Cara Mengemudi Mobil Manual Di Jalan Menurun Bagi Pemula

Relif permukaan di Indonesia beragam gengs, tidak hanya tanah datar saja melainkan perbukitan dan pegunungan mendominasi wilayah kita ini. Jika didalam kota, mungkin kita tidak akan menjumpai tanjakan atau turunan gengs. Namun ketika sudah keluar jauh dari kota, kita bakal menemui berbagai macam jalan. Baik itu tanjakan, turunan, tikungan, tanjakan menikung, bahkan hingga turunan menikung. Seperti sirkuit motogp saja yaa gengs, banyak tikungannya.

Cara Mengemudi Mobil Manual Di Jalan Menurun Bagi Pemula

Bagi kamu yang berada di sekitar kota Bandung dan belum bisa mengemudikan mobil, kamu bisa mengikuti kursus mobil bandung. Kamu akan ditemani oleh pengajar yang professional dan berpengalaman gengs. Jadi paham betul bagaimana mengajari pemula saat melewati tanjakan maupun turunan.

Pengendara mobil tidak hanya dituntut untuk paham pada jalan tanjakan, namun pada jalan menurun harus bisa menguasai juga. Ada beberapa teknik yang membantu kita untuk melewati jalan menurun, sehingga tidak bertumpu pada rem saja. Jika hanya tertumpu pada rem, bisa-bisa rem akan blong ketika mencapai titik ausnya gengs. Jangan sampai terjadi deh, karena menyangkut keselamatan kita dan keselamatan orang lain gengs.

Oke berikut ini tips dan trik dalam melewati jalan menurun untuk pemula gengs. Oh iya sampai lupa gengs, tips disini untuk mobil yeng bertransmisi otomatis yaa gengs.

  1. Pantau terlebih dahulu kontur jalan tersebut. Sebagai dasar bagi kita untuk melewati turunan itu sendiri.
  2. Apabila turunannya landai, kita cukup menggunakan engine brake. Yaitu melepas pedal gas saja, maka mobil akan mengurangi putaran mesin dan otomatis kecepatan tersebut akan berkurang juga. Jika ada rintangan, maka sesekali melakukan injak pedal rem dan kontrol kopling.
  3. Jika jalan menurun tersebut agak curam, maka gunakan perpindahan gigi ke lebih rendah. Kemudian diikuti dengan menekan pedal rem. Sehingga laju mobil melambat.
  4. Kemungkinan berikutnya, jika jalan tersebut sangat curam, maka gunakan gigi 2 atau 1. Kemudian injak pedal rem sehingga laju mobil melambat. Apabila laju mobil sangat lambat, maka sesekali tekan pedal kopling agar mesin tidak mati ditengah jalan.
  5. Pada langkah dua sampai empat, pastikan kaki kiri siap siaga menginjak pedal kopling bila diperlukan. Pedal kopling harus diinjak apabila laju mobil sangat pelan maupun akan berhenti. Hal ini mencegah agar mesin tidak mati saat berjalan.

Begitulah gengs berbagai macam teknik yang bisa kamu gunakan untuk melewati jalanan yang menurun gengs. Jadi tidak hanya menggunak rem yah gengs, tapi gunakan juga engine brakes agar beban pengereman tidak tertumpu pada keempat rem gengs.

Saat akan memasuki ataupun sudah memasuki turunan, kamu harus tetap tenang gengs. Harus enjoy bin rileks, agar berkendaranya nyaman gengs.

Terakhir, jaga jarak aman dengan kendaraan didepan kamu gengs. Jadi kita dapat memperingan kinerja system rem mapun laju mobil ketika menerapkan jarak aman gengs. Jangan terlalu dekat maupun terlalu jauh dengan kedaraan didepanmu gengs. Sehingga kita berkendara dengan safety.

Oke demikian artikel kali ini gengs, semiga bermanfa’at untuk kita semua. Dan tetaplah menjadi pelopor keselamatan dalam berkendara. Stop pelanggaran dan stop kecelakaan. Terimakasih telah membaca artikel ini gengs.

Sumber : alamatjalan.com