Ilmu Agama Harus Sesuai dengan Al Quran dan Sunnah

Pernahkah kita melihat suatu ibadah yang dilakukan oleh orang islam tapi sebenarnya jauh dari ajaran islam atau dengan kata lain tidak ada tuntunannya di dalam ajaran islam atau lebih jauh lagi tidak ada dalil yang memerintahkan ibadah tersebut dan tidak ada ulama terdahulu yang melakukan amal ibadah tersebut. Inilah amalan ibadah yang dinamakan dengan bid’ah yaitu ibadah yang mengada-ada.

Amalan seperti ini jelas akan tertolak dan tidak akan mendapatkan pahala dari ALLAH subhanahuwataala, bahkan pelakunya akan mendapatkan dosa karena mengamalkan ibadah ini, lihat bagaimana mungkin suatu amalan yang oleh pelakunya di anggap sebagai ibadah tapi yang sebenarnya itu adalah perbuatan maksiat dan dosa, betapa meruginya orang yang mengamalkan ibadah tersebut.

Ilmu Agama Wajib Berdasar dari Al Quran dan As Sunnah

ilmu agama sesuai al quran dan sunnah

Itulah pentingnya kita untuk belajar menuntut agama sesuai dengan Al Quran dan As Sunnah atau hadits, agar kita tidak terjerumus kepada amalan bid’ah dan menyimpang, tapi mereka yang mengamalkan ibadah tersebut juga berdalil dengan Al Quran dan As Sunnah, tapi kenapa dikatakan bid’ah dan menyimpang.

Harus Dengan Pemahaman Yang Benar

karena mereka memahami Al Quran dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman diri mereka sendiri dan sesuai dengan hawa nafsunya, padahal kita tidak cukup hanya berdalil dengan AL Quran dan As Sunnah saja, tapi kita juga harus mengikuti pemahaman para ulama terdahulu atau salaffus sholeh yaitu generasi sahabat, tabiin, dan tabiut tabiin dalam memahami Al Quran dan As Sunnah.

Contoh amalan bid’ah

Contoh amalan yang tidak ada contohnya dari para salafus sholih adalah amalan yang di lakukan oleh kaum syiah yaitu pada hari asyuro dengan melukai tubuh sendiri dalam rangka memperingati kematian Husain Radiallahu anhu. Mungkin kalau kita ambil contoh dari kaum syiah tidak relevan karena Syiah sebagaimana ulama sebutkan mereka adalah bukan islam, hanya kedok saja mengaku islam.

Contoh lainnya yang dilakukan oleh orang islam yang bukan golongan syiah adalah perayaan tahun baru islam, ini juga tidak ada dalil yang mendasarinya ini hanya ikut ikutan kaum nasrani dalam memperingati taun baru masehi, jika kita berniat ibadah dengan memperingati hari tahun baru islam, maka ibadah anda tertolak dan anda akan mendapatkan dosa.

Bagaimana Cara Mengetahui Ilmu Agama Sesuai Al Quran dan As Sunnah dan Pemahaman Salaf

Mengikuti kajian adalah jawaban dari pertanyaan diatas, cari guru atau ustadz yang dalam ceramahnya selalu menyertakan dalil dan pernyataan dari ulama salaf, di indonesia kajian sunnah sudah banyak menjamur di masjid-masjid, kita bisa datang dan mengikuti kajian tersebut untuk mendapatkan ilmu agama yang benar.

Kunjungi website islam yang terpercaya, beberapa contoh website islam yang terpercaya adalah penaungu.com, firanda.com, konsultasisyariah.com, rumaysho.com, yufid,com dan masih banyak lagi website-website islami yang isi artikelnya tidak menyimpang, silahkan anda baca website tersebut dan ambil ilmunya, insya ALLAH berkah dan bisa di amalkan.