PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL TOUR UNTUK PROMOSI WISATA BUDAYA

Seiring pertumbuhan zaman, teknologi dapat memudahkan manusia untuk beraktifitas menyaksikan berita dan mencari bermacam Info yang beredar di dunia maya. Kemajuan teknologi selagi ini mempunyai banyak sekali dampak positif dalam kehiduan sehari-hari.

Dampak positif pertumbuhan teknologi selagi ini dapat memudahkan mencari Info dan juga terhadap segi pariwisata. Pada segi wisata tentu saja teknologi terlampau bermanfaat untuk mengenalkan sebuah destinasi wisata agar dapat diketahui oleh seluruh wisatawan.

Berbicara perihal pariwisata di Indonesia, tidak baik terkecuali tidak membahas Pulau Bali. Bali merupakan destinasi wisata yang kondang sampai mancanegara. Terkini, Bali berada di rangking 5 besar dunia dalam hal pariwisata.

Ada banyak wisata yang di tawarkan terkecuali berkunjung ke Bali, kalau wisata pulau, wisata bawah laut, dan yang paling diminati yaitu wisata budaya. Budaya menjadi identitas Bali dalam menarik wisatawan domestik maupun mancanegara yang bakal berkunjung ke Bali. Dalam promosi wisata tersebut, masyarakat Bali terlampau terkait sekali dengan teknologi misalkan memanfaatkan web site untuk mempromosikan Bali dengan sediakan gambar-gambar dan video 2 dimensi.

Pengembangan aplikasi Virtual Tour merupakan keliru satu usaha baru untuk mempromosikan atau memperkenalkan wisata Bali dengan teknologi baru.

Ketertarikan wisatawan dalam mengunjugi destinasi wisata keliru satunya terdapat terhadap cara dalam mempromosikan agar wisatawan tertarik dan berkunjung untuk berlibur. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke sebuah destinasi wisata menjadi tolak ukur kesuksesan promosi wisata tersebut. Tujuan penelitian ini adalah membuahkan product berupa harga Virtual Tour untuk promosi wisata budaya di Provinsi Bali.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan jenis pengembangan 4D dari Thiagarajan. Model pengembangan ini terdiri atas bagian define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran).