Jenis Tali Untuk Membuat Gelang Cocok Dengan Fashion Kita

Assalamualaikum temen temen, kembali lagi disini. Jadi kali ini kita akan membahas mengenai Jenis Tali Untuk Membuat Gelang. Kita tahu gelang dapat menambah gaya fashion kita lebih terlihat menarik. Untuk lebih lanjut dan jelasnya, Yuk simak penjelasan berikut ini dengan seksama, jangan sampai ada yang terlewat ya.

Definisi Gelang Tali

Definisi Gelang Tali

Gelang yang biasanya identik dengan aksesoris wanita kini juga dikenakan oleh para pria. Agar tidak terlihat seperti gelang wanita, gelang juga hadir dengan berbagai model dan bahan seperti logam, tali, kain, benang, atau kulit.

Selain itu juga ditambahkan gelang dengan variasi yang menarik, mulai dari manik-manik kecil hingga besar, manik-manik kayu, bambu atau biji-bijian. Bahkan ada variasi pola simpul untuk membuat gelang Anda semakin menarik.

Gelang tali adalah contoh gelang yang sedang naik daun. Bukan hanya karena dapat digunakan oleh pria atau wanita, tetapi juga karena bentuknya yang sederhana, penampilan yang stylish, dan dalam berbagai macam situasi.

Jenis Tali Untuk Membuat Gelang

Jenis Tali Untuk Membuat Gelang

Awalnya, gelang memiliki arti yang berbeda bagi masyarakat Amerika Latin. Mereka percaya bahwa gelang dapat melindungi bayi dari gangguan setan. Tak hanya itu, penduduk di Eropa dan Asia percaya bahwa gelang bisa menjauhkan seseorang dari kesialan dan membawa keberuntungan.

Keyakinan lain orang Mesir di mana mereka menggunakan gelang untuk menunjukkan status dan kelas sosial pemakainya. Namun terlepas dari semua kepercayaan tentang gelang, gelang saat ini banyak digunakan untuk menunjang fashion, seperti: gelang tali, yang sekarang banyak digunakan oleh banyak orang.

Sebenarnya mudah untuk membuat gelang. Dengan sedikit kreativitas, Anda juga bisa melakukannya sendiri. Bahkan jika Anda membuatnya sendiri, Anda dapat membuat bentuk gelang apa pun yang Anda inginkan.

Senar Elastis

Jika Anda ingin membuat gelang tali dari tali elastis, pastikan Anda mengetahui ketebalan tali yang Anda butuhkan. Karena senar memiliki ketebalan yang berbeda, semakin tebal senar tersebut, semakin kuat senar tersebut. Tali elastis ini bisa kamu buat dengan berbagai jenis hiasan seperti batu atau mutiara, lho.

Anda bisa membeli tali elastis ini dengan harga yang terjangkau. Ada banyak ukuran diameter 0.5mm, 0.6mm, 0.7mm, 0.8mm atau 1.0mm. Warna yang tersedia adalah putih.

Benang Sulam

Benang sulam biasanya digunakan untuk membuat kreasi seperti taplak meja, sarung, atau penutup teko. Namun, Anda bisa menggunakan berbagai jenis benang bordir yang beredar di pasaran untuk membuat tali. Misalnya sulaman benang lokal, sulaman mawar, sulaman bulan biru, sulaman DMC, dan sulaman jangkar.

Dari berbagai jenis yang ada di luar sana, Anda dapat menggunakan sulam DMC dimana benang ini memiliki kualitas terbaik dibandingkan merk lain. Karakter dari benang ini adalah tidak mudah rusak dan tidak mudah rapuh. Sehingga sangat cocok jika anda memakainya sebagai produsen gelang tali.

Tali Prusik

Jika anda memiliki hobi memanjat maka anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis tali prusik. Tali yang biasanya digunakan sebagai alat pengaman untuk memanjat atau sebagai penyambung antar karabiner juga bisa digunakan sebagai pembuat gelang. Dengan motifnya yang tidak salah lagi, tali Prusik sangat cocok untuk aksesoris seperti gelang, kalung dan masih banyak lagi.

Tali Satin

Ada banyak jenis kreasi yang bisa Anda buat dengan pita satin seperti cincin, anting, gelang, kalung, dan ikat kepala. Pasalnya, tali jenis ini memiliki permukaan yang lebih mengkilat dan lebih licin. Dengan proses pembuatan yang dilakukan dengan cara menenun dengan serat sintetik seperti polyester. Agar bisa membuat berbagai jenis kreasi dengan tali satin, Anda perlu menguasai beberapa teknik rigging untuk mendapatkan hasil yang cantik.

Tali Suede

Pita suede memiliki ciri bentuk datar dengan tekstur seperti suede. Namun, tali yang biasa digunakan untuk membuat aksesoris tersebut bukan berasal dari hewan asli, melainkan menggunakan bahan kulit sintetis. Karena kulit sintetis biasanya tebal dan biasa digunakan untuk membuat kalung atau gelang.

Selain itu, macam macam tali sangat banyak tergantung dengan material pembuatnya. Kegunaan pada setiap tali itu berbeda antar tali satu dengan tali lainnya. Tali ada yang dibuat dengan mesin ada juga yang tidak. Contoh mesinnya adalah, mesin pemintal tali sabut kelapa.

Demikian penjelasan mengenai Jenis Tali Untuk Membuat Gelang. Selamat mencoba, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.