Cara Tepat Membersihkan Karpet Bulu Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Tepat Membersihkan Karpet Bulu by Grades: Anda punya karpet bulu di rumah? Penggunaan karpet bulu saat ini memang menjadi favorit. Dengan kesannya yang chic dan mewah pada interior ruangan.

Namun sayangnya, banyak yang tidak tahu cara merawatnya. Bahkan tak sedikit yang membersihkannya dengan asal-asalan. Alhasil, karpet pun cepat rusak dan bulu mudah rontok. Nah, bagaimana dengan Anda?

baca juga: jasa cuci karpet tangerang

Cara Membersihkan Karpet Bulu

Karpet bulu terbuat dari material yang tidak biasa. Karenanya, cara membersihkannya pun agak berbeda. Anda bisa mengetahuinya dengan perhatikan berikut ini:

  • Kibas-Kibas Hingga Debu Hilang

Untuk perawatan karpet bulu sehari-hari. Anda bisa membersihkannya dengan hanya mengibas-ngibaskannya. Ingat, kibaskan karpet di luar ruangan, jangan di dalam rumah. Agar debu dan kotoran tidak jatuh ke benda lain.

Jika debu masih tetap menempel dan susah hilang. Anda bisa juga gunakan sikat lembut. Untuk menyingkirkan debu di bagian yang sulit dibersihkan.

Selain mengibas-ngibas karpet. Anda juga bisa menjemurnya. Setidaknya sekali dalam seminggu. Di tempat yang kering dan tidak terkena udara kotor. Untuk mencegah karpet lembap dan berbau apek.

baca juga : cuci karpet tangerang selatan

  • Gunakan Vacuum Cleaner

Jika karpet dirasa benar-benar kotor. Anda bisa gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotorannya. Pada dua bagian sisi karpet, atas dan bawah.

Caranya, lapisi lebih dulu sisi atas atau bagian yang berbulu. Dengan kain tipis atau kain berserat renggang. Baru kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner. Ini bertujuan agar bulu karpet tetap lembut dan tidak rusak.

  • Gunakan Campuran Deterjen, Cuka dan Air

Jika karpet bulu terkena tumpahan noda. Seperti minuman, kuah makanan atau saus. Coba gunakan campuran deterjen, cuka dan air untuk membersihkannya. Kombinasikan ketiga bahan ini lalu gunakan pada karpet.

Caranya, tuangkan cairan lalu gosok-gosok perlahan. Bisa menggunakan sikat halus atau dengan tangan sampai noda hilang.

  • Bersihkan dengan Bedak Bayi

Cara menggunakan bedak bayi sangat mudah. Cukup taburkan pada permukaan karpet. Lalu usap-usap dengan tangan hingga merata. Diamkan selama sekitar 12 jam. Kemudian bersihkan dengan vacuum cleaner. Karpet bulu Anda pun akan menjadi bersih, lembut dan wangi.

Yang Penting Diperhatikan Merawat Karpet Bulu

Selain cara membersihkan karpet bulu di atas. Beberapa hal berikut juga penting diperhatikan untuk perawatannya:

  • Jangan Disapu

Untuk karpet bulu, sebaiknya jangan disapu. Hindari membersihkan karpet bulu dengan sapu ijuk. Sebab sapu ijuk yang kasar dapat merusak karpet. Bulu-bulu di permukaan karpet pun akan dapat mudah terlepas.

Akan lebih baik gunakan saja kain atau sikat lembut. Atau alat penghisap debu untuk membersihkan kotoran di permukaan karpet.

  • Bersihkan Secara Rutin

Hal yang paling penting ialah bersihkan karpet secara rutin. Setidaknya minimal satu kali dalam seminggu. Terutama jika di rumah Anda ada hewan peliharaan. Hal ini agar debu dan kotoran tidak menumpuk di karpet.

Apabila karpet terkena tumpahan atau noda. Langsung bersihkan noda tersebut sampai hilang. Karena biasanya noda yang masih baru, lebih mudah dibersihkan. Dibanding noda lama yang sudah kering dan mengendap.

Membersihkan karpet bulu memang tidak boleh sembarangan. Salah-salah justru bisa merusak karpet. Karena itulah, hati-hati saat membersihkannya.