Cara Membuat Sempol Tanpa Ayam Yang Enak

Howdy kawan kawan bertemu lagi dengan saya, nah diartikel ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang cara membuat sempol tanpa ayam yang enak, yuk simak sampai selesai.

Manfaat Makan Sayur

cara membuat sempol tanpa ayam yang enak
Sayuran merupakan bahan makanan yang baik untuk kesehatan tubuh Anda dan dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit. Selain itu, sayuran juga mengandung serat, vitamin, dan antioksidan. Namun mungkin banyak yang belum sepenuhnya menyadari manfaat makan sayur. Semuanya benar-benar dibongkar di sini.
  1. Baik untuk pencernaan
Manfaat pertama dari makan sayur adalah menyediakan tubuh dengan jumlah serat yang tepat. Serat merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit serta gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, sayuran juga dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Oleh karena itu jangan kalian lupa untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan cara rutin memakan sayuran.
  1. Menjaga berat badan ideal
Setiap orang memiliki berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi badannya masing-masing. Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung sedikit kalori dan tinggi lemak. Untuk itu, program diet selalu mengutamakan sayuran guna membatasi asupan kalori tubuh. Namun, ingatlah bahwa mengolah sayur tidak boleh salah agar manfaatnya bisa maksimal.
  1. Meredakan stres
Stres adalah salah satu kondisi yang tampaknya sering menyerang pikiran dan tubuh kita. Untungnya, sayuran secara alami dapat menghilangkan stres karena meningkatkan mood. Konsumsi sayur secara konsisten juga membuat tubuh tetap sehat dan segar. Jadi telah terbukti bahwa sayuran tidak hanya sehat untuk tubuh, tetapi juga untuk pikiran dan jiwa.
  1. Menjaga kulit tetap sehat
Semua orang ingin memiliki kulit sehat yang tampak cerah dan berkilau. Untuk alasan ini, Anda harus sering makan sayuran, karena telah terbukti baik untuk kulit Anda melalui beberapa bahan: Lycopene pada sayuran berwarna merah, yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Vitamin C dalam sayuran hijau dan oranye dapat merangsang produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan kenyal. Antioksidan yang terkandung dalam sayuran yang berwarna ungu dan biru seperti terong dapat mencegah terkena radikal bebas.
  1. Menjaga imunitas tubuh
Selain itu, manfaat lain dari konsumsi sayur secara konsisten adalah menjaga kekebalan tubuh. Di tengah kondisi seperti sekarang ini, memiliki imunitas yang baik bagi tubuh sangatlah penting. Kandungan dalam sayur ada yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh yaitu karbohidrat, mineral, vitamin, dan serat. Mengandung vitamin C yang mengurangi risiko infeksi dan juga sebagai antioksidan.

Cara membuat sempol sayur tanpa ayam

Berikut ini adalah resep dan cara membuat sempol sayur tanpa ayam yang enak dan mudah dilakukan di rumah.

Bahan:

2 wortel Bawang merah bawang putih Tusuk sesuai selera 15 sdm tepung terigu 10 sdm tepung kanji 1 bungkus tepung serbaguna 2 butir telur (celupkan) Air secukupnya 4 siung bawang putih 5 siung bawang merah Secukupnya merica bubuk 1 bungkus Masako 1/2 sdt garam bisa ditambahkan tergantung selera 3 sdm minyak goreng

Cara memasak sempol sayur:

  • Mulailah dengan memotong wortel dan daun bawang menjadi potongan-potongan kecil dan memindahkannya ke mangkuk
  • Siapkan bawang merah dan bawang putih, tambahkan sedikit merica bubuk, garam dan tumis, lalu haluskan dengan blender.
  • Siapkan wadah dan tuang tepung terigu dan kanji, aduk hingga semua tercampur, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit. Lalu aduk hingga rata.
  • Tambahkan wortel cincang, daun bawang, dan bumbu ke dalam campuran tepung. Campur semua bahan jadi satu sampai tercampur rata dan siap dibentuk.
  • Siapkan panci dan tambahkan air hingga hampir penuh, lalu tambahkan 3 sendok makan minyak goreng dan didihkan air.
  • Setelah matang, taruh adonan sempol di tusuk sate dengan takaran setengah telapak tangan.
  • Setelah adonan benar-benar menempel, masukkan adonan sempol ke dalam loyang. Tunggu hingga semua adonan mengapung dan matang sempurna.
  • Saat matang, tiriskan. Lalu masukkan ke adonan telur.
  • Siapkan wajan dan tambahkan minyak goreng saat sempol akan terendam. Panaskan hingga mendidih.
  • Setelah mendidih masukkan terong yg sudah di baluri. Masak hingga sempol berwarna cokelat keemasan dan matang.
  • Setelah sempol matang, angkat dan tiriskan hingga minyak benar-benar menetes.
  • Sajikan Sempol dengan saus.
Okelah kawan kawan sekian yang dapat saya bagikan pada artikel cara membuat sempol tanpa ayam yang enak, nah bagi kalian yang suka dengan daging bisa mencoba mencari resep dan cara membuat sempol yang enak dengan daging, dan kalian bisa menggunakan mesin pencampur, untuk membantu pengolahan sempol kalian.