Sistem Absensi Online untuk Meningkatkan Kedisiplinan

Tingkat kedisiplinan karyawan adalah salah satu faktor kunci keberhasilan karyawan yang harus diperhatikan. Salah satu indikator untuk menilai kedisiplinan karyawan adalah dengan melihat kehadirannya. Pencatatan kehadiran akan lebih akurat jika menggunakan sistem absensi online.

Alasan Sistem Absensi Online Bisa Meningkatkan Kedisiplinan

Mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana bisa sebuah sistem absensi dapat meningkatkan tingkat kedisiplinan karyawan. Berikut ini beberapa alasan mengapa sangat perlu untuk menggunakan sistem absensi online agar kedisiplinan dapat ditingkatkan.

  1. Kemudahan Akses

Perlu diketahui bahwa sistem absensi online seperti appsensi memungkinkan penggunanya untuk dapat mengakses sistem kapanpun dan dimanapun selama ada koneksi internet. Sehingga mereka tidak akan terhalang oleh jarak antara kantor dengan rumah untuk melakukan absensi.

Karyawan bisa melakukan absensi secara real-time dengan pencatatan yang akurat di sistem yang sudah terintegrasi. Hal ini dapat membantu meningkatkan kedisiplinan karyawan karena mereka tidak harus mengantri untuk finger print sehingga waktu untuk mengantri bisa dialokasikan untuk kerja.

  1. Tidak Bisa Titip Absen

Jika sistem absensi di perusahaan masih menggunakan sistem pencatatan manual dan id card, bisa saja karyawan yang curang dapat meminta teman yang lain untuk titip absen. Hal ini tentu saja dapat merugikan perusahaan karena karyawan yang sejatinya tidak hadir akhirnya tercatat hadir.

Selain itu, untuk melakukan absen menggunakan sistem appsensi juga tidak bisa diwakilkan oleh orang lain. Hal ini dikarenakan penggunanya harus melakuan verifikasi secara instan dengan foto wajahnya sendiri sehingga orang lain tidak bisa melakukan absen untuk orang tersebut.

  1. Tersedia Fitur Geo-Tagging

Fitur geo-tagging yang terdapat pada sistem appsensi sangat membantu perusahaan untuk mengontrol keberadaan karyawannya. Mereka pun tidak akan bisa lagi curang dengan mengaku berada di tempat kerja padahal sedang keluyuran entah di mana.

Sistem absensi berbasis online memungkinkan perusahaan untuk mendeteksi posisi pegawai di mana. Aktivitas yang dilakukan pegawai pun dapat terkontrol sehingga mereka tidak akan bisa curang. Dengan demikian, karyawan akan lebih disiplin lagi dalam bekerja.

Sistem absensi online akan sangat direkomendasikan untuk perusahaan yang menerapkan work from home dan sering mengirim karyawannya tugas di luar kantor. Perusahaan memiliki kuasa lebih baik untuk mengontrol dan mengawasi karyawannya.