Hal yang Harus Diperhatikan Selain Desain Ruko

Memiliki ruko, mungkin kini jadi sesuatu yang diinginkan oleh banyak orang. Selain bisa dijadikan tempat berjualan atau buka usaha, ruko juga bisa dijadikan tempat tinggal pada bagian lainnya. Tapi, terkadang ada orang yang hanya membeli atau menyewa ruko lantaran tertarik dengan desain ruko saja.

Padahal, ada beberapa pertimbangan lain yang perlu dilakukan. Hal ini perlu dilakukan agar kamu tak hanya membeli ruko dari segi desain ruko saja. Melainkan dari sisi fungsi atau aksesibilitas dari ruko tersebut. Pasalnya, pelanggan mungkin banyak yang tertarik pada ruko milikmu tak hanya dari sisi desain saja.

Entah itu dari fasilitas, kelengkapan produk, pelayanan, dan banyak faktor lainnya. Nah, sebelum beli ruko atau sewa dengan desain toko yang menarik, silakan pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  1. Kawasan Ruko

Pertama, kamu harus mempertimbangkan kawasan atau lokasi dari ruko tersebut. Kalau bisa, pilihlah ruko yang berada di lokasi strategis. Dengan kata lain, memiliki lokasi yang gampang dijangkau oleh pelanggan atau memiliki lahan parkir yang cukup nyaman.

Aksesibilitas dan lahan parkir yang nyaman, biasanya mempengaruhi pelanggan untuk datang dan berlangganan di ruko milikmu. Selain itu, jangan lupa memastikan bahwa ruko yang kamu sewa atau beli, minim risiko terkena banjir. Tentu, kamu tidak ingin produk milikmu hanyut ketika banjir datang, kan?

Perhatikan juga demografi dari lingkungan ruko. Misalnya dengan mengetahui pola hidup masyarakat yang ada di sekitarnya. Pasalnya, tak semua ruko bisa digunakan untuk berbagai jenis usaha.

  1. Legalitas Ruko

Ini juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Legalitas dari suatu bangunan, tentu saja harus menjadi fokus utama. Pasalnya, kalau kamu pilih ruko di atas tanah sengketa, maka akan ada masalah runyam di kemudian hari. Jika ingin memastikannya, kamu bisa cek dokumen pendirian bangunan serta izin lokasi.

Selain itu, kamu juga bisa memeriksa zonasi wilayah. Caranya yakni datang ke pemerintahan setempat. Bisa mengeceknya ke kecamatan, kelurahan, kantor walikota, ataupun ke tempat data peta zonasi disimpan.

  1. Menyesuaikan Budget

Tentu saja, ruko akan digunakan sebagai tempat membuka usaha. Kamu sudah pasti harus mempertimbangkan hal ini, budget. Ruko yang ingin kamu sewa atau beli, harus sesuai dengan budget yang kamu miliki. Kalau kamu punya banyak budget, terserah pilih ruko yang mana.

Tapi, kalau budgetmu terbatas, pilihannya bisa semakin sedikit. Namun tentu saja, kamu tidak perlu memaksa untuk beli ruko di lokasi yang bisa membuat harganya mahal. Atau membeli dan sewa ruko mahal hanya gara-gara desainnya.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan selain desain ruko ketika ingin menyewa atau membelinya. Intinya, tidak perlu terburu-buru ketika ingin memilih ruko. Kalau buru-buru, biasanya kamu akan menjatuhkan pilihan yang tidak tepat. Semoga informasi ini membantu.