Cara Membuat Minyak VCO Dengan Pemanasan Yang Mudah

Cara membuat minyak VCO sendiri sangatlah mudah. Tapi sekarang banyak orang yang membelinya di pasar. Namun, banyak juga penipuan yang dilakukan oleh penjual di pasar. Solusinya adalah kita melakukannya sendiri. Sangat mudah membuat VCO dengan pemanasan dan kualitas yang sehat. Cara membuat minyak VCO dengan pemanasan tidak terlalu ribet cara pembuatanya.

VCO

cara membuat vco dengan pemanasan

Minyak virgin coconut oil adalah minyak alami yang dibuat dari ekstrak kelapa yang disebut juga dengan minyak kelapa. Minyak alami ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memasak hingga produk kecantikan. Aroma dan rasanya yang khas membuat minyak ini sangat digemari.

Minyak alami setengah hati ini juga memiliki manfaat yang bisa Anda rasakan dari jari kaki hingga kepala. Makanya, ada banyak cara menggunakan minyak kelapa yang bisa Anda coba.

Kandungan minyak kelapa kaya akan asam lemak omega-3, yang membantu menurunkan kolesterol darah, mencegah risiko penyakit jantung dan lever, serta meningkatkan kinerja otak.

Selain itu, minyak kelapa juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan asam lauratnya bagus untuk melembabkan kulit dan memperkuat batang rambut.

Meskipun memiliki banyak manfaat, hanya sedikit orang yang tahu cara mendapatkan hasil maksimal dari minyak alami ini. Kebanyakan orang hanya menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti minyak goreng saat memasak.

Cara Membuat Minyak VCO Dengan Pemanasan

Cara membuat minyak VCO lainnya adalah dengan memanaskan santan kelapa terlebih dahulu. Metode ini menggunakan pemanasan yang terkontrol. Untuk melakukannya.

Krim yang diperoleh dari santan tadi dimasak dalam wajan dengan suhu sedang dari 60 ° C hingga 75 ° C, Lalu diaduk perlahan sampai minyak keluar. Saat Anda mendapatkan oli, matikan apinya.

Langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga diberikan air sedikit agar santan keluar lebih banyak).
  • Masak santan dengan api kecil selama 2-3 jam. Pastikan santan tidak hangus dengan sesekali mengaduknya.
  • Setelah santan berubah menjadi kecokelatan dan lebih kental, minyak kelapa mulai muncul di atas santan tersebut.
  • Matikan api dan diamkan di suhu ruang.
  • Setelah tidak lagi panas, sendok minyak untuk dituang ke wadah yang telah dilapisi kain bersih atau tisu tanpa parfum untuk memisahkan minyak dan santan.

Anda juga bisa memasukkan wadah ke kulkas sehingga bagian atas dari santan tersebut membeku. Ambil bagian beku yang merupakan minyak kelapa, lalu ulangi langkah dengan tisu atau kain bersih tersebut.

Saat Anda membuat minyak VCO dengan merebus santan terlebih dahulu, akan menghasilkan minyak kuning. Anda juga bisa membuat VCO dengan mesin VCO. Namun, minyak VCO diprediksi akan terus memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Minyak VCO buatan sendiri ini dapat disimpan pada suhu kamar hingga 8-10 bulan. Syaratnya, minyak kelapa ini ditempatkan dalam wadah tertutup rapat agar tidak masuknya bakteri yang dapat mengganggu kualitas minyak kelapa home made.

Manfaat VCO

1. Baik Untuk Penderita Kolestrol Tinggi

Beberapa penelitian menemukan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Diyakini bahwa membuat minyak kelapa baik untuk penderita kolesterol tinggi. Namun beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa minyak kelapa belum tentu baik untuk kesehatan jantung.

Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian tentang manfaat minyak kelapa untuk kolesterol tinggi.

2. Menurunkan Berat Badan

Karena kandungan kalorinya yang lebih rendah dibandingkan jenis minyak lainnya, minyak kelapa dinilai baik untuk penderita obesitas.

Diyakini kandungan lemak jenis MCT dalam minyak kelapa mampu membuat Anda menurunkan berat badan. Namun, Anda tetap perlu membatasi jumlah asupan minyak kelapa agar tidak memiliki kalori berlebih yang justru berujung pada penambahan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan, Anda tetap membutuhkan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur.

3. Melembabkan Kulit

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pelembab kulit ringan. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa secara rutin setelah mandi. Menggunakan cara membuat minyak kelapa dua kali sehari pada kulit kering ini dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

4. Melancarkan Saluran Pencernaan

Minyak kelapa ini dapat memberikan sistem pencernaan yang lebih baik sehingga tubuh dapat lebih menyerap vitamin dan mineral yang larut dalam lemak seperti magnesium dan kalsium.

Beberapa penelitian telah menguji bahwa MCT dalam minyak kelapa benar-benar dapat meningkatkan pemecahan dan pencernaan lipid, kemungkinan dengan meningkatkan efisiensi enzim yang terkait dengan metabolisme tubuh kita.

Begitulah cara membuat minyak VCO dengan pemanasan dan berkualitas. Pada dasarnya minyak VCO yang digunakan adalah minyak yang telah mengalami proses pemanasan untuk menghilangkan asam lemak bebas.