Mau Ikut Kelas Digital Marketing? Pastikan Dulu Checklist ini!

Mengikuti kelas digital marketing bisa jadi keputusan terbaik jika kamu ingin benar-benar mendalaminya.

Di sini, kamu bisa memperoleh kesempatan untuk belajar dalam lingkungan kondusif bersama dengan peserta didik lain yang juga punya motivasi serupa. Selain itu, kamu pun akan mendapatkan akses langsung ke para mentor yang memang sudah ahli di bidangnya.

kelas digital marketing

kelas digital marketing

Mengikuti Kelas Digital Marketing

Tak perlu ragu, kelas-kelas digital marketing ini tersedia dalam format offline maupun online. Namun, sebelum mendaftar, ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa faktor berikut supaya output-nya lebih optimal.

Sesuaikan dengan kebutuhanmu

Sebelum mulai mencari kursus digital marketing, ada baiknya kamu bikin dulu list “kenapa aku butuh kelas ini”.

Selain untuk memetakan aspek apa saja yang ingin dikuasai, list ini juga akan menghindarkanmu dari pemborosan waktu dan biaya yang dikeluarkan.

Kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan dasar seperti:

  • Ngapain sih aku ambil kelas digital marketing?
  • Belajar digital marketing ini sebenarnya untuk meningkatkan keterampilanku atau buat berkarier di bidang ini?
  • Pilih yang mana ya? Belajar dari modul lengkap atau pilih spesialisasi materi tertentu?

Nah, setelah sudah lebih jelas, kamu bisa lanjutkan untuk membuat prioritas. Baik itu yang berhubungan dengan jadwal maupun anggaran. Sesuaikan dengan kesibukan harian dan ketersediaan budget.

Terkait dengan biaya yang harus dikeluarkan, jika kamu benar-benar ingin belajar digital marketing, gunakan mindset bahwa uang yang dihabiskan merupakan investasi jangka panjang. Jangan pikirkan bahwa itu hanya akan terbuang sia-sia karena malah bisa bikin kepikiran terus-terusan.

Berikutnya, tentang penyesuaian jadwal, jangan paksakan plot waktu yang kemungkinan bertubrukan dengan kesibukan. Terutama kalau kamu memiliki pekerjaan profesional yang tidak bisa dikesampingkan.  

Oleh karena itu, kamu bisa mencari pilihan kelas yang menawarkan jenis kursus akhir pekan maupun kelas online yang umumnya bisa diatur sedemikian rupa. Kelas online juga cocok bagi kamu yang mungkin masih duduk di bangku sekolah maupun kuliah.

Siapa mentornya?

Digital marketing merupakan “payung besar” yang menaungi keterampilan yang lebih spesifik seperti: SEO, pemasaran media sosial, content marketing, pemasaran email, dan sebagainya.

Artinya apa? Masing-masing keterampilan tersebut bisa dikatakan cukup kompleks dan tentu saja membutuhkan pengalaman bertahun-tahun untuk sampai di tahap mahir. Terlebih dunia digital marketing terkenal karena kedinamisannya.

Dengan begitu, sebelum mendaftar di suatu kelas digital marketing, kamu harus riset dulu siapa yang akan mengampu materi-materinya.

Pastikan bahwa kamu nantinya memang akan memperoleh transfer ilmu dari para praktisi handal dan berkualitas. Hal ini tentu saja juga akan membuat “biaya” yang dikeluarkan menjadi terasa sebanding.

Adakah bimbingan karier setelah selesai kelas?

Spesialisasi menjadi bagian penting dari menjadi seorang pemasar digital. Mengapa? Sebab dengan menguasai keahlian spesifik, kamu bisa lebih mudah dan fokus dalam meniti karier ke depan.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk mencari kelas digital marketing yang juga menyediakan bimbingan karier.

Kelas jenis ini biasanya menyediakan mentor yang berdedikasi dan mereka dapat membantu dalam mengidentifikasi kelebihanmu. Dari situ, kamu pun akan semakin tercerahkan untuk memilih spesialisasi mana yang paling pas.

Pun kalau sudah memilih spesialisasi, mentor tersebut bisa semakin mempertajam keterampilan yang kamu punyai.

Sama halnya dengan poin “sesuaikan dengan kebutuhanmu”, di sini kamu juga sebaiknya membuat list untuk menjawab beberapa pertanyaan, misalnya:

  • Apakah kelas itu menyediakan mentor berkualitas?
  • Apakah kelas itu juga menawarkan bimbingan karier pribadi?
  • Apakah kelas itu akan membantuku membuat resume yang oke?
  • Apakah kelas itu menyediakan sesi pelatihan wawancara?
  • Apakah kelas itu akan membantu meningkatkan kemampuan komunikasiku?

Cukup lengkap kan daftar pertanyaannya? Kalau semuanya bisa dijawab dengan memuaskan, berarti memang kelasnya TOP dan layak kamu coba. Kelas Digital Marketing yang disediakan oleh Bitlabs termasuk yang mampu mengisi semua checklist di atas.

Pada akhirnya, setelah mendapatkan pelatihan di kelas digital marketing yang tepat, portofolio yang menarik, dan sertifikasi yang diakui industri, kamu nantinya berpotensi memperoleh pekerjaan sesuai dengan ekspektasi yang dibayangkan! Siapa sih yang nggak pengen begitu?