Kesehatan Jantung Dengan Gaya Hidup Sehat

Bagi beberapa besar orang, memelihara kesegaran jantung adalah perihal yang terlampau penting. Mereka melaksanakan apa saja untuk memelihara jantungnya senantiasa sehat, bahkan mengubah pola hidup dan pola makan mereka secara drastis.

Tubuh yang sehat bakal mampu melaksanakan banyak kegiatan, seperti; bekerja, belajar, bersosialisasi bersama dengan orang lain, dan banyak perihal lainnya. Tentu saja kami tidak mendambakan sesuatu yang jelek atau penyakit menyerang tubuh kita. Dan salah satu organ tubuh yang paling signifikan dan terlampau perlu untuk dijaga kesehatannya adalah jantung.

Tubuh manusia terdiri dari beragam organ yang saling bersinergi satu bersama dengan yang lainnya. Gangguan terhadap satu organ tubuh bakal sebabkan organ tubuh yang lain tidak mampu bekerja secara maksimal. Dan jantung adalah salah satu organ yang terlampau signifikan dan menjadi mesin kehidupan dalam tubuh manusia karena berfungsi sebagai pompa yang menyalurkan darah ke semua tubuh.

Bila kesegaran jantung terganggu tentu saja dia tidak bakal mampu bekerja secara normal, dan tentu saja bakal mengganggu organ tubuh yang lain karena aliran darah dalam tubuh terganggu.

Gangguan kesegaran terhadap jantung mampu terjadi terhadap siapa saja, orang tua dan muda, kurus dan gemuk, seutuhnya mempunyai resiko terserang penyakit jantung. Namun sebetulnya orang gemuk lebih berbahaya mengalami serangan jantung dibandingkan bersama dengan orang yang bertubuh ideal atau kurus.

Selain itu, penyakit jantung termasuk mampu terjadi karena faktor keturunan. Jika orang tua mempunyai riwayat penyakit jantung maka keturunan mereka cendrung bakal mengalami persoalan yang sama.

Berikut ini adalah beberapa perihal yang sebabkan seseorang terkena resiko penyakit jantung:

1. Faktor umur dan type kelamin ~ Pria yang berumur dibawah 50 th. lebih berbahaya terserang penyakit jantung dibandingkan wanita terhadap group umur yang sama.

2. Faktor keturunan ~ Seperti yang disebutkan sebelumnya, penyakit jantung mampu diturunkan oleh orang tua kepada anak-anaknya.

3. Karena penyakit diabetes ~ Orang yang menderita penyakit diabetes mampu mengalami penyakit jantung akibat komplikasi dari diabetes.

4. Karena merokok ~ Menurut penelitian, perokok aktif dan perokok pasif sama-sama mempunyai resiko terserang penyakit jantung. Bahkan perokok pasif yang tinggal salah satu para perokok aktif mempunyai resiko lebih besar mengalami penyakit jantung.

5. Karena kegemukan (obesitas) ~ Jumlah lemak yang terlalu berlebih dalam tubuh mampu sebabkan serangan jantung terhadap seseorang. Hal ini terjadi karena jaringan lemak yang terlampau banyak menghambat aliran darah, ini mampu meningkatkan resiko terserang penyakit jantung koroner.

6. Tekanan darah tinggi (hypertensi) ~ Tekanan darah tinggi mampu sebabkan terhambatnya aliran darah dalam tubuh, inilah yang sesudah itu yang sebabkan resiko serangan jantung jadi tinggi.

7. Karena Stress Berlebihan (tekanan emosi) ~ Stress ternyata mampu sebabkan terjadinya penyempitan arteri. Stress berat yang dialami seseorang mampu sebabkan pecahnya dinding arteri, inilah pemicu serangan jantung.

8. Karena kurang olah raga ~ Penelitian mengatakan bahwa orang yang kurang bergerak mempunyai resiko serangan jantung yang lumayan besar. Ketika seseorang yang tidak pernah berolah raga sesudah itu melaksanakan kegiatan yang berat, apabila jogging, bekerja keras di kebun, berolah raga berat di Gym, atau berolah raga berat lainnya, barangkali mengalami serangan jantung lumayan besar.

A. Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Mengubah Pola Hidup

Pola hidup yang sehat bakal menopang jantung lebih sehat. Bila kami melaksanakan pola hidup yang sehat bersama dengan teratur mampu dipastikan resiko serangan jantung bakal jadi kecil. Berikut ini adalah beberapa pola hidup sehat yang harus dilaksanakan untuk memelihara kesegaran jantung:

1. Berhenti merokok ~ Merokok mampu meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung terhadap seseorang. Berdasarkan penelitian, 20% kematian akibat serangan jantung dipicu oleh kebiasaan merokok seseorang. Resiko ini tidak cuma dialami oleh perokok aktif namun termasuk perokok pasif. Karena itu pastikan Anda senantiasa terhindar dari asap rokok untuk memelihara kesegaran jantung Anda.

