Harga Pemasangan Paving Block Per M2 di Indonesia

Masyarakat lebih mengenal paving block sebagai conblock atau konblok. Proses pembuatan paving block pada umumnya dilakukan melalui sistem fabrikasi yang dicetak secara massal dengan menggunakan suatu mesin yang telah didesain khusus sesuai kebutuhan. Untuk itu, perlu dilakukan check dan re-check sebelum melakukan pembelian paving block, sebab supplier atau perusahaan pembuat paving block memiliki produk dengan karakteristik mutu dan kekuatan paving block yang beraneka-ragam. Apalagi jika anda telah membeli paving block dan hendak memasangnya, anda harus benar-benar teliti dalam mencari patokan harga pemasangan paving block per m2 agar sesuai dengan budget dan kebutuhan anda. Paving block sendiri terdiri dari beberapa jenis, salah satu jenis yang sering dipilih oleh orang – orang adalah paving block texture.

Faktor Yang Mempengaruhi Harga Pemasangan Paving Block Per M2 

pemasangan paving block

Beton pra cetak atau beton pre cast seperti paving block pada dasarnya digunakan untuk perataan tanah dan sebagai material konstruksi yang berfungsi untuk memperkeras suatu area seperti perumahan, jalanan, area parkir, hingga suatu area perindustrian. Oleh karena itu pemasangan paving block sangat erat kaitannya dengan kualitas serta fasilitas apa saja yang disediakan oleh perusahaan penyedia jasa pemasangan paving block tersebut. Berikut adalah beberapa faktor yang biasanya menjadi tolak ukur harga pemasangan paving block per m2:

  1. Jika anda menginginkan beton dengan kualitas dan mutu yang terjamin, maka anda harus mengeluarkan biaya yang lebih besar. Sebab, kualitas berbanding lurus dengan harga.
  2. Jarak tempat penyedia jasa dengan area wilayah yang hendak dipasangi paving block. Semakin jauh, maka semakin mahal ongkos jalannya.
  3. Paving block bisa dikatakan menggunakan sistem grosir, sebab semakin banyak pembelian yang dilakukan, dalam hal ini semakin besar luas area yang akan dipasangi paving block, maka kemungkinan mendapatkan potongan harga menjadi semakin tinggi.

Daftar rincian spesifikasi dan harga pemasangan paving block per m2

Bagi anda yang tertarik untuk melakukan pemasangan paving block, berikut kami sajikan beberapa paket yang bisa anda pertimbangkan untuk merealisasikan rencana pemasangan paving block anda.

1. Paket PAVBLOCK A

Di dalam paket ini telah tersedia material paving block kualitas K300 jenis Press Hydraulic dengan ketebalan sebesar 6 cm. Biaya yang dibutuhkan untuk membayar paket ini adalah sebesar Rp. 130.000/ m2, sedangkan fasilitas yang diperoleh berupa:

-Pengondisian wilayah pemasangan paving block

-Leveling tanah untuk mempermudah pemasangan

-Peggelaran abu batu 

-Proses inti yaitu pemasangan paving blocl

-Proses akhir berupa pemadatan menggunakan stampler kodok

-Harga sudah termasuk pembayaran tenaga kerja pemasangan

2. Paket PAVBLOCK B

Paket ini menawarkan pemasangan paving block yang sudah termasuk didalamnya model paving block press hydraulic K300 dengan ketebalan sebesar 8 cm. Biaya yang perlu anda anggarkan adalah sebesar Rp. 150.000/ m2, sedangkan fasilitas yang anda peroleh adalah sebagai berikut:

-Leveling pada lahan yang hendak dipasangi paving block

-Penggelaran abu bata setebal 5 cm

-Pemasangan paving block sesuai paket yang tertulis

-Finishing berupa pemadatan menggunakan stamper kodok

-Harga paket sudah termasuk di dalamnya pembayaran alat dan tenaga kerja

Perlu diingat bahwa paket ini mewajibkan pemakai jasa dengan kondisi lahan wilayah pemasangan yang sudah siap pasang. 

3. Paket PAVBLOCK C

Paket yang terakhir merupakan paket jasa pemasangan yang tidak menyediakan material paving block, dengan kata lain hanya untuk membayar tenaga kerjanya saja. Biaya yang perlu dikeluarkan sebesar Rp. 25.500/m2. Fasilitas yang diperoleh berupa leveling lahan, penggelaran abu batu, serta  pemadatan menggunakan stamper kodok. 

Demikian beberapa harga pemasangan paving block per m2 yang kami rekomendasikan, semoga bermanfaat untuk anda.