Cara Membuat Bubur SumSum Tanpa Santan Yang Sederhana

Hallo teman teman hari ini kita akan membahas artikel tentang bagaimana cara membuat bubur sumsum tanpa santan tanpa santan. Perhatikan artikel yang dibawah berikut ini.

Bubur SumSum

Bubur SumSum Juga merupakan salah satu makanan yang tradisional yang sangat banyak digemari karena dengan rasanya yang khas dan lezat.Bubur SumSum biasanya juga mudah untuk ditemukan di pasar-pasar tradisional,dijajakan bersama dengan kue dan jajajan pasar yang lainnya.

Untuk menjawab bagaimana rasa penasaran tentang bubur sumsum tanpa santan akan diberikan beberapa cara membuat bubur sumsum tanpa santan tersebut khusus untuk kalian,Langkah-langkah pembuatannya juga sangat mudah untuk dipraktikkan di rumah.Dan bahan-bahannya pun sederhana.

cara membuat bubur sumsum tanpa santan

Manfaat Bubur SumSum

Salah satu makanan yang terbaik untuk bisa dikonsumsi tepat saat buka puasa selain air putih adalah bubur sumsum atau bubur yang terbuat dari nasi atau beras.Makan bubur saat perut kosong juga sangat baik untuk kesehatan,berikut ini manfaat bubur sumsum:

1. Menghangatkan perut

Karena disajikan saat masih hangat,bubur sumsum juga akan memberikan kehangatan pada dinding lambung sehingga tidak menimbulkan iritasi dan membuatnya siap mencerna makanan berikutnya yang masuk ke lambung.Kehangatan dan lembutnya tekstur bubur dimulut juga tanpa disadari mampu memberikan relaksasi.

2.Mengurangi Asam Lambung

Perut juga perlu makanan atau minuman yang tidak membuat dinding lambung kaget,terutama makanan yang cocok untuk menetralkan asam lambung.Dan bubur sumsum atau bubur nasi dengan kandungan pati dan air di dalamnya juga akan sangat tepat untuk menetralkan asam lambung yang sangat tinggi karena tidak makan dan minjum seharian.

3. Tubuh mudah menyerap sari makanan

Karena terdiri dari tepung beras,gula,air yang dominan merupakan karbohidrat yang sederhana,usus juga akan lebih sangat mudah untuk menyerap sari makanan yang mengubahnya menjadi energi sehingga kembali segar dan tidak lesu.

4. Membuat perut kenyang

Perut akan sangat mudah kenyang setelah makan satu mangkuk bubur sumsum.Makan bubur juga akan membuat orang yang berbuka puasa tidak ingin banyak makan karena sudah terasa kenyang lebih dulu.Efek ini juga tentu sangat bagus jika mencegah makan berlebihan.

5. Mengurangi keinginan makan dan minum manis

Gula di dalam bubur yang manis tubuh akan sangat mengurangi nafsu makan yang secara alami karena sudah terpenuhi keingingan untuk makan yang manis.Tubuh juga akan terasa secara alami untuk menolak makanan yang manis lainnya sehingga bisa mengontrol kenaikan berat badan dan kadar gula darah karena terlalu banyak makan gula.

Cara Membuat Bubur SumSum Tanpa Santan

1.Resep Membuat Bubur SumSum Tanpa Santan Yang Sederhana

Bahan-Bahan:

  • 3 lembar Daun pandan
  • 250 air ml
  • 200 gram Gula merah
  • Gula pasir (50 gram)
  • 400 ml air A
  • 1 sdt garam
  • 50 gram krimer
  • 100 gram Tepung beras yang bisa digunakan dengan mesin penepung

Cara Membuat Bubur SumSum Tanpa Santan Yang Sederhana:

  1. Sisirlah terlebih dahulu gula merah tipis-tipis.
  2. Tambahkanlah sedikit Gula pasir,gula merah ,garam,dan pandan direbus.
  3. Aduk-aduklah hingga sampai merata dan mendidih.
  4. Cairkanlah terlebih dahulu krimer dengan 400 ml air.
  5. Siapkanlah panci.
  6. Masukkanlah terlebih dahulu tepung beras dan 200 ml krimer cair ke dalam panci, lalu aduk sampai rata.
  7. Sisa krimer cair,daun pandan, dan garam dimasak sampai mendidih.
  8. Terakhir,masukkanlah 100 gram tepung beras yang telah diencerkan.
  9. Aduk-aduklah hingga benar-benar sampai mengental.
  10. Angkatlah dan sajikanlah.
  11. Bubur sumsum siap disajikan.

Dengan demikianlah artikel yang sudah membahas tentang cara membuat bubur sumsum tanpa santan.Apabila ada kata yang kurang dan lebihnya saya minta maaf.Cukup sekian dan terimakasih.