2. Tidur secukupnya ~ Berdasarkan penelitian, orang yang sering kurang tidur mampu berbahaya mengalami rusaknya terhadap jantung mereka dan mempunyai resiko lebih besar mengalami serangan jantung dibandingkan orang yang tidurnya cukup. Tidurlah sekitar 6 – 8 jam per hari supaya tubuh mampu memulihkan diri.

3. Olah raga secara teratur ~ Bila pada mulanya Anda tidak berolah raga, maka mulai sekarang Anda harus berolah raga bersama dengan teratur. Mulailah bersama dengan olah raga yang mudah seperti; terjadi kaki, bersepeda santai, dan olah raga mudah lainnya. Jangan memaksakan diri melaksanakan olah raga berat. Bila diperlukan, Anda mampu berkonsultasi bersama dengan dokter tentang olah raga yang paling cocok untuk Anda.

4. Relaksasi bersama dengan rutin ~ Dengan melaksanakan relaksasi bersama dengan rutin, kami bakal mengurangi tekanan darah dan termasuk menopang menurunkan stress. Ada baiknya termasuk apabila Anda mengambil alih kelas yoga atau meditasi karena tak sekedar mampu sebabkan Anda menjadi lebih rileks termasuk terlampau berfungsi bagi kesegaran jantung Anda.

B. Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Memperhatikan Makanan Yang Dikonsumsi

Makanan yang dikonsumsi mampu sebabkan seseorang mempunyai resiko serangan jantung. Sebaiknya kami menyimak makanan yang dikonsumsi setiap hari, dan jangan memakan makanan yang mampu sebabkan serangan jantung. Anda tidak harus meninggalkan makanan favorite Anda, namun Anda harus mengkontrol asupan makanan yang Anda mengonsumsi setiap hari karena ada beberapa makanan yang dalam tempo tertentu mampu menjadi pemicu terjadinya serangan jantung terhadap seseorang.

1. Minum air mineral secukupnya ~ Kekurangan cairan dalam tubuh mampu sebabkan peredaran darah terganggu. Oleh karena itu, pastikan Anda senantiasa minum air putih secukupnya cocok bersama dengan kebutuhan tubuh manusia normal (sekitar 2-3 liter air per hari).

2. Kurangi mengonsumsi garam ~ Garam mampu sebabkan terjadinya tekanan darah tinggi terhadap seseorang, yang terhadap akhir bakal mempengaruhi kinerja jantung. Kurangi porsi garam dalam makanan Anda untuk memelihara kesegaran jantung.

3. Kurangi mengonsumsi makanan berlemak ~ Sebenarnya lemak (lemak tak jenuh) diperlukan oleh tubuh karena tubuh manusia mampu mengubah lemak (lemak tak jenuh) menjadi energi. Namun, jumlah lemak dalam tubuh harus dikontrol karena berlebihan lemak mampu menghambat peredaran darah yang pada akhirnya bakal mengganggu kesegaran jantung dan juga kesehatan jantung.

Jika Anda mendambakan memakan sesuatu yang berlemak, Anda mampu mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang walnut, dan kacang-kacangan yang lain yang mengandung lemak tak jenuh dan terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Hindari makanan cepat saji ~ Makanan-makanan cepat saji yang sering kami mengonsumsi ternyata mampu sebabkan terjadinya serangan jantung. Makanan ini banyak mengandung garam, bahan pengawet, gula, bahan perasa lain, dan banyak mengandung lemak jenuh. Selain itu, type makanan cepat saji diketahui mampu sebabkan seseorang mengalami obesitas atau kegemukan.

5. Hindari minuman bersoda ~ Berdasarkan penelitian dan belajar dari dokter pakar kesegaran di Amerika mengatakan bahwa minuman bersoda dan mengandung pemanis buatan mampu sebabkan seseorang terserang penyakit jantung koroner.

6. Minum teh hijau tanpa gula ~ Teh hijau tenar mempunyai kadar anti oksidannya dan mampu memelihara pembuluh darah senantiasa sehat. Sudah terbukti bahwa meminum 2 gelas teh hijau tiap-tiap hari mampu memelihara jantung senantiasa sehat. Selain teh hitam minuman lain yang mampu menopang memelihara kesegaran jantung Anda adalah teh hitam, anggur merah, dan jus delima.

7. Mengkonsumsi makanan sehat ~ Ada beberapa makanan yang terlampau disarankan untuk orang yang mendambakan memelihara kesegaran jantungnya, antar lain; ikan, beras, gandum, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah jeruk, bawang putih, dan buah berry.