COBAN JIDOR, AIR TERJUN EKSOTIS YANG MEGAH DAN MENAWAN

Wisata merupakan kebutuhan sekunder manusia yang selalu dinanti. Indonesia menawarkan banyak pesona alam yang diminati sebagai destinasi wisata. Bagi kalian yang tinggal dalam hiruk-pikuk keramaian kota mungkin akan memilih tempat wisata yang sejuk, asri, dan jauh dari keramaian. Mungkin sebagian besar dari kalian punya pemikiran yang sama, yaitu wisata air terjun. Ya, berwisata ke sebuah air terjun memang pilihan yang tepat yang dapat me-refresh pikiran dengan kesegaran air, dinginnya udara, dan pemandangannya.

Salah satu rekomendasi air terjun yang wajib dikunjungi yaitu air terjun Coban Jidor. Destinasi wisata air terjun dengan hamparan pesona alam yang sangat natural. Wisata air terjun Coban Jidor memang tidak sepopuler seperti Coban Jahe, Coban Pelangi dan Coban Ciblungan. Tapi soal keindahan alamnya dan kesejukan di lokasi boleh dibuktikan dan tidak kalah dengan coban yang populer lebih dulu dikota malang. Aliran air yang juga cukup bersih, bening, dan sangat segar membuat wisatawan yang datang bisa langsung meminum air dari coban jidor ini. Suhu udara yang sejuk serta banyaknya tanaman hijau di sekitar lokasi semakin menambah suasana asri. Ketinggian air terjun ini hanya mencapai 10 meter, tetapi pemandangannya sangat menawan. Yuk traveling pastinya kalian kangen keluar rumah kan nih cek  travel malang juanda.

Air terjun Coban Jidor berlokasi di Dusun Bendolawang, Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sajian keindahan alam sudah dimulai saat memacu kendaraan di daerah sebelum gapura masuk Desa Ngadirejo, begitupun saat setelah melewati gapura tersebut. Tracking atau akses jalan menuju Coban Jidor hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki, atau dengan menggunakan kendaraan roda dua. Itupun harus benar hati-hati, karena di samping kanan berupa tepian jurang. Kondisi jalurnya masih berupa lapisan tanah, sehingga saat hujan tiba dipastikan jalurnya akan licin. Dari Desa Ngadirejo, tracking pertama adalah menuju lokasi parkir. Untuk menuju lokasi parkir hanya bisa dengan cara berjalan kaki, atau menggunakan sepeda motor. Area parkir tersebut sekaligus loket masuk menuju lokasi air terjun Coban Jidor.

Nama tempat wisata satu ini terdengar cukup unik, Coban Jidor. Ternyata ada asal usul penamaan Coban Jidor ini. Dalam bahasa Jawa Timuran, ‘jidor’ adalah ‘bedug masjid’. Ini karena curahan air terjun yang memiliki ketinggian sepuluh meter mengalir cukup deras. Suara deburan air terjun yang terdengar begitu keras dan jelas layaknya jidor yang sedang ditabuh. Nah, dari situlah muncul penamaan Coban Jidor ini.

Coban Jidor juga menyimpan carita misteri loh. Menurut sesepuh serta penjaga Coban Jidor, disebutkan bahwa terdapat 2 penunggu Coban Jidor yang bernama Mbah Kokoh, dan Mbah Rodgone. Jika ada pengunjung yang datang ke lokasi Coban Jidor berbuat kebablasan, berbuat “nakal”, maka penunggu tersebut akan berubah menjadi ular putih, dengan bentuk layaknya seperti naga.

Wisata air terjun Coban Jidor mulai diresmikan tanggal 11 November tahun 2015. Di samping Coban Jidor terdapat satu goa besar, dan dua goa kecil. Namun pada tahun 1967 terjadi bandang lahar yang mengakibatkan bongkahan tebing jatuh dan menutup satu dari tiga goa tersebut bahkan sampai sekarang.

Camat Jabung Hadi Sucipto menuturkan, Coban Jidor merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun di Kecamatan Jabung yang paling menguji adrenalin. Maka dari itu, ada beberapa tips untuk kalian yang ingin mengunjungi Coban Jidor.

  1. Bawa bekal minum makanan atau bisa beli diwarung terdekat. Karena perjalanan akan menguras energi
  2. Bawa kompor mini, paling nikmat disana bikin kopi/teh sambil menikmati air terjun yang mengalir deras. Atau juga bisa bawa popmie, disana dingin banget daripada kelaparan mending berjaga-jaga.
  3. Bawa kamera terbaik Anda, pemandangan yang indah sayang kalau tidak diabadikan.
  4. Pastikan tubuh Anda vit saat kesini dan utamakan keselamatan serta kebersihan alam disana.
  5. Kesini kalau cuaca cerah dan tidak hujan.

Harga tiket masuk ke wisata ini juga termasuk murah. Pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 10.000 perorang. Dan untuk biaya parkir dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua. Murah bukan? Jadi tunggu apa lagi? Yuk berwisata ke sini! Yuk traveling pastinya kalian kangen keluar rumah kan nih cek  travel malang juanda murah.

Buat kamu yang ingin ke Coban Jidor tapi tidak tahu harus pergi dengan siapa, ingin jalan sendiri tapi takut karena belum pernah bepergian jauh seorang diri sebelumnya dan hendak mencari jasa travel tapi ragu tidak amanah kini tak perlu lagi khawatir karena ada solusinya yaitu Nahwa Tour.

Nahwa Tour telah melayani sejak tahun 2013 dan memiliki segudang pengalaman dalam membawa tamu untuk mengunjungi berbagai macam destinasi wisata yang ada di Jawa Timur dan pelanggan kami selalu puas dengan layanan yang kami berikan. Di sini kamu juga dapat menyewa mobil untuk dipakai bersama sahabat maupun keluarga nantinya untuk mengelilingi kota Malang.

Kami menawarkan harga yang terjangkau namun dengan pelayanan profesional. Kami adalah agen perjalanan terpercaya dan terbaik yang ada di kota Malang.

Bagaimana caranya? Cukup dengan menghubungi kami via telepon maupun chat WA dan anda tinggal bersantai saja, kami yang akan menyiapkan perjalanan anda!

 

Hubungi Nahwa Tour

Alamat: Jl. Angklung Blok H1 No. 5, Tunggulwulung, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur

No. Telp: 081 222 431 414 (Telkomsel)

Whatsapp: 081 222 431 414

Email: nahwatour@gmail.com

Website: nahwatour.com