Cara Membuat Keripik Tempe Renyah

Pada kesempatan saya kali ini, saya akan membagikan resep cara membuat keripik tempe renyah. Tapi, sebelum masuk ke topik pembahasannya apakah kalian tahu apa itu tempe?Simak sedikit penjelasannya dibawah ini.

Definisi Tempe

cara membuat keripik tempe renyah

Tempe adalah makanan tradisional yang umumnya dihasilkan dari fermentasi biji kedelai atau beberapa bahan lainnya. Fermentasi tempe biasanya menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rhizopus oryzae, Rhizopus stolonifer dan beberapa jenis kapang lainnya.

Pada proses pembuatan tempe, jamur rhizopus oryzae ternyata memiliki peranan yang sangat penting. Jamur inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal terjadinya fermentasi pada kacang kedelai. Proses pembuatan tempe tidak sesulit yang orang-orang pikirkan.

Proses pembuatan keripik tempe berbeda dengan cara buat kerupuk tempe.

Setelah kalian tahu definisi dari tempe berikut ini cara membuaat keripik tempe renyah.

Cara Membuat Keripik Tempe Renyah

cara membuat keripik tempe renyah

 

Bahan-Bahan :

  • Tempe 600gr, iris tipis
  • Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bahan Untuk Pelapis :

  • Tepung maizena 40gr
  • Tepung beras 200gr
  • Daun jeruk 6 lembar diiris halus
  • Air es secukupnya

Bumbu Halus :

  • Bawang putih 4 siung
  • Ketumbar bubuk 2 sdt
  • Kaldu ayam bubuk 1/2 sdt
  • Garam 1/2 sdt
  • Merica bubuk 1/4 sdt

Cara Membuat Keripik Tempe Renyah :

  1. Buat lebih dahulu bahan pelapis tempe dengan cara campur rata tepung beras, maizena, daun jeruk, dan bumbu halus.
  2. Tuangkan air sedikit-sedikit sambil diaduk sampai adonan menjadi rata.
  3. Celupkan tempe yang sudah diiris satu per satu ke dalam campuran tepung beras.
  4. Siapkan wajan dan panaskan minyak terlebih dahulu. Goreng tempe di dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan renyah.
  5. Keripik tempen sudah siap di sajikan.

Baca Juga : Cara Membuat Sempol Tahu Tanpa Ayam 

Setelah kalian tahu resep cara membuat keripik tempe, berikut ini macam-macam keripik.

Macam-Macam Keripik

Cara membuat keripik tempe renyah

1. Keripik Gethuk

Gethuk biasanya dikenal sebagai jajanan tradisional yang sudah populer hingga saat ini. Bentuk dan tampilan makanan ini dari tahun ke tahun selalu saja dimodifikasi. Ini supaya tetap menarik para konsumennya. Apa pun bentuknya, rasa gethuk tetap enak dan tidak terlupakan.

Salah satu olahan gethuk yang enak adalah keripik gethuk. Teksturnya jauh lebih lunak dari keripik singkong. Namun rasanya juga lebih enak dan pastinya jauh lebih bikin nagih.

2. Keripik Belut

Umumnya belut dijadikan sebagai lauk untuk dimakan, tapi di Jogja, bahan makanan satu ini disulap menjadi keripik yang nikmat. Keripik belut ini sangat cocok untuk pencinta masakan belut.

Teksturnya yang gurih, sangat cocok jadi cemilan saat lapar . Makanan satu ini bisa dimakan secara langsung, bisa jadi teman nasi atau dicocol dengan sambal juga enak banget.

4. Keripik Buah

Selanjutnya adalah keripik khas dengan bahan baku dari buah-buahan yang berasal dari Malang. Sudah banyak jenis buah yang dimanfaatkan untuk membuat keripik ini. Contohnya yaitu salak, apel, buah naga, stroberi, nangka dan lain-lain.

Rasa dari keripik buah ini berbeda-beda tergantung dari jenis buah yang digunakanya. Keripik buah yang paling banyak difavoritkan adalah yang berbahan dasar dari buah apel.

5. Keripik Pisang

Banyak sekali jenis keripik yang ada berbagai penjuru Indonesia salah satunya keripik pisang ini. Perbedaan keripik ini dengan keripik yang lain adalah saat proses pembuatannya dengan cara dioven, sehingga keripik pisang ini lebih tahan lama serta memiliki banyak varian rasa. Adapun pilihan rasanya yaitu keju, susu, cokelat, dan rasa asin lainnya.

Demikian artikel yang saya buat kali ini, jika ada kesalahan kata saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.