Keripik singkong merupakan camilan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis. Pada umumnya camilan ini sering dijumpai dipasaran atau swalayan yang dikemas menggunakan kantung plastik dan dijadikan sebagai buah tangan. Mengkonsumsi camilan ini sangatlah bermanfaat untuk kesehatan karena dalam makanan ini memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh.

Manfaat Mengkonsumsi Keripik Singkong

Proses pembuatan camilan ini juga tergolong alami karena digoreng dengan menggunakan minyak goreng tanpa adanya bahan pengawet lainnya. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja sih manfaat dan khasiat keripik singkong ini, berikut ialah beberapa manfaatnya.

manfaat mengkonsumsi keripik singkong

Sumber Serat

Singkong yang menjadi bahan baku dalam pembuatan keripik singkong ini sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar trigliserida serta untuk menjadi ini memiliki manfaat unik sumber serat yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Sehingga singkong yang dipakai bahan baku dalam membuat keripik singkong ini dapat menurunkan resiko stroke, jantung, kanker usus besar, serta bisa mengendalikan diabetes. Namun manfaat dari singkong ini memang akan lebih banyak di dapatkan ketika singkong di masak dengan cara di kukus ataupun direbus.

Sumber Karbohidrat

Singkong memiliki jumlah kalori yang dua kali lipat lebih banyak jika di bandingkan dengan kentang. Sehingga tidak salah jika singkong menjadi salah satu makanan pokok yanga menjadi sumber karbohidrat terbesar. Karena di dalam 100 gram singkong terdapat kandungan sebanyak 160 kalori yang sebagian besar terdiri dari sukrosa.

Protein Tinggi

Singkong merupakan salah satu bahan makanan yang rendah lemak jika di bandingkan dengan sereal atau kacang-kacangan, namun yang membuat singkong ini menjadi lebih menarik adalah singkong ini memiliki kandungan protein yang tinggi jika di bandingkan dengan pisang dan kentang. Sehingga anda tidak perlu khawatir akan kekurangan protein ketika mengkonsumsi singkong yang memiliki banyak manfaat ini.

Vitamin K

Singkong juga mengandung vitamin, salah satu nya ialah vitamin K, vitamin K ini sendiri memang berfungsi dalam membangun masa tulang. Sehingga tulang akan tetap terjaga ketahanan nya. Di samping itu, vitamin K juga berperan penting dalam upaya penyembuhan pasien Alzheimer. Sehingga singkong sangat cocok untuk di konsumsi oleh para penderita Alzheimer atau pelupa, karena vitamin K dapat membatasi kerusakan yang terjadi pada saraf otak.

Vitamin B Kompleks

Tanaman singkong ini juga merupakan salah satu dari sekian banyak sumber vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti folates, riboflavin, thiamin, piridoksin atau vitamin B-6 serta asam pantotenat. Salah satu kandungan yang bernama riboflavin dapat berguna untuk membantu pertumbuhan tubuh serta membantu proses memproduksi sel darah merah. Sehingga orang yang mengkonsumsi singkong akan terhindar dari penyakit anemia.

Mineral Penting

Singkong atau keripik singkong juga sangat bermanfaat bagi tubuh sebagai sumber mineral, misalnya magnesium, seng, besi, mangan serta tembaga. Tak hanya itu, kandungan kalium yang terdapat pada singkong juga bisa membantu mengantur tekanan darah anda . Bahkan, berdasarkan penelitian ada yang menyatakan bahwa singkong sangat berpengaruh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada darah.

Melancarkan Pencernaan

Insoluble Fiber atau serat yang terdapat pada singkong tidak mudah larut dalam air. Sehingga serat ini akan membantu siapa yang mengkonsumsi singkong menjadi lancar pada proses buang air besar nya. Tak hanya itu, serat tersebut juga akan menyerap maupun membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan akan menjadi lebih sehat.

Mengendalikan diabetes

Khasiat keripik singkong yang selanjutnya ialah dapat membantu mengandalikan diabetes. Kandungan serat yang terdapat di dalamnya sangat bermanfaat dalam mengendalikan kadar gula darah sehingga dapat mengontrol diabetes anda agar tetap dalam batas normal.

Mencegah penyakit jantung

Jika anda merupakan salah satu penderita penyakit jantung, maka anda bisa mencegahnya dengan cara mengkonsumsi keripik singkong. Hal ini dikarenakan kandungan sumber serat yang terkandung di dalamnya mampu menjaga kesehatan jantung sehingga dapat mencegah anda dari resiko penyakit jantung.

Menguatkan tulang

Tulang berfungsi sebagai organ penting yang melindungi tubuh dari benturan benda tumpul. Untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat, bisa dilakukan dengan cara rajin mengkonsumsi keripik singkong. Kandungan vitamin K yang terkandung di dalamnya berfungsi dalam membangun masa tulang sehingga tulang akan menjadi tetap kuat dan sehat.

Mencegah resiko kanker usus besar

Kanker usus besar ialah kanker yang menyerang pada bagian usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan. Dalam upaya pencegahannya, dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi keripik singkong. Kandungan serat yang terkandung di dalamnya bermanfaat dalam mencegah resiko kanker usus besar.

Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kolesterol jahat merupakan sesuatu disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh di dalamnya. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat ini bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi keripik singkong ini. Kandungan kalium yang terkandung di dalamnya berpotensi mengantur tekanan darah sehingga kadar kolesterol jahat bisa terus menurun.

Menurunkan resiko stroke

Stroke merupakan penyakit yang ditandai dengan hilangnya fungsi otak dengan cepat, karena gangguan darah saat beredar menuju ke otak. Dalam upaya menurunkan resiko stroke anda bisa mengkonsumsi keripik singkong. Kandungan serat yang terkandung di dalamnya berpotensi menurunkan resiko stroke sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita stroke.

Jadi bagaimana? Banyak sekali bukan manfaat dari singkong atau keripik singkong yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsinya secara teratur dan dalam jumlah yang pas, dan sebaiknya pula jika anda mengkonsumsi keripik singkong. Anda harus menjaga kadar kolestrol yang akan di dihasilkan oleh minyaknya. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika akan terkena penyakit berbahaya lainnya jika anda mengkonsumsi keripik singkong dengan jumlah yang pas. Bukan penyakit yang akan anda dapatkan, melainkan anda akan menjadi lebih sehat.

Itulah informasi tentang Manfaat Keripik Singkong Bagi Kesehatan yang bisa kami informasikan bagi anda yang suka memakan keripik singkong. Tak hanya itu, mengkonsumsi keripik singkong, sebaiknya anda juga mengkonsumsi singkong dalam keadaan di rebus atau dikukus karena manfaatnya tentu akan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan keripik singkong. Namun untuk membuat orang lebih menyukai singkong, keripik singkong merupakan salah satu deari berbagai jenis olahan singkong yang bisa diandalkan karena rasa nya yang enak dan gurih dan anda bisa membuatnya dengan mudah menggunakan bantuan mesin keripik singkong. Semoga bermanfaat dan terima kasih.