi di kala waktu pagi ataupun malam. Baceman bawang bukan berarti bawang di bacem loh. Tetapi bawang yang di fermentasikan.

Sebelumnya kita sudah pernah membahas cara bikin bawang goreng. Kalau bawang goreng ini paling enak sebagai taburan dalam segala hal masakan rumahan. Tapi kalau baceman bawang ini digunakan sebagai penambah rasa dalam masakan tertentu. Simak artikel berikut ini !

Baceman Bawang

Baceman Bawang

Baceman bawang ini lebih mudah untuk dibuat dan tidak perlu waktu yang lama. Mungkin cukup dua hari saja sudah bisa di gunakan untuk memasaknya. Membuat baceman bawang ini bisa dibilang mudah-mudah sulit.
Bawang putih cincang,dan kemiri yang sudah dihaluskan di campurkan dengan minyak dan juga minyak wijen. Kemudian dikemas di wadah yang bisa kedap udara, diamkan selama kurang lebih dua hari. Baceman bawang ini, bukan bawang putih yang di bacem.
Tapi bawang putih mentah yang sudah di fermentasi. Jadi Baceman bawang ini semacam bumbu dasar untuk tumisan. Baceman Bawang ini, semakin lama di simpan, malah akan semakin kuat rasanya. Bisa di gunakan untuk aneka macam masakan mie goreng, nasi goreng, tumisan dan masakan lain.
Aromanya yang semerbak membuat perut lapar sewaktu lagi menumis bumbu.  Aromanya yang khas ketika baceman bawang ini di panaskan,kemudian rasa nagi gorengnya akan menambah lezat dalam masakan.
Bawang putih ini juga banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Sebelumnya kita sudah pernah membahas cara membuat sayur bayam jagung yang mudah dibuat dan lezat. Sekarang kita akan membahas manfaat dari bawang putih. Simak artikel berikut ini !

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

1. Sumber Antibiotik Alami

Ketika bawang putih yang masih segar sudah dihancurkan dengan cara dicincang maupun ditumbuk, akan keluar zat aktif yang berupa dengan sulfur atau dengan belerang. Zat ini banyak yang meyakininya mampu mengambil peran sebagai antibiotik alami yang sangat efektif bagi tubuh.

Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa bawang putih itu baik bagi kekebalan tubuh karena mengandung antijamur dan juga antibakteri. Kandungan zat gizi yang terdapat dalam bawang putih ini dilaporkan mampu melawan beberapa masalah dalam hal kesehatan .

2. Meredakan Flu dan Batuk

Bawang putih biasanya menimbulkan bau dan juga rasa yang khas. Kandungan sulfur yang ada dalam bawang putih sangat terbukti bisa mempercepat dan meningkatkan kegiatan membrane mucous pada saluran pernapasan kita.

Efek yang diberikan biasanya yaitu dapat melegakan pemampatan dan juga membantu mengeluarkan lendir. Bawang putih juga diketahui dapat membantu mematikan virus dan bakteri penyebab penyakit. Apalagi bawang putih yang ditumbuk,dapat membunuh pada virus.

3. Obat Awet Muda

Ada penelitian yang mendapati bawang putih dapat menghambat pada kemerosotan otak dan juga sistem kekebalan tubuh. Penelitian ini awalnya dilakukan pada hewan juga membuktikan bahwa bawang putih bisa membantu menghambat proses penuaan.

4. Obat Antikanker

Banyak orang yang bilang bahwa mengonsumsi bawang putih secara teratur dan rutin diyakini bisa mencegah penyakit kanker. Hal itu merujuk pada hasil penelitian yang dilakukan oleh seseorang. Para peneliti ada yang menemukan bahwa kimia  SAMC dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu juga zat organosulfida dalam bawang putih dapat membantu hati memproses senyawa kimia yang beracun, termasuk penyebab penyakit kanker, terutama kanker usus besar dan perut.

5. Antistres

Ada penelitian yang menemukan bahwa bawang putih ternyata mampu dalam membantu melepaskan serotin atau zat yang bisa mengendalikan rasa murung,cemas,agresif, hingga stres. Terdapat kadar serotonin yang dilepaskan bawang putih bahkan tergolong cukup lumayan tinggi.

sehingga banyak yang memakainya sebagai penenang karena memberikan efek yang menentramkan.

6. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Bawang putih juga ada yang menyebutkan bahwa mengandung zat antikolesterol bernama ajoene yang bisa mencegah penggumpalan darah.

Cara Membuat Baceman Bawang Putih

Resep Baceman Bawang Putih untuk Nasi Goreng

Bahan-bahan :

  • 100 gram Bawang Putih (20-25 siung) dikupas menggunakan mesin pengupas bawang
  • 1 buah Kemiri

Cara Membuat Baceman Bawang Putih untuk Nasi Goreng :

  1. Mengupas dan mencuci bawang putih, Kemudian tiriskan sampai semua bawang putih kering. Jika perlu dibalut pake tissue dan biarkan seharian sampai benar-benar kering. Jangan sampai ada satu air  tetespun.

  2. Menghaluskan kemiri, kemudian tumbuk kasar bawang putihnya.

  3. Masukkan ke dalam toples kaca.

  4. Menambahkan minyak goreng sampai bisa menutup seluruh permukaan bawang putih.

  5. Tutup rapat pada toples yang kedap udara. Kemudian biarkan sampai berfermentasi sendiri.

  6. Tunggu sampai kurang lebih minimal 24 jam dan siap untuk digunakan  untuk masakan nasi goreng, bakmi jawa, hingga sambal goreng dan berbagai macam tumisan yang lain.

  7. Bisa disimpan hingga dalam jangka waktu sebulan, asal rapat dan juga kedap udara. Makin lama berfermentasi malah semakin enak, walaupun begitu ada baiknya jika membuat baceman bawang yang tidak terlalu banyak (kira2 1-2 minggu habis), agar tetap selalu fresh.

    Dalam seminggu sebaiknya tetap di suhu ruang yang rendah, selebihnya baru bisa di masukkan ke dalam kulkas. Sebaiknya beri sendok khusus didalamnya agar tidak terkontaminasi dengan tetesan air dan bahan lainnya jika pakai sendok yang lain.