Kelebihan Aspal Dibanding Beton

Aspal dan beton menjadi dua material yang biasa digunakan dalam perkerasan jalan. Masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri.

Namun, dalam kondisi tertentu, aspal lebih dipilih daripada beton. Lantas, apa hal yang mendasari pemilihan aspal ketimbang beton?

 

Biaya Aspal Lebih Murah dibandingkan Beton

Sebenarnya, ada dua pertimbangan yang mendasari pemikiran ini. Untuk awal pembangunan, aspal memang memiliki biaya yang lebih murah dibandingkan beton. Namun, pemeliharaan aspal akan lebih sering dilakukan mengingat aspal tidak sekuat beton. Sementara itu, beton investasi di awalnya memang besar, tetapi pemeliharaannya akan lebih jarang dilakukan.

Akan tetapi, kembali lagi, hal ini dilandasi oleh segi penggunaannya. Jika jalan tersebut hanya dilewati oleh kendaraan dengan frekuensi ringan dan sedang maka menggunakan beton tentu menjadi mahal. Sebaliknya, jika jalan tersebut akan dilalui beban berat dan kemudian menggunakan aspal, tentu saja jalan menjadi cepat rusak dan butuh pemeliharaan.

 

Perawatan Aspal Lebih Mudah dibandingkan Beton

Bagaimanapun juga, perawatan jalan beraspal lebih mudah dilakukan ketimbang jalan beton. Jika membutuhkan pemeliharaan, perbaikan beton jauh lebih sulit (dan sering kali menjadi lebih mahal juga). Ditambah lagi, durasi perbaikannya lama. Sementara jalan aspal bisa dilakukan penggantian pada bagian yang rusak dan memerlukan perawatan saja. Waktu yang dihabiskan untuk perbaikan pun lebih cepat.

Saat pemasangan, aspal pun akan mengeras dan mendingin lebih cepat. Beda dengan beton yang mengerasnya butuh waktu berhari-hari.

 

Kenyamanan Aspal Lebih Tinggi dibandingkan Beton

Dengan warnanya yang hitam, aspal memberikan efek psikologis yang nyaman dan meneduhkan bagi pengendara. Dengan warna gelap pun aspal tidak mudah terlihat kotor. Sebaliknya, beton menampilkan kesan yang kaku dan gersang. 

Selain itu, jalan aspal lebih mulus dan tidak bergelombang. Dengan begitu, pengemudi lebih nyaman dalam berkendara. Sebagai perkerasan lentur, aspal bisa menahan perubahan yang ada sebelum menjadi benar-benar rusak. Terutama dalam suhu ekstrem, karena berbasis tar, aspal akan melentur. Sementara jika cuaca sangat panas atau sangat dingin, beton lebih rentan retak. 

Kemulusan jalan beton sangat ditentukan dari proses pengecorannya. Apalagi jalan beton lebih kasar. Hal itu membuat pengerjaan jalan beton harus benar-benar diawasi dengan ketat.

 

Jasa Pengaspalan di Depok yang Terpercaya

Bagi Anda yang berada di area Depok dan sekitarnya dan berencana melakukan pengaspalan, langsung saja hubungi Jasa Pengaspalan Depok. Dengan alat-alat sesuai standar dan tenaga yang mumpuni, Anda akan mendapatkan hasil pengaspalan berkualitas. Ada banyak layanan yang disediakan, mulai dari perbaikan hingga pekerjaan aspal baru. Semua akan ditangani dengan baik sesuai keinginan Anda. Anda akan mendapatkan hasil pengaspalan yang mulus dan tahan lama.