Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Takaran Gelas

Pada kesempatan saya kali ini, saya akan membagikan resep cara membuat bolu pisang kukus takaran gelas. Ingin tahu apa saja bahan-bahan dan cara pembuatannya simak dibawah ini.

Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Takaran Gelas

cara membuat bolu pisang kukus takaran gelas

Bahan-Bahan :

  • Pisang kepok 8 buah (bisa menggunakan jenis pisang lainnya)
  • Telur ayam 5 butir
  • Tepung terigu 2 gelas belimbing
  • Gula pasir 1 gelas belimbing
  • Minyak sayur 1/2 gelas belimbing

Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Takaran Gelas :

  1. Kupas kulit pisang dan haluskan menggunakan garpu. Ambil wadah lain pecahkan telur dan kocok lepas tidak usah sampai mengembang. Lalu masukan gula pasir sambil terus diaduk.
  2. Masukan pisang yang sudah dihaluskan, tepung terigu, baking soda, dan minyak sayur, Aduk sampai adonan tercampur rata.
  3. Olesi loyang dengan margarin dan tepung terigu tipis, lalu tuangkan adonan kedalam loyang. Siapkan kukusan didihkan airnya dahulu.
  4. Kukus adonan selama 25 menit dengan api sedang. Lapisi tutup panci dengan serbet bersih.
  5. Jika sudah matang bolu siap disajikan.

Baca Juga : Cara Membuat Pisang Cokelat

Itu tadi resep dan cara pembuatan bolu pisang kukus. Ternyata, banyak manfaatnya jika kita mengkonsumsi pisang lho. Ingin tahu? Simak dibawah ini.

Manfaat Mengkonsumsi Pisang

cara membuat bolu pisang kukus takaran gelas

1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Didalam buah pisang terdapat kalium, ternyata dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah didalam akan tetap stabil. Sedangkan serat bahan pangan pada pisang yang mampu mengikat lemak dan nantinya akan mencegah pembentukan plak.

Plak dapat menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah serta menyebabkan tekanan darah jadi meningkat. Dengan demikian, mengkonsumsi pisang dapat membantu kalian terhindar dari risiko penyakit stroke dan penyakit jantung.

2. Melancarkan Pencernaan dan Metabolisme Tubuh

Pisang yang sudah matang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa-sisa makanan pada tubuh dari proses metabolisme. Salah satu manfaat dari buah pisang bagi pencernaan yaitu dapat membantu meredakan masalah pencernaan, seperti sembelit, berkat adanya serat pada buah pisang.

Ditambah lagi, jika kalian makan pisang akan dapat meringankan kerja ginjal dalam membersihkan darah. Sementara pada pisang yang belum matang merupakan sumber sari pati resisten, yaitu makanan bagi bakteri baik yang berada di usus besar.

Mengkonsumsi pisang dapat membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan sekaligus dapat menjaga kesehatan saluran cerna kalian.

3. Bisa Digunakan Untuk Diet

Untuk kalian yang sedang dalam program menurunkan berat badan, ternyata buah pisang cocok sekali bila dijadikan camilan sehat. Apalagi, pada buah ini memiliki kandungan lemak yang rendah.

Karena pada indeks glikemik-nya juga terbilang rendah, karbohidrat kompleks pada pisang tidak akan membuat kadar gula dalam darah meningkat drastis secara tiba-tiba.

Makanan yang tinggi serat dapat memperlambat proses pencernaan sehingga akan membuat kalian kenyang lebih lama dan makan makanan dalam jumlah yang lebih sedikit. Hasilnya, berat badan kalian pun dapat berangsur-angsur turun.

4. Memenuhi Kebutuhan Zat Besi dan Mengatasi Anemia

Jenis buah satu ini adalah salah satu sumber zat besi yang baik bagi tubuh. Mineral tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang sehat. Kekurangan zat besi biasanya dikaitkan dengan kondisi kekurang darah atau anemia.

Bila kalian sedang dalam kondisi tersebut, kalian bisa mencoba konsumsi pisang secara rutin untuk mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein dalam darah yang mengandung zat besi.

5. Membantu Mencukupi Kebutuhan Mangan

Mangan adalah mineral yang dibutuhkan dalam tubuh untuk membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino. Selain itu, mangan juga memiliki peran yang penting dalam pertumbuhan tulang yang kuat dan penyembuhan luka.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa wanita yang sedang mengalami osteoporosis memiliki kadar mangan yang rendah dalam tubuh.

Ditambah lagi, mangan ternyata dapat mencegah migrain, menurunkan risiko komplikasi kehamilan, dan dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit serangan jantung. Manfaat dari buah pisang ini bisa kalian peroleh dengan mengkonsumi buah pisang ini secara langsung ataupun dapat diolah menjadi jus.

6. Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat dalam buah pisang berfungsi sebagai meningkatkan kekebalan pada tubuh dalam melawan infeksi. Tubuh kalian pun akan terasa segar dan tidak cepat lemas jika mengkonsumsi buah pisang ini.

Itu tadi beberapa manfaat jika kita mengkonsumsi pisang. Kunjungi juga artikel cara membuat bolu marmer panggang. Demikian artikel yang saya buat, jika ada kesalahan kata saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.