Cara Menggunakan Fingerprint untuk Absensi

Sebagaimana yang diketahui bahwa karyawan di dalam sebuah perusahaan memegang peranan yang sangat penting untuk mendukung jalannya bisnis tersebut. Itulah mengapa tak heran jika seandainya perusahaan berusaha untuk memantau sebaik mungkin kinerja mereka. Termasuk diantaranya adalah dari segi kehadiran. Banyak yang memantau dengan menggunakan alat absensi berbasis fingerprint. Dimana alat yang satu ini memang sangat berguna di dalam mengetahui tingkat kehadiran karyawan secara realtime.

 

Cara menggunakan fingerprint untuk absensi ini terbilang sangat mudah, dimana nantinya karyawan harus datang secara langsung dan menggunakan jari mereka untuk ditempelkan pada layar atau alat yang memang digunakan sebagai absensi, secara langsung data akan membacanya. Meskipun hal ini dapat mengurangi tingkat kecurangan yang ada, namun ternyata alat absensi semacam ini tetap memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah:

 

  1. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakannya terbilang mahal, diantaranya adalah perusahaan harus membeli alat fingeprint terlebih dahulu, alat yang dipakai untuk absensi ini sendiri memang tidak bisa dikatakan murah.
  2. Kurang praktis, karena untuk melakukan absensi nantinya karyawan harus secara langsung datang ke kantor. Tentunya hal ini kurang begitu praktis untuk digunakan. Apalagi bagi mereka yang mungkin sedang dinas ke luar kota, tentunya tidak bisa absen tepat waktu bukan.
  3. Membutuhkan waktu yang lama untuk input data karyawan, sebelum menggunakan alat yang satu ini, maka nantinya karyawan harus menginput data satu persatu, mulai dari identitas sampai dengan sidik jari mereka. sehingga membutuhkan waktu yang lama bukan. Ditambah lagi terkadang dalam hal rekap data kehadiran maka admin juga harus bekerja dua kali untuk menginput data secara berulang.

 

Dengan alasan itulah maka tidak heran jika seandainya banyak yang sudah beralih dari cara menggunakan fingerprint untuk absensi dengan metode aplikasi absensi yang berbasis web. Ini merupakan salah satu inovasi baru yang ditawarkan bagi perusahaan, sudah banyak juga yang menggunakannya dan mengaku lebih puas. Anda juga dapat mencoba beralih memakai sistem yang satu ini.