Mengenali Tanda Ada Tungau di Rumahmu

Meski tungau kasat mata, dapat dilihat dengan mata kepala tanpa bantuan mikroskop, terkadang kamu tidak menyadari keberadaannya di lipatan kasur, di sudut-sudut sofa, dan bahkan di sela ranjang tidurmu. Ini tentu seharusnya menjadi kekhawatiranmu sebab gigitan tungau dapat menyebabkan iritasi kulit dan bahkan sesak napas.

Sebaiknya kamu tidak membiarkan satu pun tungau di rumahmu sebab mereka sangat cepat dalam beranak-pinak, membentuk koloni yang bergerombol di sudut kasur, dan bila kamu usik ketenangan mereka, mereka bakal lari menyembunyikan diri.

Meski tanpa menggunakan indera penglihatan untuk mengetahui tanda-tanda ada tungau di perabotan rumahmu, kamu dapat mengenalinya dengan cara sebagai berikut:

baca juga: vacuum tungau jakarta

Ruam merah dan gatal di kulit

Kamu dapat mengetahui bahwa di tempat tidurmu atau di tempat dudukmu ada tungaunya dengan cara memeriksa apakah ada bekas gigitan seperti bekas gigitan semut merah. Tidak cuma itu, jika kamu merasa gatal sehabis rebahan di tempat tidurmu atau di sofamu, ada kemungkinan bahwa itu adalah ulah tungau.

Bintik-bintik hitam di furnitur

Periksa kasur, sofa, tirai, dan furnitur lainnya. Temukan jika terdapat bintik-bintik hitam di sana. Apabila ada, berarti tungau telah menghuninya. Bintik-bintik hitam tersebut adalah kotoran tungau yang baunya juga tidak enak, menyebabkan sesak napas.

Bekas ganti kulit

Tanda keberadaan tungau selain bintik-bintik hitam tadi adalah bekas mereka berganti kulit. Kulit yang mereka tinggalkan dikombinasikan dengan kotoran yang mereka tempelkan pada furniturmu adalah perpaduan yang menyebalkan karena dapat menimbulkan berbagai penyakit baik kulit dan pernapasan.

baca juga: salon kamar mandi jakarta

Butiran putih seperti pasir

Ini adalah telur yang mereka taruh di sudut tak tersentuh. Telur ini biasanya dikelilingi oleh tungau-tungau dewasa. Kamu tidak akan ingin menggencet mereka jika mereka bergerombol  dengan telur-telurnya karena bau yang ditimbulkannya akan mengacaukan penciumanmu.

Bau apek

Aroma tidak sedap adalah tanda-tanda yang otomatis ada jika di dalam kamarmu ada tungaunya. Ini mungkin dapat kamu akali dengan menggunakan pengharum ruangan, tetapi menyingkirkan mereka adalah opsi terbaik.

Demikianlah tanda-tanda ada tungau di rumahmu.