Jangan Bingung, Begini Cara Cek Resi JNE Terakurat

Pengecer online biasanya menggunakan layanan pengiriman untuk mengirimkan barang. Salah satu layanan ekspedisi paling terkenal di Indonesia adalah Nugraha Ekakurir Line atau JNE pada umumnya. Nah, pengiriman barang selalu disertai dengan bukti pengiriman, biasanya disebut sebagai tanda terima. Mari kita pahami cara memeriksa tanda terima JNE!

Sebelum Anda tahu cara memeriksa tanda terima JNE, Anda harus terlebih dahulu membiasakan diri dengan layanan yang disediakan oleh perusahaan pengiriman! Publik menilai JNE dapat dipercaya karena beberapa keuntungan. Salah satunya adalah tersedianya berbagai opsi paket sesuai kebutuhan, yaitu YES, Normal dan OKE.

Paket YES adalah kependekan dari Yakin Esok Sampai, paket yang menjanjikan pengiriman dalam sehari atau 24 jam. Paket ini sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan pengiriman cepat barang. Paket normal adalah paket yang paling sering digunakan. Waktu pengiriman yang menjanjikan antara 3-4 hari. Paket ini adalah yang paling populer dan digunakan untuk transaksi online.

Paket OKE adalah pilihan paket yang tidak mahal dengan tarif lebih murah, tetapi butuh waktu lebih lama, sekitar satu minggu. Biasanya paket ini digunakan untuk mengirim barang ke tujuan yang cukup jauh dengan biaya pengiriman yang mahal.

Baca Juga: Cek Resi JNE Terakurat

Jika Anda perlu mengirimkan barang secara massal, JNE juga menawarkan pilihan paket JNE Trucking dengan persyaratan minimum bahwa item tersebut memiliki berat 10 pound. Paket JNE Trucking relatif murah dan dikirim dalam 3-4 hari. Seperti telah disebutkan, bukti pengiriman, yang biasanya disebut sebagai tanda terima, selalu melekat pada pengiriman barang. Mungkin Anda memiliki atau menggunakan layanan pengiriman melalui JNE sendiri? Anda dapat memeriksa status pengiriman barang Anda menggunakan nomor dokumen di bawah kode batang.

Berikut adalah beberapa cara untuk meninjau tanda terima JNE:

1. Melalui situs web

Anda dapat mengunjungi situs web JNE resmi jne.co.id langsung dari browser Anda. Ada opsi lacak dan lacak pada halaman awal. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan nomor tanda terima pengiriman dan menunggu beberapa saat. Hasilnya nanti adalah deskripsi status pengiriman dengan lokasi dan tanggal.

2. Melalui aplikasi MyJNE

JNE meluncurkan aplikasi MyJNE untuk memudahkan pelanggan memeriksa status pengiriman. Dengan aplikasi ini, pelanggan tidak lagi harus membuka situs web untuk memeriksa barang. Cukup instal aplikasi MyJNE pada smartphone berbasis Android dan aplikasi ini instan dan mudah digunakan. Ada empat fungsi dalam aplikasi MyJNE: kiriman saya, tarif saya, lokasi saya, dan uang tunai pengiriman saya. Untuk dapat menggunakan fungsi-fungsi ini, Anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Setelah mendaftar, Anda akan menerima email konfirmasi. Setelah verifikasi, Anda dapat segera masuk dan menggunakan aplikasi MyJNE. Untuk memeriksa tanda terima, Anda dapat membuka menu Pengiriman saya. Masukkan nomor dokumen di kolom “Search Air Waybill”. Status pengiriman paket Anda akan diumumkan kemudian.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk memeriksa tanda terima JNE Anda dengan menandai barcode untuk tanda terima pengiriman dengan kamera. Pastikan ponsel cerdas Anda mendukung pemindaian barcode dan pastikan semua barcode diidentifikasi oleh kotak merah di layar. Status pengiriman Anda kemudian akan ditampilkan seolah-olah Anda telah memasukkan nomor dokumen. Dengan aplikasi MyJNE, Anda juga dapat memeriksa biaya pengiriman di menu Tarif saya. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kota asal dan kota tujuan Anda serta bobot elemen dalam kolom yang disediakan.

3. Tanyakan langsung ke kantor JNE

Jika Anda tidak dapat menggunakan situs web atau aplikasi karena, misalnya, tidak ada koneksi internet yang tersedia, Anda dapat memeriksa tanda terima JNE dengan menanyakan langsung ke kantor JNE terdekat. Petugas meminta nomor dokumen pengiriman dan memberi tahu Anda tentang status pengiriman Anda.