Manfaat Dan Kegunaan Gelang Dari Tali Yang Klasik Dan Keren

Assalamualaikum temen temen, kembali lagi disini. Jadi, kali ini kita akan membahas mengenai Manfaat Dan Kegunaan Gelang Dari Tali terutama tali paracord. Untuk lebih lanjut dan lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut ini dengan seksama dan jangan sampai ada yang tertinggal ya.

Definisi Gelang Dari Tali Paracord

Para pendaki atau biasa disebut pendaki gunung kerap menggunakan aksesoris luar ruangan sebagai gaya hidup. Salah satunya gelang yang terbuat dari tali atau tali yang dianyam sedemikian rupa sehingga bentuk dan kombinasi motif warnanya sangat menarik. Namun terkadang kita tidak mengetahui fungsi dan kegunaan dari gelang yang kita pakai.

Paracord berasal dari istilah tali parasut, yang awalnya wajib dan sering digunakan oleh tentara AS selama Perang Dunia II. Tali ini juga digunakan sebagai tali parasut pada masa perang saat itu. Tali miliknya ini juga berguna untuk kebutuhan survival selama digunakan di medan / perang.

Manfaat Dan Kegunaan Gelang Dari Tali Paracord

Anyaman paracord memiliki kelebihan, tidak hanya sangat kuat, tetapi juga elastis dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang membutuhkan tali-temali, misalnya untuk mengikat tenda, memasang sling dan perangkap, tali sepatu, dan sling senjata. Bahkan untaian bagian dalam tali dapat dipecah menjadi 7 untai inti.

Dalam keadaan darurat, 7 inti tali ini bisa dipecah lagi menjadi tali kecil yang halus dan bisa kita gunakan untuk memancing. Tentara AS biasanya membuat tali paracord menjadi gelang survival, atau dengan nama lain gelang survival paracord.

Gelang ini dapat digantung sepanjang 2 hingga 5 meter tergantung pada jenis anyaman dan pergelangan tangan yang dikenakannya. Dan bila kita benar-benar paham fungsinya, tali ini benar-benar bisa digunakan untuk keadaan darurat bahkan untuk bertahan hidup saat kita membutuhkannya.

Kegunaan Tali Paracord

1. Untuk mengikat tenda
2. Sebagai tali sepatu
3. Ikat bagasi di tas carrier atau daypack
4. Sebagai sabuk
5. Pasang perangkap berburu
6. Ikat tangkapan / permainan
7. Menghentikan aliran darah jika terjadi cedera

Selain itu tali ini juga bisa dijadikan aksesoris yang menarik pada saat kita menggunakannya, khususnya bagi pecinta aktivitas luar ruangan. Kita bisa menggunakan paracord untuk membuat aksesoris yang dianyam tadi. Dengan menggunakan tali dari Paracord ini akan membuat kita lebih percaya diri dan terlihat lebih menarik, serta tidak membosankan.

Fungsi Tali Paracord Sebagai Aksesoris

1. gelang
2. kalung
3. Gantungan kunci
4. Perhatikan gelangnya
5. Layard
6. Bungkus gagang pisau atau botol air agar tidak licin atau panas

Selain itu, jenis tali juga banyak. Ada yang dibuat dengan dipintal ada juga yang tidak. Contoh tali yang dipintal adalah tali sabut kelapa, yaitu dibuat dengan bantuan mesin pemintal tali sabut kelapa. Fungsi dan manfaat antara tali satu dengan tali yang lain juga berbeda beda.

Kerajinan bukan hanya dari satu jenis tali. Ada kerajinan dari tali rafia, kerajinan dari tali kur, kerajinan dari sedotan, atau dari barang bekas lainnya. Semua tergantung dengan kreativitas setiap perorangan.

Jika jiwa kreativitas kita tinggi, maka sekecil apapun barangnya pasti akan menghasilkan sebuah karya. Tentunya karya yang dihasilkan akan memiliki nilai estetika dan ekonomi yang cukup tinggi saat karya tersebut dijadikan sebuah bisnis. Kita harus selalu produktif menghasilkan sebuah karya karya baru, agar lebih bermanfaat.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Dan Kegunaan Gelang Dari Tali Paracord. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih