Cara Menanam Jagung Agar Hasil Melimpah Dan Menguntungkan

Pada kali ini kita bakalan bahas tentang bercocok tanam yaitu cara menanam jagung agar hasil melimpah dan pastinya menguntungkan.Mau tau bagaimana caranya? yuk simak dibawah ini.

Cara Menanam Jagung Agar Hasil Melimpah

Cara Menanam Jagung Agar Hasil Melimpah

1. Cara Menanam Jagung yang Pertama Adalah Melihat Iklim

  1. Jenis cuaca yang perlukan oleh sebagian besar tanaman ialah daerah yang beriklim sedang, sampai daerah yang beriklim tropis yang basah. Tanaman jagung bisa tumbuh didaerah yang berada diantara 0-5 derajat Lintang Utara, sampai 0-40 derajat Lintang Selatan.
  2. Pada lahan yang tak beririgasi, pertumbuhan tanaman membutuhkan curah hujan ideal, sekitar 85-200 mm/bulan dan harus rata. Pada fase pembungaan dan pengisian biji tanaman, jagung butuh dapatkan cukup air. Sebaiknya jagung ditanam diawal musim hujan, dan jelang musim kemarau.
  3. Pertumbuhan tanaman jagung sangat memerlukan sinar matahari. Tanaman jagung yang tak terkena sinar matahari langsung, pertumbuhannya akan terhambat dan berikan biji yang kurang baik, bahkan tak bisa bentuk buah.
  4. Suhu yang diperlukan oleh tanaman jagung ialah, antara 21-34 derajat Celcius, namun bagi pertumbuhan tanaman yang ideal butuhkan suhu optimum,  antara 23-27 derajat Celcius. Di saat perkecambahan, benih jagung membutuhkan suhu yang cocok sekitar 30 derajat C.
  5. Pada saat proses panen tanaman jagung, yang jatuh di musim kemarau akan lebih baik dari pada musim penghujan, karena berdampak terhadap waktu pemasakan biji jagung dan pengeringan hasil.

 

2. Cara Menanam Jagung yang Kedua Adalah Memperhatikan Media Tanam

  1. Jagung tak membutuhkan persyaratan tanah yang khusus. Supaya bisa tumbuh optimum tanah harus gembur, subur dan juga kaya humus.
  2. Jenis tanah yang bisa ditanami jagung antara lain andosol, latosol, grumosol, tanah berpasir. Pada tanah-tanah dengan tekstur berat masih bisa ditanami jagung dengan hasil yang baik gunakan pengolahan tanah secara baik. Sedangkan untuk tanah yang tekstur lempung atau liat berdebu ialah yang terbaik bagi pertumbuhan.
  3. Kadar keasaman di tanah erat hubungannya dengan ketersediaan unsur-unsur hara tanaman. Kadar keasaman tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman jagung ialah antara 5,6-7,5.
  4. Tanaman seperti jagung memerlukan tanah dengan aerasi dan ketersediaan  sumber air pada kondisi  yang baik.
  5. Tanah yang kemiringan kurang dari 8% bisa ditanami jagung, karena disana kemungkinan terjadi erosi tanah sangat kecil. Sedangkan daerah yang tingkat kemiringan lebih dari 8%, sebaiknya dilakukan pembentukan teras terlebih dahulu.

 

3. Cara Menanam Jagung yang Ketiga Adalah Menentukan Ketinggian Tempat

Tanaman jagung bisa ditanam pada negara Indonesia dari dataran rendah, hingga di daerah pegunungan yang mempunyai ketinggian antara 1000-1800 meter diatas permukaan laut. Daerah dengan ketinggian optimum antara 0-600 meter pada atas permukaan laut, ialah ketinggian yang baik untuk pertumbuhan tanaman jagung.

4.Cara Menanam Jagung yang Keempat Adalah Melakukan Pemanenan

Melakukan pemanenan di tanaman ialah hal terindah yang bisa anda lakukan, sesudah anda lakukan segala cara, mulai dari penanaman, dan lakukan perawatan. Anda dapat pilih tujuan panen anda sehingga anda tak perlu repot-repot untuklakukan  pemanenan.Tetapi sangat disarankan bagi anda supaya tak panen terlalu lama, karena hasil yang diperoleh kurang maksimal dan juga akan berdampak pada panen yang berikutnya. Sesudah panen anda membutuhkan kegiatan pascapanen seperti, mengupas kulit jagung sebelum anda jual atau anda olah sendiri. Anda juga bisa menjadikan biji sebagai indikator utama. Jika biji jagung sudah baik untuk di panen. Maka segeralah panen jagung yang ada dikebun anda dan dipipil dengan mesin pemipil jagung.

Berikut diatas adalah cara menanam jagung agar hasil melimpah dan menguntungkan,bisa juga diolah menjadi opak jagung yang enak dan gurih pembentukan dibantu dengan mesin pembuat emping jagung,semoga bermanfaat dan terima kasih.