Kerajinan Cangkir Dari Batok Kelapa Yang Unik

Saya disini akan berbagi cara membuat kerajinan cangkir dari batok kelapa,kerajinan ini sangat bermanfaat bagi kita,bisa untuk membuka peluang untuk berbisnis.

Kerajinan Cangkir Dari Batok Kelapa

Namun, pernahkah kamu menikmati hidangan minuman dari batok kelapa? Dibutuhkan beberapa tahapan khusus untuk dapat menciptakan cangkir yang indah hasil kerajinan dari batok kelapa.Mari simak tahap-tahapannya!

1.Kerajinan Cangkir Dari Batok Kelapa

Kerajinan Cangkir Dari Batok Kelapa

Alat Dan Bahan:

  • Kelapa berukuran kecil yang menggunakan mesin pengupas batok kelapa
  • Kerokan kelapa muda atau sendok
  • Pensil
  • Lem kayu
  • Gergaji
  • Amplas
  • Mini grinder
  • Kuas cat
  • Varnish

Cara Membuat Kerajinan Cangkir Dari Batok Kelapa:

  1. Pertama-tama siapkan seluruh alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat cangkir hasil kerajinan batok kelapa.
  2. Ambil satu butir limbah kelapa yang berukuran kecil dan telah dibersihkan pada bagian kulit luarnya. Karena anda akan memotong pada ¼ bagian batok kelapa, gunakan pensil untuk memberi tanda.
  3. Gunakan gergaji untuk memotong ¼ bagian tersebut atau bisa dengan mesin bor plong tempurung kelapa. Pada bagian ¼ ini akan digunakan untuk alas cangkir, sedangkan sisanya yang lebih besar digunakan untuk bahan utama cangkir itu sendiri.
  4. Supaya bisa meletakkan cangkir di atas alas, anda harus memotong bagian ujung pada alas yang berbentuk bundar hingga ada permukaan yang merata.
  5. Buang air dan daging kelapa yang masih menempel di dinding tempurung kelapa menggunakan mesin pengupas batok kelapa sampai bagian pada dalam benar-benar bersih. Jika tidak punya bisa gunakan sendok.
  6. Amplas pada permukaan luar cangkir dan juga alasnya untuk menghilangkan sisa serabut.
  7. Tempel di bagian cangkir dengan alasnya menggunakan lem kayu.
  8. Anda bisa menambahkan gagang gelas dari kayu lain yang sudah diukir. Kemudian tempel di sisi samping cangkir menggunakan lem kayu
  9. Ukir permukaan luar cangkir sesuai dengan selera menggunakan mini grinder, tapi ini opsional saja.
  10. Lapisi seluruh permukaan luar cangkir menggunakan varnish hingga tampilannya berubah mengilap.
  11. Gelas hasil kerajinan dari batok kelapa buatan anda telah siap.

Manfaat Batok Kelapa

Inilah beberapa manfaat batok kelapa dengan salah satunya yang kita bahas ini tetapi ada hal yang lain juga simak ya.

1.Pengawet Makanan Alami

Tahukah Anda bahwa batok kelapa bisa jadi pengawet makanan yang alami? Tempurung ini bisa diolah dulu menjadi cairan. Caranya sedikit sulit memang, yakni dengan mengasapi tempurung lalu akan muncul cairan kental seperti kecap.

Tampung cairan tersebut dalam satu wadah. Cairan tersebut bisa dipakai untuk mengawetkan kayu agar tak dimakan rayap. Jika ingin memakainya sebagai pengawet makanan maka cairan harus diproses lebih lanjut. Barulah bisa dioleskan ke bagian panganan yang ingin diawetkan.

2.Saringan Alami untuk Mendapatkan Air Bersih

Mungkin Anda adalah satu dari banyak orang yang mengalami keluhan air yang kurang bersih di rumah. Tak semua daerah bisa mendapatkan air bersih. Beberapa tempat airnya mengandung banyak logam hingga terkesan keruh. Kalau begitu Anda bisa memanfaatkan batok kelapa ini.

Dengan menggunakan tempurung kelapa, air jadi bisa lebih murni dan bersih. Ini karena batok kelapa memiliki kandungan karbon aktif. Material karbon tersebut akan mengikat kotoran sehingga air menjadi lebih jernih setelah melewati saringan batok kelapa.

Baca Juga:Fungsi Dari Sabut Kelapa yang harus kalian ketahui

3.Bahan Baku Pupuk Organik

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari sebuah tempurung kelapa. Anda bahkan bisa menjadikan benda satu ini sebagai pupuk organik. Pupuk organik ini bisa memberi nutrisi kepada tumbuhan secara maksimal. Kandungan alami dan bebas kimia dari tempurung kelapa ini menjadikan tumbuhan yang ditanam lebih aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, arang aktif yang telah diaktivasi bisa dipakai untuk melapisi pupuk urea. Ini bertujuan agar urea menjadi lambat diurai. Untuk melapisi pupuk urea dengan arang aktif ini perlu alat yang digunakan untuk membuat pupuk granule.

Demikian cara membuat kerajinan cangkir dari batok kelapa dan manfaat batok kelapa semoga bisa membantu dalam kalian berkreasi terima kasih.