Mengenali 4C untuk Berlian

Kemungkinan Anda yang sempat beli atau mencari cincin nikah couple pernah dengar mengenai 4C. Tetapi adapun beberapa orang yang belum tahu apakah itu 4C dan oleh karenanya, berikut ini akan diterangkan selengkapnya berkenaan 4C untuk berlian. Bila ingin tahu yok baca sampai usai!

Mengenali 4C untuk Berlian

Apakah itu 4C?

Bila ingin beli cincin nikah couple tentunya ada banyak hal yang penting jadi perhatian supaya tidak salah dan sedih. Satu diantaranya dengan memerhatikan 4C yang disebut ringkasan dari Cut, Colour, Clarity, dan Carat yang dengan bahasa Indonesia memiliki arti potong, warna, kepastian, dan karat. 4C ini ialah persyaratan atau elemen khusus yang memengaruhi keelokan, susunan, dan orisinalitas berlian. Elemen ini memperlihatkan berapa tinggi kualitas berlian.

Cut

Cut yang memiliki arti potong atau potongan ialah persyaratan pada berlian yang merujuk pada kualitas pojok, faktor simetris, pembagian, kilau, kegemerlapan, dan detil finising. Beberapa faktor ini memengaruhi kekuatan berlian untuk dapat bercahaya cantik bersama dengan daya seni kesemuaannya. GIA (Gemological Institute of America) memandang potongan berlian pada rasio bagus yakni poor, fair, good, very good, dan excellent.

Colour

Colour atau warna ialah persyaratan yang memandang berapa putih atau mungkin tidak berwarnanya sebuah berlian. GIA (Gemological Institute of America) sendiri memandang berlian dari D ke Z. Nilai D untuk berlian yang paling warna putih, sementara Z untuk berlian yang warna kecokelatan atau kekuningan. Berdasar penilaian ini, berlian yang tidak warna akan berharga benar-benar mahal karena mereka sangat jarang.

Clarity

Clarity atau kepastian ialah persyaratan penilaian yang memerhatikan kejernihan sebuah berlian. Factor pemasti persyaratan ini ialah status, ukuran, dan bentuk berlian. Ini karena kehadiran batu berlian yang terselinap (inklusi) dan cacat di bagian luarnya dapat kurangi kejernihan.

Untuk menghitung clarity sendiri diperlukan perbesaran 10x karena kecacatan itu umumnya tidak demikian kelihatan secara nyata. GIA (Gemological Institute of America) memberi penilaian kepastian berlian dari I2 (inklusi 2), I1 (inklusi 1), SI2 (sedikit termasuk2), SI1 (sedikit terhitung 1), VS2 (sedikit terhitung 2), VS1 (sedikit terhitung 1), VVS2 (benar-benar, sedikit terhitung 2), VVS1 (benar-benar, sedikit terhitung 1), JIKA (intern flawless), dan FL (prima).

Carat

Sering orang menduga jika berat carat atau karat ialah besar atau kecilnya batu berlian. Walau sebenarnya berat karat ini merujuk pada berat berlian bukan besar batunya. Berlian 1 karat sama dengan 200 mg atau 0,2 g . Maka karat ini bergantung pada wujud berlian dan langkah pemangkasannya dan 2 berlian 1 karat kemungkinan memiliki ukuran yang lain.

Meskipun beli cincin kawin emas. Anda pun seharusnya memerhatikan elemen ini karena 4 salah satunya sama-sama mainkan peranan penting dalam performa berlian. Janganlah sampai Anda segera beli tanpa pikirkan beberapa hal dasar ini hingga bisa menyesal di masa datang.