Di artikel ini saya akan meberikan resep atau cara membuat makanan lagi yaitu cara membuat sale pisang basah tanpa tepung yang tentunya memiliki rasa yang enak dan dengan cara membuatnya yang mudah.

Sale Pisang Basah

Sale pisang basah adalah makanan tradisional dari Karangpucung dan Majenang yang terletak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Sehingga kini banyak bermunculan pendapat yang mengakui keaslian jual beli pisang dari kota tertentu.

Sifat-sifat penting yang menentukan kualitas penjualan pisang adalah warna, rasa, bau, kekenyalan dan umur simpan. Penjualan yang dilakukan selama ini seringkali berkualitas buruk, terutama ketika dilakukan pada musim hujan. Jika dibuat pada musim hujan, sebaiknya dikeringkan dengan penjemuran buatan (dengan sistem tungju).

Manfaat Sale Pisang

1. Sumber energi dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak perlu mengonsumsi minuman berenergi, cukup makan pisang sebelum berolahraga. Pisang kaya akan vitamin dan serat. Dibandingkan dengan apel, pisang mengandung dua kali kandungan karbohidrat.

Selain itu, pisang juga tinggi magnesium dan potasium, yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar saat beraktivitas dan berolahraga. Selain itu, makan pisang juga dapat membantu otot Anda bergerak dengan baik.

2. Pencernaan dan metabolisme yang lembut

Pisang matang dapat membantu mempercepat pembuangan limbah tubuh dari proses metabolisme. Salah satu manfaat pisang untuk pencernaan adalah membantu meringankan masalah pencernaan, seperti sembelit, melalui seratnya. Selain itu, makan pisang akan memudahkan ginjal untuk membersihkan darah.

Sementara pisang hijau adalah sumber pati resisten, mereka adalah makanan bagi bakteri baik di usus besar. Konsumsi dapat membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.

3. Mendukung program rejimen

Bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, pisang sangat bagus untuk camilan sehat. Selain itu, buah ini juga rendah lemak.

Karena indeks glikemiknya juga relatif rendah, maka karbohidrat kompleks pada pisang tidak akan menyebabkan kadar gula darah melonjak drastis dan tiba-tiba.

Makanan berserat tinggi dapat memperlambat pencernaan, membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit. Hasilnya, Anda bisa menurunkan berat badan secara bertahap.

Resep atau Cara Membuat Sale Pisang Basah Tanpa Tepung

Cara Membuat Sale Pisang Basah Tanpa Tepung sebenarnya sangat mudah, berikut ini tata caranya

1. Cara Membuat Sale Pisang Basah Tanpa Tepung

Bahan-bahan

  • 2-3 sisir┬ápisang carewu (lebih enak pisang ambon)

Langkah-langkah

  1. Kupas pisang, lalu belah menjadi 2 kemudian susun diatas loyang lalu oven selama 30 menit lalu keluarkan dan angin-anginkan didalam ruangan. Ulangi hingga 4 hari. Sale pisang pun siap dinikmati.

2. Cara Membuat Sale Pisang Basah Tanpa Tepung

Bahan-bahan

  • 2 sisir┬ápisang uter sdh matang
  • Minyak

Langkah

  1. Cuci bersih pisang
  2. Iris hingga tipis atau gunakan pisau keripik ya agar mudah.cepat.efisien
  3. Goreng di minyak panas hingga terendam.gunakan api kecil-sedang
  4. Lakukan menggoreng sampe selsai
  5. Biarkan dingin dan nanti akan keras

Baca Juga : Cara Membuat Keripik PIsang Sale yang Mudah

3.Cara Membuat Sale Pisang Basah Tanpa Tepung

Bahan-bahan

  • 20 buah┬ápisang left over
  • minyak goreng untuk olesan loyang

Langkah-langkah

  1. Siapkan pisang yang sudah left over beberapa hari di kulkas. Lalu iris sesuai selera.
  2. Susun diatas loyang yang sudah diolesi minyak goreng. Usahakan susunnya beri sedikit jarak. Lalu oven dengan api kecil hingga matang kering sesuai selera.
  3. Jangan lupa dibolak balik. Agar setiap sisi matang merata.
  4. Pisang Sale tanpa dijemur sudah siap untuk disantap. Dimakan langsung juga enak. Digoreng tepung pun enak. Kembali ke selera masing-masing. Selamat mencoba.

Nah itulah resep yang dapat saya bagikan. Selamat mencoba.