Cara Membuat Sempol Tahu Tanpa Ayam

Haloo guys… Di artikel kali ini saya akan membagikan sebuah resep dan cara membuat sempol tahu tanpa ayam yang dapat kalian buat sendiri dirumah. Berikut info selengkapnya.

 

Sempol

cara membuat sempol tahu tanpa ayam

Sempol merupakan sebuah jajanan yang berkhas dari daerah Pekalongan, Malang, Brebes, dan Kota Pati. Orang Pati menyebutnya Sempolan, asal kata Sempol yang artinya paha. Mereka menyebut jajanan ini sempol sempolan ayam dikarenakan bentuknya yang seperti ayam tetapi bahan pembuatannya rata – rata mengunakan tepung.

Warga Brebes dan Pekalongan biasanya menyebut jajanan ini sempolan, dengan bahan yang digunakan rata rata ikan, namun ada beberapa yang menggunakan ayam.

Arek MALANG menyebutnya lebih pendek dengan hanya menyebut kata SEMPOL, kata ini juga tampaknya merupakan adaptasi dari kata Sempol-sempolan ayam, meskipun kosakata ini tidak dikenal di Malang, orang Malang menyebut paha ayam sebagai PUPU ayam.

Meski ada sebagian yang berteori bahwa kata SEMPOL berasal dari nama daerah di Pagak, Malang. Namun, menurut RAJA SEMPOL, teori ini tidak benar karena tidak ada nama makanan yang berasal dari nama daerah, meski tidak bisa dipungkiri bahwa Malang dan Kota Batu membuat jajanan hits ini populer.

Namun, setiap daerah memiliki ciri khas dan cita rasa yang khas. RAJA SEMPOL dibuat dengan kreasi Bumbu Bakso Malang yang terkenal dengan jajanan tradisional yang gurih dan nikmat, yang dulu hanya disukai oleh anak sekolah dan balita, sekarang mengambil kelas dan sekarang populer, diburu dan disukai oleh pecinta kuliner dari berbagai kalangan.

Terbuat dari olahan tepung kanji dan ayam yang dicampur dengan bumbu yang sempurna, yang kemudian digoreng dengan telur untuk rasa hangat yang khas, renyah namun kenyal di dalam. Disajikan dengan sambal atau sambal kecap, menambah cita rasa yang disukai kebanyakan orang Indonesia.

 

Cara Membuat Sempol Tahu Tanpa Ayam

Nah disini saya akan membagikan cara membuat sempol tahu tanpa ayam kepada kalian. Berikut resep dan cara pembuatannya.

Bahan :

  1. Siapkan 3 of tahu putih.
  2. Anda perlu 2 of bawang putih.
  3. Persiapkan secukupnya of merica bubuk.
  4. Anda perlu secukupnya of garam.
  5. Persiapkan secukupnya of royco.
  6. Siapkan of tepung terigu.
  7. Anda perlu of tepung tapioka.
  8. Persiapkan of daun bawang.
  9. Persiapkan 1 of telur.

Cara Pembuatannya :

  1. Hancurkan tahu pakai garpu. lalu potong daun bawang. ulek bawang putih..
  2. Jika tahu sudah hancur tambahkan daun bawang dan bawang yang telah di ulek tadi, jangan lupa tambahkan juga royco, garam, tepung terigu, dan tepung tapioka. Aduk hingga rata.
  3. Masukan telur kemudian aduk hingga rata dan adonan dapat dibentuk.
  4. Bentuk lonjong atau bisa jua ditusuk sate. sajikan sampai kekuningan.

 

Makan Ayam Secara Rutin Sehatkah?

Ayam Mentah

Mengingat makan ayam saja menawarkan berbagai manfaat kesehatan, apakah sehat makan ayam setiap hari? Jawabannya tergantung padanya. Itu tergantung pada jenis ayam, cara memasaknya dan bagian apa yang Anda makan.

Ayam adalah sumber makanan yang baik selama Anda mengingat ketiga faktor ini. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis ayam. Ayam domestik cenderung menyuntikkan hormon dan antibiotik agar mereka tetap sehat dan tumbuh secara artifisial. Sayangnya, terlalu banyak makan ayam yang disuntik hormon bisa mempengaruhi kesehatan reproduksi. Penyebabnya, hormon yang disuntikkan berupa steroid, estrogen, progesteron, dan testosteron seringkali tidak sesuai aturan. Terlalu banyak konsumsi dapat mengganggu hormon alami tubuh dan meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Sedangkan ayam kampung cenderung dilepasliarkan tanpa disuntik. Namun, tidak seperti ayam kampung yang diberi makan dengan jelas, ayam kampung bisa makan apa saja yang ditemukan di jalan. Sehingga hal ini bisa menjadi ancaman bagi kesehatan Anda. Sebaiknya makan ayam organik dan ayam probiotik karena jenis pakan dan habitatnya dirawat dengan baik sehingga kedua ayam ini lebih sehat.

Dada ayam

Selain jenis ayam, cara mengolahnya juga harus diperhatikan. Ayam yang dimasak dengan cara digoreng dan dimakan setiap hari tentu tidak baik untuk tubuh. Ini meningkatkan kadar lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh, yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Lebih aman dikonsumsi dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng.

Lagi pula, porsi ayam yang Anda makan menentukan sehat tidaknya makan ayam setiap hari. Dada ayam adalah bagian yang sehat asalkan Anda tidak memakan kulit dan bagian lemaknya. Sisihkan kulitnya jika ayam adalah makanan wajib harian Anda karena bagian ini tinggi lemak.

Namun, yang terbaik adalah memvariasikan lauk dengan hidangan lainnya. Jangan makan makanan yang sama setiap hari. Pasalnya, dengan mengonsumsi makanan yang sama setiap hari, tubuh mendapatkan nutrisi yang sama. Sedangkan tubuh membutuhkan nutrisi yang berbeda dengan ayam agar dapat berfungsi dengan baik, seperti ikan yang kaya akan omega-3 dan vitamin B12.

Ingatlah bahwa apa pun yang berlebihan itu sehat tetapi tidak baik. Jadi makanlah ayam secukupnya, tidak setiap hari.

 

Itulah artikel pada kali ini. Jika kalian ingin membaca artikel yang mirip dapat membaca artikel cara membuat sempol ini. Atau baca artikel lainnya yang bermanfaat di website ini.