Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

Pastinya sudah bukan rahasia lagi jika tumbuhan dibedakan menjadi dua jenis yakni tumbuhan monokotil dan dikotil.

Apa perbedaan dari keduanya? Mari simak di bawah ini ya!

Perbedaan Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

  1. Pada Biji

Perbedaan antar monokotil dan dikotil bisa dilihat dari bijinya, ini adalah perbedaan yang paling mudah untuk dikenali dan dilihat oleh orang awam karena tumbuhan monokotil merupakan tumbuhan dengan 1 keping biji sementara tumbuhan dikotil memiliki 2 keping biji.

Hal ini dikarenakan tumbuhan monokotil tak akan pernah mengalami proses pembelahan pada saat berkecambah sedangkan tumbuhan dikotil mengalaminya sehingga akan membuat biji menjadi terbelah 2.

  1. Pada Akar

Perbedaan kedua yang paling mencolok di antaranya keduanya terdapat pada akar dengan bentuk akar serabut pada tumbuhan monokotil sedangkan pada tumbuhan dikotil memiliki akar tunggang yang bercabang dan juga kuat serta tidak memiliki tudung akar sementara tanaman monokotil memiliki akar yang mempunyai tudung akar.

  1. Pada Batang

Tumbuhan monokotil secara umum memiliki batang yang tidak bercabang dan tidak mempunyai kambiun dan akan terus meninggi hal ini berbeda pada batang tumbuhan dikotil yang memiliki cabang dan memiliki kambiun pada perbatasan antara jaringan xilem dan floem, perbedaan satu ini juga bisa dilihat dengan sangat jelas loh dan menjadi salah satu ciri ciri yang paling dikenali.

  1. Pada Daun

Perbedaan yang berikutnya bisa dilihat dari bentuk daun yang dimiliki oleh kedua jenis tumbuhan ini. Karena pada tumbuhan monokotil bentuk daunnya memanjang dengan tulang daun yang terlihat sejajar sedangkan pada tumbuhan dikotil bisa dilihat jika bentuk daunnya melebar dengan tulang daun yang menjari atau menyirip.

  1. Perbedaan Pada Bunga

Pada tumbuhan monokotil bisa dilihat jika bagian bunganya memiliki kelopak yang berjumlah 3 atau kelipatannya sementara jika dilihat bunga pada tumbuhan dikotil memiliki kelopak dengan jumlah 2, 4 atau 5 dan kelipatan – kelipatannya.

 

Nah, dari sudah tahu dong apa saja perbedaan dari keduanya, jika dilihat secara kasat mata memang tumbuhan monokotil dan dikotil memiliki perbedaan yang cukup mencolok ya, dan tentu bisa diamati dengan mudah. Sekarang jadi lebih tahu deh.