Cara Bikin Kopi Gula Aren Dengan Membuatnya Dengan Mudah

Cara membuat gula aren cair untuk kopi, artikel yang nanti saya buat ini yaitu dengan berjudulkan cara membuat gula aren cair untuk kopi. Membuat gula aren ini bisa dibuat di rumah dengan cara seperti ini. Mesin pembuat kopi ini akan memudahkan kita untuk pekerjaan.

Yuk mari kita jabarkan pengertian dari kopi itu sendiri. Pengertian dari kopi itu sendiri adalah minuman hasil dari suatu seduhan dari beberapa biji kopi yang telah disangrai dan juga di haluskan lalu nanti nya akan menjadi bubuk kopi namanya.

Cara membuat gula aren cair untuk kopi, sebelum kita kepada inti pembahasan di artikel ini mari kita membahas terlebih dahulu apa itu kopi dan bagaimana kopi itu dan seperti apa itu kopi yang biasa untuk di hidangkan sebagai sarapan pagi atau untuk hidangan minuman siang hari yang bisa menunda kantuk.

Dari pemrosesan kopi dengan sebelum nya yaitu dapat di minum dengan melalui proses panjang yaitu dari pemanenan suatu buah biji kopi yang telah matang dengan proses yang baik dengan cara mesinmaupun dengan tangan.

Dan kopi itu sendiri adalah salah satu komitas di dunia yang telah di budidayakan lebih dari lima puluh negara dan itu juga sudah termasuk di negara Indonesia lho. Yaitu dengan dua spesies pohon kopi yang di kenal secara pada umum nya yaitu kopi robusta ( coffea canephora ) dan juga kopi arabika ( coffea arabica ).

Cara Bikin Kopi Gula Aren Dengan Mudah

cara bikin kopi gula aren

Begini Lah Proses Pembuatan Nya

Dengan suatu proses selanjut nya ini yaitu dengan penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi juga lho. Kemudian dengan penyangraian dari suatu biji kopi ini. Nantinya akan digiling atau juga bisa di haluskan akan menjadi bubuk kopi yang akan sebelum menjadi kopi dapat di minum.

Sebelum kita bagaimana cara pembuatannya mari kita ketahui lebih lagi apa itu kopi. Dengan tulisan yang diatas itu mari kita lanjutkan. Dari suatu pemrosesan biji kopi nya itu dan suatu pengeringan sebelum akan menjadi kopi gelondong.

Dengan suatu metode yang di pilih dengan penyangraian ini akan menjadi suatu pilihan yang sering digunakan atau sudah menjadi umum nya. Dengan beberapa biji kopi ini akan menghasilkan bubuk kopi dengan jumlah sesuai yang telah penyangraian dan penggilingan nya.

Dengan begitu mari kita akan lanjut nya dengan proses pembuatan kopi gula aren :

-Yang pertama ini adalah dengan menyiapkan bahan-bahan nya terlebih dahulu.
Yang pertama mari kita siapkan bahan-bahan nya terlebih dahulu.
a. Yang pertama ini adalah dengan menyiapkan 850 ml susu cair.
b. Yang kedua ini adalah dengan menyiapkan 125 ml sirup gula aren.
c. Yang ketiga ini adalah dengan menyiapkan 2 sendok makan kopi instant.
d. Yang keempat ini adalah dengan menyiapkan 100 ml air.

-Yang kedua ini adalah cara pembuatan nya.
Yang kedua ini akan menjelaskan cara pembuatan nya seperti apa.
a. Yang pertama ini adalah dengan mendidihkan air yang ada, lalu masukkan kopi nya. Dan juga rebus dengan waktu kurang lebih 2 menit dansampai terdapat buih-buih di pinggir nya. Lalu teman-teman saring.
b. Yang kedua ini adalah dengan mencampurkan susu cair dengan gula aren dan aduklah dengan rata.
c. Yang ketiga ini adalah tambahkan kopi nya, dengan mengaduk nya hingga rata, lalu tuangkan ke dalam botol kaca.
d. Yang keempat ini adalah kopi susu gula aren siap untuk di hidangkan.

Beginilah artikel yang berjudulkan cara bikin kopi gula aren. Dengan begitu saya rasa teman-teman semua sudah bisa membuat kopi gula aren.
Selamat mencoba dan terimakasih sudah membaca.